27 April 2022

17+ Cara Mengusir Lipan, Salah Satunya dengan Cabai Rawit!

Karena lipan suka tempat yang lembap, pastikan area rumah selalu kering ya Moms!

Lipan merupakan serangga yang terlihat menyeramkan karena kakinya yang panjang dan banyak hingga geraknya yang cukup cepat. Serangga ini biasanya berada di luar ruangan, mereka menempati bawah kulit pohon, daun, papan, maupun di batu. Namun, tak jarang juga lipan masuk ke dalam rumah hingga menimbulkan ketidaknyamanan dan Moms tentu saja harus memikirkan bagaimana cara mengusir lipan tersebut. 

Dikansir dari Organic Farmer, sebenarnya lipan dapat membantu mengendalikan beberapa hama. Biasanya mereka memakan siput dan belatung, cacing tanah dan juga laba-laba yang dapat membantu kompos hingga sangat pro untuk para petani.

Di sisi lain, lipan juga merupakan sumber makanan bagi kumbang besar, ular, salamander, dan oposum. Oleh karena itu yang jadi masalah adalah sulitnya memastikan bagaimana cara mengusir lipan di sebuah rumah.

Terlebih perayap ini umumnya tidak terlihat. Selain itu, banyak juga jenis lipan dan sering disalahartikan sebagai kaki seribu, meski keduanya merupakan serangga yang berbeda.

Cara mengusir lipan dari rumah dapat dilakukan setelah Moms mengetahui hal yang bisa menarik lipan masuk ke dalam rumah dan bagaimana cara mereka masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, Moms bisa mengetahui cara mengusir lipan secara alami.

Dalam Pets Control Zone disebutkan, biasanya lipan tertarik pada hal-hal tertentu  di dalam rumah seperti kondisi lembap atau terlalu banyak air di dalam rumah. Karena lipan merupakan serangga yang dapat hidup subur di daerah lembap dan basah.

Jika rumah Moms dalam kondisi tergenang air atau lembap, maka kemungkinan besar ada lipan di rumah Moms yang mana harus segera dicari cara mengusir lipan tersebut.

Salah satu area rumah yang paling ideal untuk lipan adalah kamar mandi, dapur, dan juga ruang bawah tanah. Lipan merupakan serangga yang paling benci dengan kekeringan, dan mereka akan mencari sumber kelembapan agar tetap terhidrasi dan hidup.

Selain itu, lipan dapat tertarik masuk ke dalam rumah jika terdapat sumber makanan yang mereka sukai. Seperti kutu, lalat, ngengat, kecoa, laba-laba, rayap, juga cacing.

Baca Juga: 5 Serangga Berbahaya yang Perlu Dijauhkan dari Si Kecil

Cara Mengusir Lipan Dari Rumah secara Alami

Jika sudah mengetahui hal-hal tersebut, Moms dapat menemukan cara mengusir lipan di rumah secara alami. Berikut adalah cara mengusir lipan dari dalam rumah, seperti dilansir dari Pets Control Zone.

1. Menjaga Rumah agar Tetap Kering

cara mengusir lipan
Foto: cara mengusir lipan (thespruce.com)

Foto: thespruce.com

Cara mengusir lipan dari rumah bisa dilakukan dengan menjaga area dalam rumah tetap dalam keadaan kering. Karena seperti yang diketahui, lipan dapat hidup dan tumbuh sehat di daerah lembap dan basah.

2. Memperbaiki Kebocoran Air di Rumah

Cara mengusir lipan dari rumah juga bisa dilakukan dengan menjaga talang dalam kondisi baik supaya tidak pecah dan menyebabkan kelembapan. Pastikan juga tidak ada puing-puing di dalam rumah yang menjadi sumber kelembapan.

3. Memangkas Semak dan Batang Pohon

Memangkas semak dan batang pohon di halaman rumah juga menjadi salah satu cara mengusir lipan dari rumah. Semak dan pohon dapat membuat kondisi rumah menjadi lebih sejuk dan lembap, hingga mengundang lipan masuk ke dalam rumah.

4. Memastikan Tidak Ada Sumber Makanan Lipan

cara mengusir lipan
Foto: cara mengusir lipan (go-forth.com)

Foto: go-forth.com

Lipan akan tertarik masuk ke dalam rumah jika terdapat sumber makanan di rumahnya. Cara mengusir lipan dari rumah selanjutnya adalah, memastikan rumah Moms dalam keadaan bersih dari serangga yang menjadi santapan favorit lipan.

5. Singkirkan Tanaman Hias

Moms juga bisa memindahkan tanaman hias dari dalam rumah sebagai cara mengusir lipan dari rumah. Karena tanaman hias dan tumbuhan merupakan salah satu sumber makanan lipan.

Baca Juga: 7 Manfaat Baking Soda untuk Membersihkan Peralatan Rumah

6. Blokir Semua Titik Masuk

Cara menyingkirkan lipan terbaik dari rumah adalah dengan memblokir semua titik masuk potensial bagi mereka. Untuk melakukan ini, Moms bisa menutup semua retakan di dinding beton dan fondasi.

Selain itu, gunakan kasa jendela untuk menutupi saluran air lantai di ruang bawah tanah dan hilangkan celah di jendela dan pintu. Semua hal itu dapat membantu mencegah lipan memasuki rumah Moms sejak awal.

7. Gunakan Cabai Rawit

cara mengusir lipan
Foto: cara mengusir lipan (thompson-morgan.com)

Foto: thompson-morgan.com

Senyawa alami dalam paprika seperti capsaicin menghasilkan panas yang hebat yang bertindak sebagai penolak alami terhadap serangga termasuk lipan. Sensasi panas atau dingin yang dihasilkan oleh cabai rawit ini adalah sesuatu yang harus dihindari lipan dengan segala cara.

Oleh karena itu, Moms bisa menaburkan bubuk cabai rawit di semua titik yang berpotensi menjadi tempat masuk lipan ke rumah, sebagai cara mengusir lipan dari rumah.

8. Gunakan Asam Borat

Cara mengusir lipan dari rumah juga bisa menggunakan asam borat. Meski tidak berbahaya bagi kesehatan anak-anak dan hewan peliharaan di rumah, tetapi asam borat dapat membunuh lipan.

Asam borat dapat dibeli dengan mudah dari toko perangkat keras.

Moms bisa menaburkan asam borat di berbagai area di rumah tanpa rasa takut. Setelah lipan bersentuhan dengan asam borat yang ditaburkan, ia akan menelannya.

Hal ini akan menyebabkan lipan dehidrasi yang pada akhirnya akan menyebabkan kematiannya. Namun, jika Moms tidak berencana membunuh lipan, Moms bisa melewatkan cara yang satu ini dan mengunakan cara lainnya.

Baca Juga: Simak Cara Mengusir Cicak di Rumah yang Efektif Moms Coba!

9. Perangkap Lengket

Menggunakan perangkap lengket adalah cara menyingkirkan lipan dari rumah yang juga efektif.

Moms bisa menempatkan perangkap ini di sudut-sudut rumah di sepanjang papan lantai. Lokasi tersebut adalah tempat-tempat di rumah yang kemungkinan besar dijadikan tempat berburu makanan oleh para lipan.

Selain lipan, perangkap lengket akan menangkap hama yang mereka makan. Dengan cara ini Moms akan membunuh dua burung dengan satu batu dan menjaga rumah bebas hama.

10. Penangkap Serangga

cara mengusir lipan
Foto: cara mengusir lipan (inhabitat.com)

Foto: inhabitat.com

Lipan juga sering berkeliaran di langit-langit rumah, lho Moms. Jika Moms takut lipan terjatuh saat sedang menonton, Moms bisa menggunakan penangkap serangga tepat di bawah langit-langit rumah. Ini juga menjadi cara efektif untuk mengusir lipan dari rumah.

11. Tanah Diatom

Cara mengusir lipan dari rumah juga bisa dilakukan dengan menaburkan diatomaceous earth (DE) di seluruh sudat rumah. DE merupakan bubuk pelindung alami yang tidak membahayakan manusia, tetapui terdiri dari ribuan fosil kerang laut yang sangat kecil.

Ini dapat menjadi insektisida alami yang dapat membunuh lipan secara efektif. DE dapat menghanguskan atau mengeringkan lipan untuk merusak kerangka luarnya dan menyebabkan kelembapan mereka menguap. Ini akhirnya membunuh lipan.

Meskipun DE tidak berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan, pastikan untuk memakai respirator atau masker saat mengoleskan bedak agar tidak menghirupnya.

Baca Juga: Cara Mengusir Ular Agar Tak Kembali ke Rumah

12. Air Sabun

Menggunakan semprotan sabun adalah cara lain yang efektif untuk mengusir lipan di rumah. Moms bisa mencampurkan satu bagian air dengan satu bagian sabun, lalu masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.

Semprotan air sabun akan membunuh lipan di rumah dengan mengeringkannya dan membuat lipan dehidrasi hingga mati. Ini juga menjadi cara paling ekonomis untuk mengusir lipan, karena sabun dan air adalah barang yang mudah didapat di rumah mana pun.

13. Gunakan Dehumidifier 

cara mengusir lipan
Foto: cara mengusir lipan (healthline.com)

Foto: healthline.com

Seperti disebutkan sebelumnya, lipan suka dan berkembang dalam kondisi lembap. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk mengusir lipan dari rumah adalah dengan menggunakan dehumidifier di semua tempat lembap di rumah Moms.

14. Minyak Cedar

Cara terakhir mengusir lipan dari rumah secara alami adalah dengan menggunakan minyak cedar. Insektisida alami, minyak cedar menyebabkan mati lemas dan dehidrasi osmotik pada lipan.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Kecoa, Semut, dan Serangga Lain di Rumah!

Cara Mengusir Lipan dari Kamar Mandi

Salah satu lokasi di rumah yang disukai lipan adalah kamar mandi. Selain lembap, kamar mandi biasanya menjadi sumber air yang kerap dibutuhkan lipan untuk berkembang biak.

Jadi jangan heran jika Moms menemukan lipan di sana. Meski begitu, Moms bisa mengusir lipan dari kamar mandi dengan beberapa cara berikut seperti dilansir dari Loo Academy.

15. Menjebaknya dengan Gelas

Menjebak lipan dengan gelas.png
Foto: Menjebak lipan dengan gelas.png (https://amp.reddit.com/r/natureismetal/comments/dwpdvt/anyone_ever_wonder_what_a_centipede_in_a_cup/)

Foto: reddit.com

Moms bisa dengan mudah menangkapnya dengan meletakkan gelas di atas lipan untuk kemudian melepaskannya di kebun rumah. Ingat, lipan bukan serangga berbahaya yang tidak menyebarkan penyakit.

Mereka juga hidup untuk mengendalikan populasi serangga. Bersikap baiklah dengan memilih tempat yang lembap dan rindang di kebun untuk mengembalikannya, di mana lipan dapat melakukan apa yang diinginkan alam.

16. Gunakan Kipas Angin 

Cara mengusir lipan dari kamar mandi adalah dengan menyalakan the exhaust fan untuk menyingkirkan kelembapan berlebih dari kamar mandi. Dengan mengurangi kelembapan, Moms tidak hanya akan mencegah lipan masuk ke rumah, tetapi juga akan menjauhkan hama lain seperti semut dan kecoak dari rumah.

Hal ini karena hama ini diketahui masuk ke rumah pada musim kemarau untuk mencari sumber air.

Jangan lupa, gunakan dehumidifier juga di kamar mandi.

17. Singkirkan Sumber Kelembapan Berlebih di Kamar Mandi

cara mengusir lipan
Foto: cara mengusir lipan (ebuy7.com)

Foto: ebuy7.com

Karpet kamar mandi dan handuk yang sudah digunakan juga menjadi sumber kelembapan yang berpotensi mengundang lipan bersarang di kamar mandi. Sebaiknya, cuci karpet dan singkirkan handuk dari kamar mandi. Selain itu, jika Moms memiliki tanaman di kamar mandi sebaiknya rajin dibersihkan karena lipan senang bersembunyi dan berkembang biak di sana.

18. Bersihkan Saluran Kamar Mandi

Mengusir lipan dari kamar mandi juga bisa dilakukan dengan rajin menuangkan setengah cangkir cuka putih dan air mendidih ke dalam saluran air. Moms juga bisa menambahkan beberapa sendok soda kue untuk menghilangkan makhluk hidup apapun.

Baca Juga: 9 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya dengan Cepat

Itulah beragam cara mengusir lipan di dalam rumah dan juga terutama cara mengusir lipan di kamar mandi. Jika Moms benar-benar terganggu, Moms harus benar-benar memikirkan cara memblokir lipan agar tidak kebingungan mencari cara mengusir lipan yang masuk ke rumah.

  • http://organicfarmermag.com/2021/02/centipedes-and-millipedes-in-the-soil-food-web/
  • https://pestcontrolzone.com/how-to-get-rid-of-centipedes-naturally/
  • https://looacademy.com/bathroom-silverfish/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb