Program Hamil

PROGRAM HAMIL
3 Februari 2020

Maksimalkan Vitamin E Untuk Program Hamil

Dapat dimaksimalkan melalui suplemen atau makanan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin setiap harinya. Cara ini dapat memaksimalkan kesehatan dan meningkatkan energi seharian.

Kebiasaan sehat ini rupanya baik dilakukan, terutama pada Moms yang sedang berencana untuk hamil. Salah satunya adalah dengan konsumsi vitamin E untuk program hamil.

Kebaikan Vitamin E untuk Program Hamil

Bahkan tidak hanya untuk Moms, dalam beberapa penelitian, kualitas sperma juga meningkat pada Dads yang memaksimalkan asupan vitamin E. Berikut penjelasannya.

Vitamin E Untuk Pria

1 Vitamin E Untuk Pria.jpg

Foto: health.clevelandclinic.org

Vitamin E untuk program hamil juga dapat dimaksimalkan melalui kualitas sperma pria.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of General Medicine di tahun 2011 menemukan adanya peningkatkan kualitas dan motilitas sperma dengan pemberian vitamin E dan selenium pada pria.

Penelitian ini melibatkan 690 pria yang mengalami infertilitas dan mendapatkan suplemen harian berupa selenium dan vitamin E selama setidaknya 100 hari.

Hasilnya, 52.6% mengalami peningkatan motilitas, morfologi sperma atau keduanya dan 10.8% mendapatkan kehamilan langsung dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan suplemen.

Baca Juga: Ini Manfaat Tersembunyi Ibu Hamil Mengkonsumsi Vitamin E

Selain itu, menurut artikel yang ditulis oleh Salman Azhar berjudul Alpha-Tocopherol and Male Fertility yang dipublikasikan dalam The Encyclopedia of Vitamin E, kekurangan vitamin E dapat mengganggu fungsi reproduksi normal pria, menyebabkan kerusakan testis yang dapat menghambat sekresi hormon normal yang diperlukan untuk reproduksi.

Vitamin E Untuk Wanita

2 Vitamin E Untuk Wanita.jpg

Foto: verywellfit.com

Dikutip dari hellomotherhood.com, menurut seorang penulis Fit for Fertility, meningkatkan asupan vitamin E untuk program hamil dapat mencegah penurunan ovulasi, di mana menjadi salah satu alasan banyak wanita berusia tua mengalami kesulitan kehamilan.

Menurut sebuah artikel di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Advances in Nutrition, vitamin E untuk program hamil juga berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan plasenta.

Plasenta yang sehat sangat penting dalam mendukung kehamilan yang sehat bagi Moms dan bayi.

Baca Juga: Mengenal Plasenta Bayi dan Manfaatnya Bagi Janin Dalam Rahim

Tingkatkan Vitamin E Untuk Program Hamil

3 Tingkatkan Vitamin E Untuk Program Hamil.jpg

Foto: Sara Cervera – Unsplash.com

Untuk sehari-hari, Moms dan Dads juga dapat menambahkan vitamin E melalui makanan yang dikonsumsi.

Antara lain: biji bunga matahari, almond, hazelnut, selai kacang, bayam, kiwi, alpukat, ubi, gandum utuh, hingga mangga.

Namun, meski beragam penelitian dan para ahli telah memperlihatkan manfaat vitamin E untuk program hamil, namun jangan segera mengonsumsi suplemen vitamin E dan ada baiknya berkonsultasi dengan Dokter terlebih dahulu.

“Jangan secara otomatis mengonsumsi suplemen tambahan sampai kamu tahu bahwa tubuh kekurangan (vitamin tersebut),” ungkap ahli gizi yang berbasis di St Petersburg, Florida dan juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, Sarah Krieger, RD, seperti dikutip dari parents.com.

Baca Juga: Apakah Vitamin E Membantu Cepat Hamil?

Mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin E dapat menyebabkan perdarahan dan batas maksimum vitamin E untuk orang dewasa adalah 1,000 miligram per hari.

Itulah beberapa fakta dan penelitian mengenai pentingnya vitamin E untuk program hamil. Dengan memaksimalkan asupan vitamin E melalui makanan dan suplemen, Moms dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Artikel Terkait