Pernikahan & Seks

5+ Cara Membongkar Kebohongan Suami, Jangan Mau Dikelabui Moms!

Cara membongkar kebohongan suami diperlukan bila kecurigaan dan fakta yang Moms dapati mulai menguat di permukaan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Cara membongkar kebohongan suami tidaklah mudah. Kecurigaan Moms sendiri bisa menghalangi untuk mencapai kebenaran. Sementara, beberapa ilmuwan melaporkan dua cara untuk menemukan pembohong, peneliti Inggris menerbitkan Journal Plos ONE pada 2021, menetapkan bahwa gerakan mata bukanlah prediktor yang baik untuk membongkar kebohongan.

Jadi, bagaimana cara membongkar kebohongan suami? Dipercaya secara luas bahwa hampir setiap orang berbohong secara teratur. Sebuah studi oleh sosiolog University of Virginia Bella DePaulo dalam Journal of Personality and Social Psychology, menegaskan bahwa beberapa kebohongan diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Cara Membongkar Kebohongan Suami

Para peneliti telah menemukan cara membongkar kebohongan suami dan itu tidak ada hubungannya dengan isyarat nonverbal. Sebaliknya, ini didasarkan pada fakta bahwa berbohong adalah kerja keras dan untuk berhasil dalam penipuan, berikut ini cara membongkar kebohongan suami:

1. Ajukan Pertanyaan dari Asumsi Bersalah

Ajukan pertanyaan terbuka sebagai cara membongkar kebohongan suami

Foto: Orami Photo Stock

Ajukan pertanyaan berdasarkan anggapan bersalah, bukan tidak bersalah, dan secara aktif mengganggu penyangkalan. Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Human Communication Research menunjukkan bahwa jenis pertanyaan ini dapat mengungkap kebohongan 97,8 persen dari waktu.

Namun cara membongkar kebohongan suami ini harus dilakukan secara hati-hati, jika Moms ingin melakukan ini pastikan memiliki alasan yang kuat untuk mencurigai bahwa dirimu tengah dibohongi. Dapat dimengerti jika memperlakukan orang jujur seolah-olah mereka pembohong kemungkinan akan membuat mereka marah.

2. Ajukan Pertanyaan Terbuka Lalu Tertutup

Ajukan Pertanyaan terbuka lalu tertutup

Foto: Orami Photo Stock

Pertanyaan tertutup dapat dijawab dengan 'ya' atau 'tidak' dengan cepat. Orang yang mengatakan kebenaran ingin semua fakta ada di luar sana, jadi sebagai tanggapan atas pertanyaan tertutup, mereka akan sering memberikan jawaban lebih dari satu kata.

Pembohong, di sisi lain, akan berbicara lebih sedikit karena takut mengungkapkan penipuan mereka. Bagi mereka, 'ya' atau 'tidak' terasa terlalu banyak.

Baca Juga: Ini 5 Kebohongan yang Boleh Dikatakan Pada Pasangan

3. Tanyakan Tentang Cerita secara Terbalik

Cara membongkar kebohongan suami

Foto: Orami Photo Stock

Cara membongkar kebohongan suami selanjutnya adalah daripada memulai dari awal dan menanyakan apa yang akan datang selanjutnya, mulailah dari akhir dan tanyakan apa yang datang sebelumnya. Sulit untuk menceritakan kisah secara terbalik pada saat-saat terbaik, tetapi ketika fakta dibuat, itu bahkan lebih sulit.

4. Ajukan Pertanyaan Tak Terduga (Tentang Detail Tak Terduga)

Ajukan pertanyaan tak terduga (tentang detail tak terduga)

Foto: Orami Photo Stock

Pembohong sama sensitifnya dengan klise 'Saya tidak ingat' atau 'Saya tidak tahu' seperti kita semua, jadi mereka akan mencoba memberikan jawaban yang masuk akal. Seringkali mereka telah mengerjakan detail yang lebih penting sebelumnya, tetapi yang lebih kecil tidak akan dipikirkan.

Tanyakan tentang itu. Jika Moms curiga bahwa ‘Saya sedang makan malam di kantor’ adalah sebuah kebohongan, tanyakan: Siapa yang duduk di dekat Anda? Apa yang mereka makan? Apa yang kamu bicarakan? Siapa yang masih di sana saat kamu pergi? Kamu makan apa? Di mana mejanya? Ada berapa meja kosong disana?

Detail yang Moms tanyakan tergantung pada kebohongannya, tetapi tanyakan tentang bau, warna, biaya, dan lainnya. Ajukan pertanyaan yang sama lebih dari sekali tetapi dengan cara yang berbeda sebagai cara membongkar kebohongan suami.

Baca Juga: Suami Berbohong dan Berselingkuh, Bagaimana Mengatasinya?

5. Pertahankan Kontak Mata

Pertahankan kontak mata

Foto: Orami Photo Stock

Baik. Ini semacam nonverbal tetapi ketika digunakan dengan tip lain, hal ini dapat meningkatkan cara membongkar kebohongan suami. Ketika orang berbohong, mereka harus terus mengingat untuk memastikan apa yang mereka katakan sejalan dengan apa yang mereka katakan sebelumnya.

Ceritanya harus persis sama dengan setiap versi sebelumnya. Ini sulit dan paling baik dilakukan tanpa gangguan dari manusia yang mencoba mencari kebenaran.

Ketika seseorang berbohong, pandangan mereka akan sering beralih ke hal-hal tidak bergerak yang tidak akan mengganggu mereka saat mereka mulai bekerja mencoba mengingat naskah mereka. Menjaga kontak mata membuat ini lebih sulit.

Moms mungkin pernah mendengar bahwa orang yang berbohong cenderung menyembunyikan matanya. Secara umum, ini cenderung menjadi indikator yang baik dari suami atau pasangan yang berbohong.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh The Swaddle pada tahun 2018, seseorang yang menjaga kontak mata selama percakapan cenderung tidak berbohong kepada Moms.

Hanya ada satu masalah yaitu kemungkinan cara membongkar kebohongan suami dengan hal ini mungkin Dads pernah mendengar serta ketahui. Itulah mengapa ada risiko bahwa Dads akan mencoba terus menatap mata agar terlihat lebih jujur.

Perhatikan bagaimana mata Dads berperilaku selama percakapan biasa. Kontak mata yang terlalu sedikit atau terlalu banyak adalah indikator yang baik bahwa Dads menyembunyikan sesuatu. Tentu saja, Moms tidak boleh hanya berfokus pada mata.

6. Kata Sebagai Tanda Kebohongan

Kata sebagai tanda berbohong suami

Foto: Orami Photo Stock

Jika frasa seperti "Percayalah", "Jujur", dan "Sejujurnya” terdengar seperti Dads berusaha terlalu keras, Moms mungkin benar. Ada alasan bagus bahwa menggunakan retorika yang berpusat pada "kejujuran" terdengar kurang jujur.

Pamela Meyer, penulis Liespotting: Proven Techniques to Detect Deception, mengatakan bahwa frasa semacam ini sebenarnya bisa menjadi tanda kebohongan. "Ketika orang menggunakan pernyataan yang mendukung ini untuk menekankan kejujuran mereka, ada kemungkinan besar mereka menyembunyikan sesuatu," tulis Meyer. "Tidak perlu menambahkannya jika kalian benar-benar mengatakan yang sebenarnya."

Jenis bahasa ini juga membuatnya tampak seperti Dads benar-benar berterus terang kepada Moms. Mereka mungkin mengatakan sesuatu seperti, "Jujur saja, akhir-akhir ini saya mengalami kesulitan, tapi itu tidak ada hubungannya dengan kita."

Ini bisa sangat manipulatif, karena rasanya mereka terbuka kepada Moms, berbagi sesuatu yang mengganggu mereka atau hanya melakukan percakapan yang sangat terbuka.

Tapi sebenarnya, yang mereka lakukan justru sebaliknya. Jika Dads menggunakan banyak bahasa kejujuran, itu seharusnya tidak meyakinkan Moms bahwa mereka benar-benar mengatakan yang sebenarnya terutama jika mereka tampak defensif dengan cara lain.

Pembohong dapat menggunakan banyak trik berbeda dan akan tahu cara memanfaatkan empati dan emosi Moms, jadi cobalah untuk tetap berpikir logis jika Moms curiga sekaligus cara membongkar kebohongan suami.

Baca Juga: Begini Ciri-ciri Berbohong Berdasarkan Zodiak!

Beberapa ahli mengatakan bahwa ketika Moms yakin tengah dibohongi, Moms tidak boleh langsung mengonfrontasi Dads dengan kecurigaan yang kalian tengah rasakaan. Mereka merekomendasikan menunggu sampai Moms menemukan lebih banyak informasi dan fakta sebagai cara membongkar kebohongan suami.

Pakar lain percaya bahwa semakin cepat semua kartu dibagikan, dan semakin cepat kejujuran diwujudkan sekali lagi dalam pernikahan, semakin baik. Hanya Moms yang tahu apa yang terbaik untuk pernikahan kalian.

  • https://www.oprah.com/spirit/how-to-detect-lies-signs-of-deception_1
  • https://www.verywellmind.com/how-to-tell-if-spouse-is-lying-2300996
  • https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2017.01789/full
  • https://doi.apa.org/doiLanding?doi=10.1037%2F0022-3514.70.5.979
  • https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0040259
  • https://www.bustle.com/p/7-signs-youve-caught-your-partner-in-a-lie-even-if-they-dont-admit-to-it-8354049
  • https://www.insider.com/signs-partner-is-lying-2018-4
  • https://www.huffpost.com/entry/signs-your-husband-is-lying_n_5484896
  • https://www.dailymail.co.uk/femail/article-5102443/How-tell-husband-lying-you.html
  • https://www.health.com/relationships/lying-in-relationships
  • https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0040259
  • https://www.webmd.com/sex-relationships/signs-cheating-husband-guilt
  • https://www.itsovereasy.com/insights/when-to-walk-away-after-infidelity
  • https://www.foxnews.com/tech/8-clever-ways-that-tech-can-reveal-a-cheating-spouse
  • https://www.huffpost.com/entry/how-to-tell-partner-you-lied_l_5e0f76d6e4b0b2520d20d9bd
  • https://askdougandchris.com/relationship/how-to-deal-with-a-lying-husband/
  • https://theswaddle.com/researchers-confirm-a-link-between-eye-contact-and-lying/
  • https://www.bonobology.com/dealing-with-lying-husband/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait