Scroll untuk melanjutkan membaca

PARENTING
01 April 2022

7+ Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah, Yuk Coba!

Cari tahu juga tips dan triknya yuk, Moms!
7+ Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah, Yuk Coba!

Mengajarkan anak menabung sejak dini akan mendidiknya bijak menggunakn uang. Bahkan, ada cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang bisa dipraktekkan bersama Si Kecil, lho!

Saat belajar menabung, anak-anak akan belajar banyak hal hingga akhirnya mendapatkan apa yang diinginkan. Tentu Moms ingin menjadi bagian dari prosesnya kan? Tidak ada salahnya untuk mengenalkannya sejak dini.

Baca Juga: Boros dan Sulit Menabung? Ini Cara Mengatur Gaji 2 Juta!

Tips dan Trik Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah

cara-menabung-anak-sekolah.jpg

Foto: cara-menabung-anak-sekolah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Memperkenalkan dasar-dasar keuangan sederhana sejak masa kanak-kanak, dapat membantu anak-anak untuk membiasakan diri dengan uang.

Bukan hanya itu, mempelajari teknik menabung sederhana dapat menghasilkan kebiasaan belanja yang baik, dan membantu mengatur diri untuk mencapai apa yang diinginkan di kemudian hari.

Ada beberapa tips dan trik dasar yang berkaitan dengan cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah, yakni:

1. Ajari Menabung di Rumah

Dikutip dari Repository Universitas Jember, orang tua dapat mengajarkan anak untuk menabung di rumah dan di sekolah dengan menggunakan dua strategi.

Yaitu strategi dengan menjadikan menabung sebagai kegiatan yang menyenangkan dan strategi menabung di rumah dilakukan dengan menetapkan tujuan menabung terlebih dahulu.

Selain itu, orang tua juga menerapkan strategi untuk menanamkan kebiasaan anak menabung di sekolah dengan cara memberikan uang saku tambahan pada anak untuk ditabungkan di sekolah.

2. Perkenalkan Anak Menabung di Bank

Saat ini, masyarakat tumbuh dengan sistem keuangan digital tap-and-go, di mana uang jarang ditukar secara fisik dan lebih cepat dibelanjakan. Oleh karena itu, penting untuk mendidik anak tentang nilai uang.

Saat Moms mengajak anak berbelanja, mereka akan melihat bagaimana Moms membelanjakan uang. Itu akan membantu mengembangkan pemahaman dasar tentang transaksi di dunia nyata.

3. Memahami Teknik Menabung

Saat terbiasa menabung dari kecil, ini akan membentuk kebiasaan baik dalam hal mengatur uang bagi anak yang akan membantunya di masa depan.

Jadi, penting untuk mengenalkan anak pada teknik menabung yang baik sejak dini. Misalnya dengan mengajari anak tentang 'menghabiskan, menabung, berbagi'.

Ini dapat memperkenalkan sikap yang baik terhadap uang saku yang dapat anak belanjakan, yang harus ditabung, dan berbagi untuk meningkatkan kesadaran sosial.

4. Mempelajari Cara Membuat Anggaran

Membesarkan anak-anak dengan pemahaman tentang apa yang harus disimpan atau dibelanjakan akan menjadi dasar baginya untuk mambuat anggaran rumah tangga di kemudian hari.

Penganggaran yang baik akan membuat masa dewasanya jauh lebih mudah. Memahami keseimbangan pendapatan dan pengeluaran membantu memastikan bahwa tagihan dan liburan dibayar tepat waktu.

Baca Juga: 6 Cara Mengatur Uang Hasil Jualan agar Untung Maksimal

Cara Menabung 1 juta per Bulan untuk Anak Sekolah

4 Kesalahan Orang Tua Saat Mengajarkan Uang Pada Anak 1.jpg

Foto: 4 Kesalahan Orang Tua Saat Mengajarkan Uang Pada Anak 1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menabung adalah keterampilan yang akan bertahan seumur hidup. Dan membiasakan anak sejak dini untuk menabung akan menjadi kebiasaan yang baik, dan membantu menyiapkan bekalnya untuk sukses.

Saat anak terbiasa menabung, dirinya tidak akan kesulitan mengatur keuangannya meski hanya bergantung pada uang saku sekolah.

Untuk membantu memudahkan, ada cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah, seperti:

1. Menyisihkan Uang Saku

Menyimpan sebagian uang saku merupakan salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang bisa dilakukan oleh semua pelajar.

Meski sulit, cobalah untuk menyisihkan sedikit uang saku tiap minggunya. Caranya adalah dengan membuat rencana pengeluaran per minggu.

Selain itu, kurangi pembelian barang yang tak terlalu dibutuhkan, kemudian sisihkan dengan nominal yang sama setiap minggunya. Lakukan hal serupa pada minggu berikutnya hingga mencapai Rp 1 juta.

2. Pasang Target Menabung

Tips menabung 1 juta per bulan berikutnya adalah dengan memasang target tabungan. Misalnya, anak diminta menargetkan tabungan 250 ribu tiap minggunya untuk membeli merchant boy band idolanya.

Target ini tidak hanya berfungsi sebagai pengendali pengeluaran, namun juga pemantik semangat untuk terus menabung.

3. Mencari Uang Tambahan

Meski pekerjaan paruh waktu untuk pelajar kurang banyak yang membuka lowongan, tapi ajak anak untuk mencari uang tambahan lainnya.

Misalnya dengan berjualan kecil-kecilan di sekolah, mengajar les atau privat, dan sebagainya. Gaji atau pemasukan dari sana bisa untuk tabungan dan tidak boleh digunakan.

4. Rajin Mencatat Keuangan

Mencatat keuangan adalah salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang seringkali dilupakan.

Padahal, catatan berisi pemasukan, pengeluaran, dan anggaran belanja akan mempermudah dalam mengelola keuangan.

Pengelolaan keuangan yang baik akan menghindarkan anak dari perilaku konsumtif dan boros. Jadi dengan rajin mencatata, rencana menabung 1 juta per bulan dapat dijalankan.

Baca Juga: 11 Cara Mendapat Uang dari Internet, Coba Yuk!

5. Mengurangi Belanja dan Hangout

Belanja atau hangout dengan teman memang menyenangkan. Namun, apabila aktivitas ini dilakukan terlalu sering akan membuat pengeluaran membengkak, hingga akan kesulitan untuk menabung.

Meski begitu, bukan berarti harus menghentikan aktivitas tersebut. Jika ingin menabung, ajarkan anak untuk mengurangi intensitasnya, misal sekali atau dua kali dalam satu bulan.

6. Buka Rekening Khusus Tabungan untuk Pelajar

Menyimpan uang di bank merupakan salah satu cara menabung 1 juta per bulan yang paling ampuh. Dengan menempatkan uang di rekening, selain aman juga lebih disiplin dalam mengatur pengeluaran.

Setoran awal tabungan pelajar biasanya juga sangat terjangkau, mulai dari 5 ribu. Biaya administrasi rekening dan kartu debit yang dibebankan pun jauh lebih kecil.

7. Tabungan 10 Ribu

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah dengan cara yang unik dan membuat semangat selanjutnya dengan mengumpulkan nominal 10 ribu di celengan atau dompet khusus.

Bila memiliki sisa uang dengan pecahan 10 ribu, sebaiknya langsung disisihkan. Cara ini efektif bila selalu konsisten, apalagi uang 10 ribu relatif besar dibanding terbuang percuma untuk jajan yang tidak perlu.

Tukarkan saja pecahan 1000 atau 5000 bila berjumlah 10.000, dan langsung memasukkannya ke dalam celengan. Bukan hanya dengan 10.000 saja, tapi bis diganti dengan tabungan 5 ribu atau 20 ribu.

8. Menabung dengan Nominal Sesuai Tanggal

Moms bisa mengajak anak menggunakan cara ini, dengan menabung dengan nominal sesuai tanggal. Misalnya bila mulai menabung tanggal 1 September, maka nominalnya bisa 1.000, 11.000, 111.000 dan 1.111.000.

Selanjutnya harus tetap sesuai angka yang tertera di kalender tepat pada hari uang ditabung. Ini bisa dilakukan selama satu bulan full dari tanggal 1 sampai tanggal 29. Jangan lupa sesuaikan dengan target awal.

Moms, cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah mana yang akan dipilih?

  • https://www.heritage.com.au/financial-tips/kids-and-teens/saving-money-at-a-young-age
  • http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63689/NITA%20DWI%20WULANDARI.pdf;sequence=1
  • https://www.ocbcnisp.com/en/article/2021/11/01/tips-menabung-1-juta-per-bulan
  • https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/tabungan/cara-menabung-yang-unik-dan-bikin-semangat-untuk-pemula/