07 Mei 2024

15 Buah yang Baik untuk Asam Lambung Tinggi, Catat Moms!

Ada buah ara yang menyehatkan, lho

Apa saja buah yang baik untuk asam lambung?

Ya, mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan secara rutin memang bisa membantu mengendalikan gejala asam lambung tinggi.

Buah-buahan tersebut dapat dikonsumsi langsung atau diolah dalam bentuk jus tanpa tambahan apa pun.

Yuk, simak aneka buah sehat yang aman dikonsumsi saat asam lambung naik!

Baca Juga: Ini Perubahan Payudara saat Hamil Minggu Pertama Kata Dokter

Buah yang Baik untuk Asam Lambung

Mudah dijumpai di berbagai minimarket atau toko pinggir jalan, berikut ini beberapa buah yang baik untuk asam lambung:

1. Pisang Kuning

Pisang untuk Asam Lambung
Foto: Pisang untuk Asam Lambung (Medicalnewstoday.com)

Dikenal tinggi serat, pisang termasuk buah yang baik untuk asam lambung.

Pisang merupakan sumber potasium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien yang dibutuhkan tubuh.

Serat dalam pisang dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan mengurangi refluks asam lambung berlebih.

Ada berbagai jenis pisang yang bisa dikonsumsi, seperti pisang raja, pisang Ambon, pisang kepok, dan banyak lagi.

2. Melon

Buah yang baik untuk asam lambung selanjutnya adalah melon.

University Hospital (UH) menjelaskan bahwa melon termasuk buah yang bisa mengendalikan asam lambung berlebih.

Melon merupakan buah dengan kadar asam rendah, sehingga cukup aman bagi kesehatan saluran pencernaan.

Rasanya yang manis dan mudah dicerna membuat melon cocok sebagai salah satu menu MPASI Si Kecil.

Kandungan air di dalamnya juga bisa mencegah risiko dehidrasi, lho.

Baca Juga: Tanya Jawab Dokter tentang Kadar Asam Urat Normal Wanita

3. Semangka

Semangka
Foto: Semangka (Oola)

Tahukah Moms tentang perbedaan semangka kuning dan merah?

Apa pun warnanya, semangka termasuk buah yang aman dikonsumsi saat asam lambung naik.

Sama seperti melon, buah semangka pun mengandung asam yang rendah dan cocok bagi penderita GERD.

Bisa dimakan langsung, ataupun diolah dalam bentuk jus tanpa tambahan gula.

Mengandung banyak air di dalamnya, semangka terasa menyegarkan sekali, bukan, Moms?

Meski begitu, tetap ingat untuk membatasi porsi semangka yang dikonsumsi, ya!

4. Buah Ara

Buah ara juga masuk dalam deretan buah yang baik untuk asam lambung, lho Moms.

Buah ara termasuk salah satu jenis buah yang aman dikonsumsi saat asam lambung naik.

Dalam Food NDTV dijelaskan, buah ara diperkaya gula alami, potassium, kalsium, dan zat besi, yang baik untuk pencernaan.

Kandungan seratnya pun membantu melancarkan buang air besar dan mencegah gangguan pencernaan.

Di khalayak umum, buah ara disebut juga sebagai buah tin dengan rasa yang khas.

5. Apel

Apel, Buah yang Baik untuk Asam Lambung (Orami Photo Stock)
Foto: Apel, Buah yang Baik untuk Asam Lambung (Orami Photo Stock)

Buah yang baik untuk asam lambung adalah apel jenis apa pun.

Apel mengandung vitamin A, C, D, serta B6 yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Adanya kandungan zat besi dan magnesium membuat apel termasuk sebagai buah yang bisa mencegah berbagai penyakit.

Tak heran ada ungkapan "an apple a day keeps the doctor away".

Artinya, mengonsumsi 1 buah apel dalam sehari bisa membuat Moms terhindar risiko penyakit sehingga tak perlu berobat ke dokter.

Baca Juga: Kata Dokter soal Penyebab Gerakan Janin yang Tidak Normal

6. Buah Persik

Buah yang baik untuk asam lambung selanjutnya adalah buah persik.

Buah kecil berbulu ini memiliki beberapa kandungan penting, yang terdiri dari kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, dan vitamin B16.

Khasiat dari buah persik pun dikenal bisa mengatasi penyakit diabetes, masalah kulit, hingga kanker anus.

Kandungan asamnya yang rendah membuat buah ini baik untuk penderita refluks asam atau GERD.

Daging buahnya berwarna oranye dan menyerupai buah jeruk.

7. Pepaya

Buah Pepaya
Foto: Buah Pepaya (Orami Photo Stocks)

Pepaya adalah buah yang baik untuk asam lambung.

Dikenal dengan kandungan serat yang tinggi, pepaya termasuk dalam jenis buah dengan kadar asam rendah.

Mengonsumsi pepaya setiap hari dengan porsi yang tepat bisa membantu melancarkan BAB dan mencegah sembelit.

Dapatkan kesehatan pencernaan yang menyeluruh dengan rutin mengonsumsi buah pepaya.

8. Kelapa Muda

Air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan lain yang sangat baik untuk penderita refluks asam atau GERD.

Minuman ini merupakan sumber elektrolit yang baik, seperti potasium.

Melansir Healthline, air kelapa juga bisa meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh.

Hal tersebut sangat penting untuk mengelola refluks asam agar tidak terlalu tinggi.

Manfaat daging kelapa murni juga bisa sebagai obat alergi alami dan meredakan gatal pada kulit.

Baca Juga: 15 Manfaat Sagu, Cegah Hipertensi hingga Asam Lambung


9. Buah Pir

Buah Pir
Foto: Buah Pir (Orami Photo Stocks)

Pir juga termasuk ke dalam buah yang baik untuk asam lambung.

Kandungan air yang tinggi di dalamnya berperan sebagai pemasok cairan alami dan membantu mencegah dehidrasi.

Buah ini aman dikonsumsi oleh penderita GERD karena memiliki kandungan asam yang rendah.

Khasiat yang sama pun dapat ditemukan dalam jenis sayuran brokoli dan kacang hijau.

10. Buah Naga

Buah naga merupakan makanan yang cocok untuk penyakit maag, perut kembung, serta nyeri perut atau GERD.

Buah ini memiliki serat larut (lendir dan pektin) dengan efek emolien yang melindungi lambung dengan optimal.

Artinya, senyawa yang ada di dalam buah naga dapat mencegah kadar asam lambung berlebih.

Sesak napas akibat maag pun dapat dicegah dengan mengonsumsi buah naga secara rutin.

11. Mangga Matang

Mangga (Orami Photo Stocks)
Foto: Mangga (Orami Photo Stocks)

Mangga yang matang umumnya memiliki pH 5,80-6,00, dibandingkan dengan jeruk bali yang memiliki pH 3,00-3,75.

Artinya, mangga adalah buah yang lebih baik untuk GERD dibandingkan dengan buah lain sejenisnya.

Buah mangga juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit. Buah ini diyakini mampu bertindak sebagai pencerah kulit alami.

12. Alpukat

Buah yang baik untuk asam lambung selanjutnya adalah alpukat.

Alpukat memiliki pH yang lebih tinggi daripada buah-buahan asam lainnya seperti jeruk dan tomat.

Oleh karena itu, alpukat cenderung tidak menyebabkan peningkatan keasaman lambung setelah dikonsumsi.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu melapisi lambung dan mengurangi iritasi pada saluran pencernaan.

Lemak sehat ini juga membantu mengontrol produksi asam lambung.

13. Anggur

Anggur
Foto: Anggur

Anggur juga termasuk dalam buah yang baik untuk asam lambung.

Anggur memiliki kandungan air yang tinggi, yang bisa membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala seperti terbakar pada lambung.

Selain itu, buah ini juga mengandung serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan.

Serat membantu mengatur gerakan usus, mencegah sembelit, dan membantu menyerap kelebihan asam lambung.

Anggur mengandung antioksidan seperti resveratrol, yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.

14. Ceri

Sama seperti alpukat, ceri cenderung memiliki pH yang lebih tinggi daripada beberapa buah asam lainnya seperti jeruk atau tomat.

Dengan mengonsumsi ceri, umumnya tidak memicu peningkatan asam lambung yang signifikan.

Ceri mengandung senyawa-senyawa antiinflamasi seperti anthocyanin, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.

Ini bisa membantu meredakan gejala asam lambung yang disebabkan oleh peradangan.

15. Blueberry

Blueberry
Foto: Blueberry (Freepik.com/4045)

Buah yang baik untuk asam lambung yang terakhir adalah blueberry.

Blueberry memiliki tingkat keasaman yang rendah, sehingga umumnya tidak memicu peningkatan asam lambung yang signifikan setelah dikonsumsi.

Buah ini juga mengandung serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, blueberry mengandung senyawa-senyawa antiinflamasi seperti flavonoid, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.

Kandungan tersebut dapat membantu meredakan gejala asam lambung yang disebabkan oleh peradangan.

Baca Juga: Bayi 1 Bulan Susah BAB tapi Kentut Terus? Ini Kata Dokter

Itu dia beberapa buah yang baik untuk asam lambung dan aman dikonsumsi sehari-hari.

Tetap ingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan, ya!

  • https://www.uhhospitals.org/Healthy-at-UH/articles/2014/04/best-and-worst-foods-for-acid-reflux#:~:text=Melons%20%E2%80%93%20Watermelon%2C%20cantaloupe%20and%20honeydew,best%20foods%20for%20acid%20reflux.
  • https://food.ndtv.com/health/fruits-to-combat-acid-reflux-stress-1704297
  • https://www.healthline.com/health/gerd/beverages#:~:text=Unsweetened%20coconut%20water%20can%20be,crucial%20for%20managing%20acid%20reflux.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.