Parenting

21 Desember 2019

Happy Mom 101: Ketahui Cara Relaksasi Bagi Ibu, Tak Selalu di Luar Rumah

Lakukan kegiatan yang membuat Moms nyaman dan rileks
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Seorang ibu tidak hanya menjadi sosok yang menginspirasi anak dan suami, tetapi juga merupakan sosok hebat karena punya peran penting sebagai ibu rumah tangga, istri, dan wanita yang tangguh.

Dengan segala aktivitas yang tampaknya terus berjalan, ada kalanya Moms perlu menarik napas dan melakukan relaksasi terhadap rutinitas yang sedang dijalani.

Ketahui pentingnya melakukan relaksasi bagi ibu menurut psikolog berikut ini.

Baca Juga: Happy Mom 101: Pentingnya Me-Time untuk Kebahagiaan Moms

Manfaat Relaksasi Bagi Ibu

relaksasi bagi ibu-1.jpg

Foto: canadianinquirer.net

Menurut psikolog Rena Masri, S.Psi, M.Si, relaksasi bagi ibu itu merupakan hal penting, karena ragam aktivitas harian yang dijalani.

"Seorang ibu sangat butuh untuk rileks, karena adanya tanggung jawab rutinitas harian tanpa henti. Misalnya, menyiapkan keperluan anak dan suami di pagi hari, antar-jemput anak ke sekolah, memenuhi kebutuhan suami, mengontrol keadaan rumah, dan lain sebagainya," jelas Rena.

Rena melanjutkan, kebutuhan relaksasi bagi ibu ini berlaku pada ibu rumah tangga, maupun ibu yang bekerja.

"Karena ibu yang bekerja pun sesampainya di rumah dia juga bertanggung jawab dengan keadaan di rumah seperti mengurus anak, dan lain sebagainya," lanjut Rena.

Baca Juga: Happy Mom 101: Jangan Ragu Meminta Bantuan dari Suami dan Anak

Cara Relaksasi Bagi Ibu di Tengah Kesibukan Bekerja

relaksasi bagi ibu-2.jpg

Foto: momlifetoday.com

Rena menjelaskan, untuk melakukan relaksasi bagi ibu bekerja bisa dengan mencuri-curi waktu di sela-sela mengurus rumah tangga.

"Ibu bekerja mungkin sudah bekerja dari pagi hingga sore atau malam, lalu di rumah berhadapan dengan anak-anak. Jadi, melakukan relaksasi bagi ibu bekerja harus pintar-pintar mencari waktu," saran Rena.

Sebagai contoh, jika Moms pulang kerja lebih cepat, bisa dengan terlebih dahulu mampir ke salon, atau saat akhir pekan melakukan relaksasi dengan yoga atau olahraga ringan.

Apa yang terpenting, relaksasi bagi ibu dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan dan nyaman.

"Seorang ibu perlu mengetahui, kegiatan apa yang disukai dan yang membuat kita merasa lebih nyaman, lebih rileks. Lalu, selanjutnya kita mengatur, kapan dan di mana kita bisa melakukan relaksasi tersebut," ungkap Rena.

Baca Juga: Happy Mom 101: Cara Berpikir Positif untuk Mencegah Stres Sebagai Seorang Ibu

Tanda-tanda Relaksasi Bagi Ibu Dibutuhkan

relaksasi bagi ibu-3.png

Foto: videoblocks.com

Rena mengungkapkan, jika Moms merasa mulai sulit untuk mengontrol emosi diri sendiri, itu bisa menjadi tanda Moms membutuhkan relaksasi bagi ibu.

"Bila seorang ibu sudah mulai sulit mengontrol emosi, misalnya gampang tersinggung, mudah marah, cepat sedih, itu tandanya Moms butuh relaksasi dan me-time," terang Rena.

Kegiatan relaksasi tidak harus dilakukan di luar rumah, tetapi Moms bisa melakukannya di dalam rumah. Hal ini tergantung dari apa saja kegiatan yang membantu Moms lebih nyaman dan lebih rileks.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait