Fashion & Beauty

17 Agustus 2021

7 Cara Memakai Hijab Sesuai Bentuk Wajah, Sudah Coba?

Ada gaya hijab yang bisa menyamarkan wajah bulat, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Moms memutuskan untuk berhijab? Bukan hanya sekadar ingin menutup aurat, ternyata hijab juga bisa mempercantik penampilan. Yuk kenali cara memakai hijab yang tepat!

Sayangnya, banyak wanita yang mengeluh kalau hijab tidak sesuai dengan bentuk wajah sehingga khawatir terlihat tidak proporsional.

Cara Memakai Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Namun, memang benar menggunakan hijab sesuai bentuk wajah akan bisa membuat penampilan lebih enak dipandang. 

Oleh karena itu, Moms sebaiknya teliti saat menentukan gaya berhijab dan bahan apa yang akan dipakai.

Berikut beberapa tips cara memakai hijab sesuai bentuk wajah yang bisa Moms ikuti dan tentunya membuat Moms semakin percaya diri!

Baca Juga: 5 Cara Upgrade Style Minimalis Anda Menjadi Lebih Maksimal

1. Wajah Oval

4 tips memakai hijab sesuai bentuk wajah 1

Foto: Orami Photo Stock

Banyak orang menganggap wajah oval merupakan bentuk yang paling sempurna jika dipakaikan dengan berbagai aksesoris seperti kacamata, topi, dan juga hijab.

Oleh karena itu, cara memakai hijab terbaik untuk wajah ini adalah dengan menata kain secara natural, mengikuti bingkai wajah.

Gaya Turkish Style dengan hijab yang cukup tinggi pada bagian dahi sangat sesuai untuk Moms. Akan lebih cantik jika Moms memilih bahan hijab yang terbuat dari satin atau silk.

2. Wajah Bulat

4 tips memakai hijab sesuai bentuk wajah 2

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya pemilik wajah ini memiliki pipi tembem dan dagu yang bundar sehingga banyak orang memilih untuk menyembunyikan kedua bagian tersebut ke dalam sisi hijab.

Padahal cara memakai hijab tersebut tersebut justru semakin membuat wajah Moms terlihat bulat, lho! Lalu, model hijab seperti apakah yang dapat membuat wajah lebih tirus?

Gaya hijab Mesir dapat memperindah tampilan, namun tidak bagi Moms yang memiliki leher pendek. Pemilik wajah bulat dengan leher ini sebaiknya mengenakan hijab yang agak longgar di bagian pipi.

Bahan chiffon yang licin dan kaku merupakan pilihan yang pas untuk hijab Moms.

Baca Juga: Inspirasi Makeup Natural untuk Hijabers

3. Wajah Kotak

4 tips memakai hijab sesuai bentuk wajah 3

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang kita tahu, wajah kotak memiliki garis rahang yang kuat dan besar sehingga cara memakai hijab terbaik adalah Moms memakai bahan katun daripada spandek yang lentur dan tidak bisa memperhalus bagian pipi.

Bahan katun sendiri bersifat kaku dan dapat memberikan efek lancip pada wajah. Gaya hijab yang cocok untuk pemilik wajah kotak adalah turkish hijab style yang telah dimodifikasi dengan memberikan efek longgar pada bagian dahi. Sebaiknya gunakan hijab yang polos dengan gaya minimalis.

4. Wajah Bentuk Hati

4 tips memakai hijab sesuai bentuk wajah 4

Foto: Orami Photo Stock

Wajah berbentuk hati memiliki struktur dahi yang lebar dengan dagu yang runcing.

Akan lebih baik jika cara memakai hijab yang tepat adalah dengan melonggarkan pada bagian bawah, seperti model hijab yang sering diaplikasikan oleh selebriti Zaskia Adya Mecca.

Bahan spandek sangat direkomendasikan untuk pemilik wajah hati karena dapat melembutkan dagu yang tajam. Moms juga bisa menggunakan lapisan pashmina yang meruncing ke atas untuk memberikan sentuhan indah pada wajah. 

Bisa juga dengan membiarkan bagian bawah hijab menjuntai di depan dada. Tujuan pemakaian jilbab seperti ini untuk membuat bagian bawah wajah terlihat lebih kecil.

Atau menggunakan hijab praktis seperti bergo ataupun model gipsi. Namun, dengan catatan, bagian leher dan telinga harus tertutup dengan sempurna.

Baca Juga: Ikuti Gaya 5 Hijabers Ini Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

5. Wajah Tirus

shireenz.jpg

Foto: instagram.com/shireenz

Cara memakai hijab untuk wajah tirus, disarankan untuk menggunakan jilbab model tumpuk atau layering.

Memakai layering dan bermotif warna terang di sisi samping jilbab agar wajah terkesan semakin berisi.

Alangkah lebih baik kalau bahan jilbab yang dipilih adalah satin atau silk. Ini akan membuat bahan hijab terlihat jatuh dan memberikn volume pada wajah, tanpa terlihat terlalu besar.

Dan untuk berwajah tirus pergunakanlah jilbab turban, karena perpaduan area tulang pipi, dagu, dan telinga bisa menampilkan tulang pipi tanpa terlihat tirus. 

6. Wajah Segitiga

wajah sgitiga.jpg

Foto: pinterest.com

Jika Mms memiliki bentuk wajah segitiga, sebaiknya pergunakan jilbab bentuk model ninja.

Cara memakai hijab lainnya, Moms bisa memakai kerudung dengan model garis ditarik sejauh mungkin ke belakang hingga bertemu dengan tengkuk.

Gunakanlah juga ciput ukuran kecil hanya sampai atas telinga saja sehingga wajah terlihat oval.

Untuk menghindari kesan dahi yang lebar, Moms bisa membentuk bagian depan bandana dari pelipis dekat alis menjadi kurva sempurna.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Busana Hijab yang Tidak Bikin Gerah

7. Wajah Lonjong

oakegvjada2fv4uuzfum.jpg

Foto: pinterest.com

Wajah lonjong cocok untuk menggunakan hijab dengan model dan bahan apapun, lho. Namun, biasanya para pemilik wajah satu ini khawatir apabila mukanya terlihat menjadi lebih panjang.

Nah, untuk menghindari itu semua, Moms dapat mengakalinya dengan cara memakai hijab berbahan tebal. Tujuannya supaya wajah tampak lebih berisi. Seperti bahan satin atau silk

Sementara untuk modelnya, akan lebih baik menggunakan jilbab model Turki. Di mana hanya membutuhkan hijab segi empat dan ciputnya dipasang menutupi sebagian dahi.

Lalu, hindari menata bagian atas jilbab hingga membentuk sisi yang terlalu lancip. Alasannya karena bisa membuat wajah semakin lonjong. Kemudian untuk motif, disarankan memilih motif abstrak yang besar, sehingga dapat memberi kesan penuh pada wajah. 

Apabila Moms masih bingung dan belum percaya diri untuk menentukan mana gaya hijab yang sesuai, ada baiknya Moms mencoba beberapa gaya cara memakai hijab, sampai menemukan gaya hijab yang tepat dan nyaman.

Baca Juga: 7 Fashion Hijab Fitri Tropica, Sangat Menginspirasi!

Karena dari sekian banyak tren model hijab yang ada, biasanya hanya beberapa saja yang bisa membuat Moms merasa nyaman karena sesuai dengan kepribadian Moms.

  • https://review.bukalapak.com/fashion/cara-memakai-hijab-sesuai-bentuk-wajah-111918
  • https://today.line.me/id/v2/article/y9kMpQ
  • https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/bella-lesmana/tips-menggunakan-hijab-sesuai-bentuk-wajah/5
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait