Fashion & Beauty

29 Juli 2021

5+ Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis, Sudah Pernah Coba?

Jangan sembarangan, menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis harus hati-hati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ekstrak buah jeruk sering menjadi bahan dalam produk skincare karena kandungan antioksidannya. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis beserta bekas jerawatnya juga banyak mendapat sambutan positif.

Pasalnya, antioksidan dan vitamin C dalam jeruk ini bisa menangkal radikal bebas di kulit dan meningkatkan kadar kolagen.

Acne.org mencatat, manfaat jus lemon untuk pengobatan jerawat banyak disebut dalam forum-forum kecantikan sebagai salah satu solusi yang murah dan efektif untuk menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat.

Selain antioksidan dan vitamin C, jeruk nipis juga punya L-asorbic yaitu zat alami yang bisa mengeringkan jerawat dan antibakteri yang melawan bakteri penghasil jerawat.

Baca Juga: Mencuci Wajah dengan Air Keran Ternyata Picu Timbulnya Jerawat

Penyebab Umum Jerawat dan Bekas Lukanya

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis beserta bekasnya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu apa yang menyebabkan adanya jerawat di wajah Moms.

Menurut Mayo Clinic jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan whiteheads, komedo atau jerawat.

Empat faktor utama penyebab jerawat yakni:

  • Produksi minyak (sebum) berlebih,
  • Folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati,
  • Bakteri,
  • Peradangan.

Tergantung pada tingkat keparahannya, jerawat dapat menyebabkan tekanan emosional dan bekas luka pada kulit. Semakin cepat memulai perawatan, semakin rendah risiko mengalami masalah yang lebih berat.

"Pertama, ketahui apa yang benar dan apa yang tidak bisa menentukan bahan terbaik mana yang bisa digunakan untuk merawat wajah Anda," ujar dr Jonathan Wolfe dari Einstein Healthcare Network di Philadephia.

Penggunaan bahan-bahan ini pun perlu diperhatikan dosisnya. "Apapun yang digunakan secara berlebihan malah bisa menimbulkan lebih banyak masalah daripada manfaat," lanjut dr Jonathan.

Maka, penggunaan jeruk nipis juga perlu dibatasi karena sifatnya yang asam. Bila digunakan berlebihan, bisa jadi kulit wajah akan mengalami masalah lain seperti iritasi, kulit kering atau sensitivitas meningkat apabila terkena matahari.

Bekas jerawat berkembang dari noda dan dapat bertahan selama beberapa bulan bahkan bertahun-tahun jika tidak dirawat.

Moms juga berisiko lebih tinggi terkena bekas jerawat jika mengorek atau memencet jerawat. Orang dengan warna kulit yang lebih gelap juga cenderung berisiko lebih tinggi mengalami hiperpigmentasi akibat jaringan parut jerawat, menurut ulasan diterbitkan oleh Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

Jika Moms berpikir untuk menggunakan lemon untuk mengobati bekas jerawat di rumah, tanyakan kepada dokter kulit terlebih dahulu. Dokter dapat memberi beberapa tip dan juga mendiskusikan faktor risiko individu, seperti riwayat hiperpigmentasi.

Dokter kulit juga mungkin menyarankan perawatan kimia atau dermabrasi di kantor, yang merupakan pilihan yang banyak dipelajari untuk bekas luka.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jerawat Pada Bayi

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis Beserta Bekasnya

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis -2

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis beserta bekasnya adalah salah satu dari banyak pengobatan rumahan. Ini karena tingkat antioksidannya yang tinggi, serta kadar asam sitrat alami, suatu bentuk vitamin C.

Untuk jerawat, jeruk nipis diklaim dapat mengatasi:

  • Mengurangi minyak (sebum), karena efek pengeringan asam sitrat.
  • Kualitas antiseptik, yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.
  • Mengurangi kemerahan dan peradangan yang dapat membantu mengobati jerawat yang meradang serta bekas luka yang tersisa

Manfaat ini dikaitkan dengan efek antioksidan dan antibakteri dari vitamin C topikal. Namun, vitamin C belum dipelajari untuk pengobatan jerawat seluas vitamin lain, seperti zinc dan vitamin A (retinoid).

Nah, berikut ini beberapa cara aman menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis beserta bekas lukanya.

1. Sari Jeruk Nipis

Sari jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat bisa diaplikasikan lewat beberapa cara. Pertama, dengan cara mengaplikasikannya ke wajah semalaman, setelah mencuci wajah tentunya.

Kalau Moms tidak mau semalaman, bisa juga mengaplikasikannya setelah mencuci wajah di pagi hari. Sebelum mengoleskan jeruk nipis ke wajah, pastikan wajah sudah bersih, kering, dan lembap.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan cotton bud dan mengoleskan jeruk nipis hanya ke jerawat atau bekas jerawat. Rendam cotton bud selama beberapa detik dalam perasan jeruk nipis, kemudian oleskan.

2. Jeruk Nipis dan Susu

Dua bahan bumbu dapur ini punya peran penting untuk menghilangkan bekas jerawat, lho. Sari jeruk nipis dan susu merupakan dua bahan yang bisa menghapus semua flek di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan susu ini dengan menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam susu yang direbus. Setelah dingin, basuh wajah dengan rebusan ini, kemudian cuci bersih. Lakukan secara rutin sehari sekali untuk melihat hasilnya.

3. Jeruk Nipis dan Putih Telur

Putih telur sangat bagus untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di wajah, Moms. Tak heran kalau campuran putih telur dan jeruk nipis bisa digunakan juga untuk membantu menghilangkan bekas jerawat.

Sebagai cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis, Moms dapat mencampur jeruk nipis dan putih telur dengan blender, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker dan tunggu hingga kering.

Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat. Aplikasikan kombinasi jeruk nipis dan putih telur ini secara rutin, 2-3 hari sekali untuk hasil yang optimal.

4. Jeruk Nipis dan Madu

Campuran jeruk nipis dan madu bisa membuat kulit wajah terhidrasi dalam waktu lama dan memberikan antioksidan sehingga meminimalisir kerusakan pada kulit.

Dalam artian lain, campuran yang satu ini mampu mendetoksifikasi wajah Moms sehingga turut menghilangkan bekas jerawat.

Aplikasikan pada wajah setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal dan kulit lebih bersinar. Moms bisa juga menambahkan olive oil untuk memberikan manfaat tambahan.

5. Jeruk Nipis dan Air

Kalau Moms punya kulit yang sensitif, Moms tetap bisa kok menggunakan ramuan jeruk nipis sebagai penghilang bekas jerawat.

Sediakan 1 sdt perasan jeruk nipis dan 1 sdt air, kemudian gunakan cotton bud untuk mengoleskannya di bekas jerawat.

Penggunaan air ini mengurangi kepekatan perasan jeruk nipis yang biasanya kurang cocok untuk kulit sensitif.

6. Jeruk Nipis dan Sea Salt

Sea salt atau garam laut merupakan bahan ampelas alami yang akan punya hasil luar biasa bila dikombinasikan dengan jeruk nipis.

Gunakan campuran ini sebagai scrub untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, serta mencerahkan kulit. Campur jeruk nipis dan sea salt secukupnya hingga berbentuk pasta, kemudian aplikasikan ke wajah dan leher.

Gosok pelan dengan gerakan melingkar. Tunggu 8-10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

Untuk digunakan sebagai astringen, campurkan jus lemon segar dengan air dengan perbandingan yang sama dua hingga tiga kali sehari sebelum mengoleskan pelembap. Metode ini juga dapat digunakan untuk perawatan bekas jerawat, meskipun Moms mungkin tidak melihat hasil yang signifikan dalam hal ini.

Jika Moms menggunakan jus lemon sebagai pengobatan spot untuk menghilangkan jerawat, oleskan dengan hati-hati ke jerawat dengan kapas. Biarkan selama beberapa detik dan bilas wajah dengan air hangat. Ulangi beberapa kali sehari sesuai kebutuhan sampai noda hilang.

Baca Juga: Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Efek Samping Serta Alternatif Lain

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis -3

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms pernah menggigit jeruk nipis, pasti tahu rasa masamnya. Efeknya pada kulit juga bisa sangat kuat, yang menyebabkan potensi efek samping. Ini termasuk:

  • Kulit kering,
  • Sensasi kulit terbakar,
  • Gatal,
  • Kemerahan,
  • Membunuh bakteri baik.

Risiko untuk efek samping ini mungkin lebih besar jika menggunakan jeruk nipis pada kulit setiap hari.

Metode pengobatan jerawat ini mungkin juga bukan pilihan terbaik untuk warna kulit yang lebih gelap, karena buah jeruk dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Ini juga dapat meningkatkan risiko kulit terbakar dan flek, terlepas dari warna kulit.

Jika Moms mencari pengobatan rumahan lain untuk jerawat atau bekas jerawat, bicarakan dengan dokter kulit tentang opsi berikut:

  • Lidah buaya,
  • Kayu putih,
  • Teh hijau,
  • Lisin,
  • Minyak rosehip,
  • Sulfur,
  • Minyak pohon teh,

Seperti banyak pengobatan rumahan lainnya untuk jerawat dan bekas jerawat, tidak ada banyak bukti ilmiah yang mendukung jeruk nipis sebagai pilihan pengobatan yang layak.

Namun, ini mungkin masih menjanjikan saat digunakan untuk sesekali saat breakout.

Selain itu, dilansir dari American Academy of Dermatology Association, ada beberapa cara medis yang bisa dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat, seperti:

  • Operasi untuk menghilangkan bekas jerawat
  • Laser
  • Filler
  • Mengencangkan kulit
  • Terapi kolagen

Moms, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis beserta bekas lukanya. Tetap batasi penggunaan agar tidak sampai berlebihan. Setelah menggunakan jeruk nipis, hindari terpapar sinar matahari untuk menghindari kulit jadi memerah.

Selalu pastikan untuk mengonsultasikan semua tindakan pada dokter kulit ahli ya, Moms!

  • https://www.healthline.com/health/lemon-for-acne#summary
  • https://www.acne.org/lemon-juice-applied-topically-reviews-73/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921746/
  • https://www.aad.org/public/diseases/acne/derm-treat/scars/treatment
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/symptoms-causes/syc-20368047
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait