Home & Living

10 September 2021

6 Cara agar Kamera Laptop Jernih saat Online Meeting

Yuk simak cara-caranya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Selama pandemi COVID-19 banyak aktivitas yang dilakukan secara online sehingga memerlukan laptop dengan kamera yang bagus untuk menunjang pertemuan online di Zoom atau Google Meet. Tak heran banyak yang mencari cara agar kamera laptop jernih.

Salah satu yang sering menjadi masalah adalah kamera laptop atau webcam bawaan dari laptop memiliki resolusi kecil sehingga tidak mampu menghasilkan gambar yang jernih.

Hal ini tentu akan menghambat segala aktivitas pertemuan yang dilakukan secara online, terutama bagi Moms yang sering menggunakan kamera laptop sebagai alat utama dalam pertemuan online.

Jika Moms mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir karena ada beberapa cara agar kamera laptop jernih.

Lantas, bagaimana cara agar kamera laptop jernih? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Jenis Sepatu Wanita, Nyaman dan Tetap Gaya!

Cara agar Kamera Laptop Jernih

Saat ini penggunaan laptop sering dijadikan sebagai media melakukan pertemuan online, dibandingkan dengan menggunakan smartphone.

Hal ini karena laptop lebih mudah digunakan dengan adanya berbagai fitur yang menunjang untuk digunakan sebagai media pertemuan online, seperti melakukan presentasi dan juga berinteraksi dengan teman-teman di dalam pertemuan online.

Pada prinsipnya penggunaan laptop  memiliki berbagai macam keunggulan, dibandingkan dengan menggunakan smartphone untuk melakukan pertemuan online.

Namun yang menjadi kendala yaitu webcam atau kamera laptop rata-rata hanya memiliki resolusi yang rendah. Sehingga gambar sering kali tidak jelas.

Jangan khawatir, berikut ini cara agar kamera laptop jernih:

1. Bersihkan Lensa Kamera Laptop

cara agar kamera laptop jernih bersihkan.jpg

Foto: mentalfloss.com

Cara agar kamera laptop jernih yang pertama adalah membersihkan lensa kamera laptop bawaan. Tentunya ini menjadi langkah awal dan paling mudah yang perlu Moms lakukan.

Cukup banyak orang yang tidak memperhatikan kebersihan dari perangkat kamera laptop sendiri. Bahkan sejak awal beli perangkat keras komputer sama sekali tidak dibersihkan.

Kamera web biasanya terdapat di frame bagian atas layar dan terkadang sering tersentuh saat Moms membuka laptop sehingga meninggalkan sidik jari yang akan mengganggu saat melakukan meeting.

Untuk membersihkannya, Moms hanya perlu menggunakan cairan pembersih lensa dan kain untuk kacamata. Sebaiknya jangan menggunakan tisu karena dengan asalnya yang terbuat dari kayu pohon, masih ada bagian tajam yang mampu membuat lensa tergores.

Meski gambar yang dihasilkan tidak ukuran definition atau hd, namun jika kamera laptop sudah dibersih, bisa menghasilkan gambar yang jernih tanpa harus menggunakan tambahan kamera eksternal.

2. Pilih Sudut dengan Pencahayaan Terang

online coaching.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms sudah membersihkannya, cara agar kamera laptop jernih selanjutnya adalah mencari sudut ruangan dengan pencahayaan terang.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa hasil tangkapan video dari kamera laptop selama aktivitas pertemuan online terlihat kurang jernih adalah kurangnya pencahayaan. Oleh karena itu, Moms perlu mendapatkan cahaya terang dalam jumlah cukup agar hasilnya terlihat lebih jernih.

Jika Moms tidak ada sudut ruangan dengan pencahayaan yang terang, bisa menambahkan lampu eksternal yang mampu memberikan jumlah cahaya yang cukup.

Lampu yang bisa digunakan, seperti penggunaan ring light, lampu led, lampu studio, dan berbagai macam lampu yang lainnya.

Baca Juga: 13 Manfaat Rebusan Daun Salam, dari Ujung Kaki hingga Ujung Rambut

3. Pemilihan Background

pemilihan background.jpg

Foto: istockphoto.com

Cara agar kamera laptop jernih selanjutnya adalah perhatikan pemilihan background.

Background yang terkesan gelap dan berantakan sudah pasti tidak enak dilihat. Itulah mengapa Moms harus kembali mencari sudut yang tepat dalam proses pertemuan online.

Jika memungkinkan, background yang dipilih bisa berupa dinding polos saja atau rak buku jadi terkesan lebih simpel dan rapi. Hal ini untuk mengatasi background yang kurang enak dipandang, terlebih untuk keperluan profesional seperti meeting dengan client.

Beberapa aplikasi pertemuan online sudah memiliki fitur penggantian background secara otomatis pada layar sehingga bisa Moms gunakan.

4. Gunakan Aplikasi Kamera Laptop

youcam.jpg

Foto: cyberlink.com

Cara agar kamera laptop jernih selanjutnya adalah menggunakan aplikasi tambahan.

Saat ini, sudah banyak tersedia aplikasi tambahan yang dapat membuat hasil gambar dari laptop Moms menjadi tampak lebih jernih dan enak dipandang, jadi tidak akan kesulitan dalam mencari aplikasi kamera laptop.

Selain kualitas gambar yang lebih tajam, aplikasi tambahan untuk kamera laptop juga memiliki fitur seperti menambahkan efek saat mengambil foto hingga merekam video.

Rekomendasi aplikasi kamera laptop yang paling umum digunakan adalah:

  • aplikasi youcam
  • manycam
  • free screencast

Baca Juga: 3 Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel dan Wifi

5. Gunakan Kamera Eksternal

kamera eksternal.jpg

Foto: istockphoto.com

Cara agar kamera laptop jernih selanjutnya adalah menggunakan kamera eksternal.

Kamera eksternal ini biasanya memiliki kualitas resolusi yang sangat tinggi bahkan ada yang mampu menghasilkan video dengan kualitas fhd atau full high definition.  

Tentu hal ini akan mampu menjadikan pertemuan online memiliki gambar yang jauh lebih berkualitas dibanding dengan menggunakan kamera laptop bawaan.

Pilihlah webcam atau kamera eksternal yang memiliki resolusi cukup tinggi dan pastikan memiliki fitur perekaman di ruangan minim cahaya.

Saat ini sudah cukup banyak tersedia kamera eksternal untuk kamera di laptop di pasaran. Moms bisa mendapatkan harga dan spesifikasi yang tepat untuk digunakan sepanjang aktivitas pertemuan online.

6. Menggunakan Kamera Smartphone

kamera hp.jpg

Foto: tomshardware.com

Cara agar kamera laptop jernih selanjutnya adalah mengganti kamera menggunakan kamera smartphone.

Kamera smartphone biasanya memiliki resolusi lebih tinggi sehingga mampu menghasilkan video dengan kualitas high definition atau hd. Karenanya, saat Moms melakukan pertemuan online gambar yang dihasilkan juga tidak pecah. 

Untuk menjadikan kamera smartphone sebagai kamera eksternal dalam melakukan pertemuan online menggunakan laptop, Moms bisa menginstal berbagai aplikasi, seperti aplikasi droidcam dan sejenisnya.

Moms juga bisa menggunakan alat tambahan lain, yaitu menggunakan tripod agar bisa meletakkan kamera smartphone tanpa harus memegang terus menerus.

Baca Juga: 16 Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Online, Mudah dan Cepat!

Nah, itu dia Moms beberapa cara agar kamera laptop jernih. Selamat mencoba ya!

  • https://www.techwalla.com/articles/how-to-make-your-laptop-webcam-clearer
  • https://www.netbooknews.com/tips/how-to-improve-laptop-camera-quality/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait