2-3 tahun

2-3 TAHUN
5 April 2019

Pergi Liburan? Jangan Lupa Bawa 5 Camilan Sehat Untuk Balita Saat Traveling!

Selain sehat, camilan balita juga harus praktis dan tidak mudah berantakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat sedang pergi liburan, camilan balita tentu harus selalu siap sedia. Yang pasti, camilan balita saat traveling harus mudah dikemas dan tidak bikin berantakan saat dimakan.

Sebenarnya memang ada beberapa jenis makanan dan camilan balita yang harus dihindari saat sedang traveling, seperti:

- Gorengan atau makanan berminyak yang bisa bikin perut Si kecil sebah.

- Soft drink, permen, dan jus buah kemasan yang tinggi gula.

- Camilan lengket seperti jeli, puding, atau marshmallow.

- Camilan kecil yang beresiko membuat balita tersedak seperti popcorn.

- Camilan asin yang membuat Si Kecil gampang haus dan jadi sering ke kamar mandi.

Nah, ini dia beberapa pilihan camilan balita yang cocok untuk dibawa saat traveling:

1. Yoghurt

Selain mengandung nutrisi untuk mencukupi kebutuhan gizi balita selama perjalanan, yoghurt juga pas jadi camilan balita saat traveling karena mudah dicerna.

Untuk pilihan terbaik, Moms bisa membawa greek yogurt yang mengandung lebih banyak protein tapi rendah gula.

2. Buah Potong

Saat diterpa cuaca panas di perjalanan, makan camilan buah potong pasti akan membuat balita kembali segar dan ceria. Apalagi kalau dicampurkan ke dalam yoghurt.

Moms bisa pilih buah dengan kandungan air tinggi seperti semangka, melon, mangga, blueberry, atau anggur. Jangan lupa dipotong menjadi ukuran kecil untuk mencegah risiko tersedak.

Oh iya Moms, sebaiknya hindari membawa buah alpukat, sawo, kiwi, pisang, dan strawberry sebagai camilan balita saat traveling karena mudah benyek dan berubah warna.

Baca Juga: Yuk Coba 3 Resep Camilan Berbahan Labu Untuk Balita 1 Tahun!

3. Edamame

Ingin Si Kecil tetap makan sayuran selama liburan? Edamame atau kacang bulu yang mengandung zat besi, omega-3, dan protein bisa jadi camilan sehat yang pasti disukai balita.

Moms bisa merebus edamame sejak 3 hari sebelum keberangkatan, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di freezer. Saat akan berangkat, tinggal taburi edamame dengan sedikit garam.

“Makanan berbahan dasar kedelai adalah makanan terbaik, karena memiliki protein yang tinggi, vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan, serta serat supaya merasa kenyang,” ujar Jaclyn London, MS, RD, CDN, Nutrition Director di Good Housekeeping Institute.

Walau edamame lebih seru kalau dimakan langsung dari kulitnya, Moms juga bisa keluarkan biji edamame sejak dari rumah kalau tidak ingin ribet dengan sampah kulitnya.

4. Roti Lapis

Camilan balita saat traveling ini tidak butuh waktu lama untuk disiapkan, dan bisa dipotong menjadi beberapa bagian agar bisa dimakan di waktu yang berbeda.

Sebagai ganti roti tawar putih biasa, Mom bisa menggunakan roti tawar gandum yang rasanya lebih renyah dan bisa membuat buah hati merasa kenyang lebih lama.

Ahli nutrisi dan penulis buku Food Sanity: How to Eat in a World of Fads and Fiction, Dr. David Friedman, mengatakan bahwa sandwich yang paling sehat adalah kalkun, telur, tuna, dan selai kacang.

“Menurut saya, salah satu sandwich yang paling sehat adalah telur. Telur merupakan super food yang bisa menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung,” jelasnya.

“Selai kacang juga merupakan pilihan yang baik karena membuat kita kenyang dalam waktu yang lama. Tapi pastikan untuk menggunakan selai kacang organik dan tidak mengandung tambahan minyak dan gula. Jika alergi kacang tanah, bisa diganti dengan selai almond atau mete,” tambahnya.

Baca Juga: Resep Sandwich Telur untuk Bekal Si Kecil

5. Muesli

Walau sama-sama campuran aneka kacang, biji, dan buah kering, muesli tidak diolah dengan tambahan minyak dan gula seperti granola.

Selain enak dimakan langsung, muesli juga bisa dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin bila dicampurkan ke dalam yoghurt, susu, maupun jus buah.

Itu dia beberapa camilan balita yang cocok dibawa saat traveling. Si Kecil paling suka yang mana?

(WA/INT)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait