2-3 tahun

2-3 TAHUN
20 Januari 2018

Perkembangan Batita Bulan Ke-26

Moms perlu memastikan bahwa setiap hari anak cukup bermain aktif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Perkembangan Anak:

Di usia 2 tahun, anak memang belum perlu menjadi anggota satu pusat kebugaran seperti Moms dan Dads. Tapi, menurut American Academy of Pediatrics, dia harus punya aktivitas fisik yang cukup setiap hari lho, Moms!

Jadi apa yang harus dilakukan balita? Tentu saja apa yang paling jago dilakukannya: main! Ini berarti, Moms perlu memastikan bahwa setiap hari anak cukup bermain aktif sesuai porsi yang dibutuhkan tubuh dan otaknya agar tetap kuat dan sehat.

Jika anak suka mendaki, ajak ia bermain di taman yang memiliki kontur berbukit. Jika ia suka bermain air, coba cek kolam renang terdekat yang memiliki fasilitas kolam untuk anak.

Baca juga: Ingin Mengajak Si Kecil ke Taman Bermain? Cek Dulu 5 Safety Tips Berikut Ini!

Tip untuk Moms:

Pilihkan pakaian dan sepatu yang tepat saat anak bermain aktif agar ia tetap merasa nyaman sekaligus bebas bergerak. Misalnya berbagai pakaian dengan warna cerah dari bahan katun yang menyerap keringat dan sepatu dengan sol karet yang membuatnya tidak mudah tergelincir.

Pastikan juga ukurannya tidak terlalu sempit maupun longgar. Moms bisa melihat banyak pilihan pakaian dan sepatu bermain di sini.

Catatan Bulan Ini:

Si kecil juga belum bisa mendaftar ikut ajang Stand Up Comedy di televisi. Tapi, di usianya ini, ia bisa jadi komedian keluarga, lho. Ya, ia kini mungkin sudah atau segera sampai pada titik di mana selera humornya cukup canggih untuk memahami maupun membuat lelucon sederhana.

Perhatikan apakah anak berusaha melakukan maupun mengatakan sesuatu untuk membuat Moms (atau dirinya sendiri!) tertawa. Semakin pintar dan lucu, kan, dia!

(AK/EMA)

Narasumber: Belinda Agustya, M.Psi., Psikolog Anak (Rainbow Castle, Jakarta Selatan)

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait