24 Februari 2024

Cara Melamar Kerja Lewat WA dengan Sopan dan Contoh Chatnya

Tingkatkan peluang lolos ke tahap interview

Cara melamar kerja lewat WA kini semakin umum, tapi harus dilakukan dengan hati-hati agar tetap sopan.

Layaknya proses melamar kerja via email, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melamar kerja lewat aplikasi WhatsApp.

Alih-alih lanjut ke tahap interview, kesalahan penulisan maupun etika dalam berkomunikasi via WA malah bisa membuat pelamar ditolak oleh perusahaan.

Agar lolos ke tahap selanjutnya, ikuti panduan cara melamar kerja lewat WA berikut ini, yuk!

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan, Ini Tipsnya

Etika Melamar Kerja Lewat WA

Chat WhatsApp
Foto: Chat WhatsApp (Orami Photo Stock)

Sebelum mengetahui cara melamar kerja lewat WA, memperhatikan etika diri sendiri tak kalah penting.

Mski terkesan lebih santai, proses rekrutmen dengan cara modern ini tetap tidak boleh diremehkan.

Seperti halnya melamar kerja secara langsung atau via email, pastikan untuk selalu mengedepankan etika agar tetap dinilai sopan oleh perusahaan.

Baca Juga: 6 Etika di Tempat Umum yang Perlu Moms Ajarkan pada Anak

Berikut beberapa sikap atau etika yang harus dilakukan saat melamar kerja lewat WA:

  • Gunakan foto profil WA dengan foto yang wajar atau profesional. Pastikan wajah terlihat jelas.
  • Kirim lamaran saat jam kerja, sekitar pukul 08.00-17.00.
  • Gunakan bahasa dan tulisan yang jelas dan tidak disingkat-singkat.
  • Hindari bahasa slang.
  • Ucapkan salam pembuka, perkenalkan diri, hingga menyampaikan maksud dan tujuan secara jelas dan tidak bertele-tele.
  • Ucapkan salam penutup dan terima kasih di akhir pesan.

Cara Melamar Kerja Lewat WA

Surat Lamaran Kerja
Foto: Surat Lamaran Kerja

Cara melamar kerja lewat WA tidak sulit dan mirip seperti melamar kerja melalui email

Hanya saja, Moms tidak perlu repot-repot datang ke perusahaan yang dituju.

Sebagai pelamar, Moms cukup mempersiapkan segala berkas dan mengirimkannya melalui WA kepada pihak perusahaan.

Berikut tata cara melamar kerja lewat WA yang baik dan sopan:

1. Temukan Lowongan Pekerjaan Sesuai dengan Kualifikasi

Perusahaan menginginkan calon karyawan dengan kemampuan dan pengalaman sesuai dengan kebutuhan.

Agar peluang diterima semakin besar, pastikan lowongan kerja yang dituju sesuai dengan passion dan kualifikasi diri.

Selengkap apa pun berkasnya, perusahaan dapat menolak kandidat jika tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kandidat juga tidak perlu membuang-buang waktu untuk melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuannya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kado Lamaran untuk Sahabat, Penuh Makna!

2. Lakukan Riset Mengenai Perusahaan yang Dituju

Setelah memenuhi kualifikasi, cara melamar kerja lewat WA selanjutnya adalah lakukan riset lebih dalam mengenai perusahaan tersebut.

Selain alamat dan nomor telepon kantor, pastikan perusahaan tersebut bukan penipuan atau fiktif.

Jangan langsung tergiur dengan tawaran pekerjaan jika keberadaan perusahaan tampak mencurigakan.

Carilah informasi ini melalui Google, situs resmi perusahaan, atau datang langsung ke alamat perusahaan.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kandidat dari tindak penipuan yang marak terjadi di dunia kerja.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan, Bisa untuk Diet!

3. Siapkan Berkas

Sebelum mulai menghubungi pihak perusahaan, pastikan berkas-berkasnya telah lengkap.

Setiap iklan lowongan kerja biasanya sudah mencantumkan berkas apa saja yang harus dikirim lewat WA.

Hal ini umumnya meliputi surat lamaran kerja, CV, ijazah terakhir, transkrip nilai, hingga pasfoto.

Perusahaan dapat meminta dokumen tambahan lainnya sesuai kebutuhan dan posisi yang diinginkan.

Siapkan berkas-berkas tersebut dalam format PDF, JPG/JPEG, atau sesuai persyaratan.

Sebaiknya kompres ukuran file-nya terlebih dahulu maksimal 1MB agar mudah diunduh.

Pastikan jangan sampai ada berkas yang terlewat agar proses rekrutmen berjalan lancar.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Mabuk Alkohol Plus Cara Mencegahnya

4. Kirim Pesan WA ke HRD saat Jam Kerja

Cara melamar kerja lewat WA yang satu ini sangat penting, tapi kerap disepelekan kandidat.

Meski terkesan santai, pastikan untuk tetap mengedepankan etika saat berkomunikasi dengan perusahaan.

Salah satunya soal waktu mengirim pesan WA, lakukan komunikasi pada hari dan jam kerja seperti melamar kerja secara langsung.

Selain bentuk profesionalitas, sikap ini juga menunjukkan bahwa kandidat menghormati HRD atau pihak perusahaan yang aktif di jam kerja.

5. Gunakan Bahasa yang Sopan

Cara melamar kerja lewat WA memang terkesan mudah, tapi tak boleh disepelekan khususnya dari segi penyampaian.

Lagi-lagi, posisikan bahwa Moms sedang bertatap langsung dengan HRD atau pihak perusahaan yang dituju.

Pastikan gaya bahasanya sopan dan tidak bertele-tele.

Baca Juga: 8 Cara Login Jika Lupa Kata Sandi Instagram di HP dan Laptop

Ciptakan impresi awal yang mengesankan dan profesional agar dinilai baik oleh pihak perusahaan.

Sebelum mengirimkan berkas dokumen, sampaikan kalimat pengantar secara singkat dan jelas.

Moms bisa menuliskan salam seperti Assalammualaikum atau Selamat Pagi/Siang sesuai dengan waktu mengirimkan surat lamaran.

Jangan lupa perkenalkan diri dan sampaikan awal mula Moms mendapatkan informasi atau iklan lamaran pekerjaan tersebut.

Setelah itu, barulah sampaikan maksud dan tujuan melamar pekerjaan beserta berkas yang dibutuhkan.

Pastikan untuk mengucapkan kata terima kasih di akhir pesan.

Moms juga dapat mengungkapkan harapan agar diterima sebagai karyawan di perusahaan tersebut agar lebih meyakinkan.

Baca Juga: Intip 7 Inspirasi Desain Ruang Tunggu Klinik yang Nyaman!

Setelah mengikuti cara melamar kerja lewat WA hingga akhir, kini waktunya untuk bersabar.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.