Karier & Keuangan

8 Oktober 2021

7+ Challenge Menabung dan Tips Suksesnya, Yuk Lakukan!

Yuk ajarkan juga kebiasaan baik ini pada Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat mendekati tahun 2022, banyak dari kita mungkin senang meninggalkan tahun sebelumnya. Meskipun mungkin masih ada masa-masa sulit di depan, ada baiknya untuk mulai merencanakan masa depan. Dan itu mungkin termasuk membuat resolusi Tahun Baru, salah satunya dengan challenge menabung.

Menyimpan uang adalah salah satu resolusi paling populer. Akan tetapi, tidak banyak yang dari kita yang menepati janji untuk menabung selama 12 bulan.

Jika Moms menganggap menabung bukan sebagai tantangan, mungkin Moms harus mencoba challenge menabung. Menjadikannya sebagai permaianan untuk memotifasi Moms menghemat uang.

Challenge menabung telah menjadi populer secara online dan kemungkinan akan menjadi lebih populer jika ekonomi terus tersendat-sendat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya template challenge menabung, mulai dari pinterest, blog keuangan pribadi hingga aplikasi yang dapat diinstall di handphone Moms.

Ingat tantangan di mana Moms bertujuan untuk menghemat Rp10 ribu per minggu sehingga pada akhir tahun Moms akan memiliki Rp520 ribu. Namun, menyisihkan uang setiap minggu adalah tantangan sederhana yang bisa dilakukan seseorang, meski kenyataannya tidak banyak yang melakukannya.

Padahal menyelesaikan tantangan saat melakukan challenge menabung dapat menjadi resolusi tersendiri. Atau paling tidak, hal ini dapat mendukung tujuan besar Moms.

Challenge menabung ini bisa membantu Moms menghemat sedikit uang untuk mempersiapkan tonggak kehidupan yang besar. Ini dapat menjadi ide hebat yang bisa Moms lakukan sepanjang tahun baru nanti.

Baca Juga: Ini Lho 5 Cara Seru Mengajari Anak Menabung

Challenge Menabung

challenge menabung

Foto: doughroller.net

Jika Moms tidak menghemat uang, mungkin bukan karena kekurangan uang. Akan tetapi, bisa saja karena Moms belum melatih diri untuk membiasakan diri menabung.

Melansir US News, masalah utama yang menghalangi orang untuk mulai menabung bukanlah karena mereka tidak tahu di mana mencari uang untuk ditabung. Namun, karena pola pikir tentang uang.

Secara mental, mereka tidak melihat manfaat dari menemukan uang tersebut dari mengubah pengeluaran saat ini. Hal tersebutlah yang membuat kebanyakan orang mulai tidak menabung untuk masa depan, karena mereka sudah merasa menang.

Jika Moms memang ingin menabung, Moms bisa mulai memertimbangkan beberapa challenge menabung sederhana berikut ini.

Baca Juga: 10 Tips Menyusun Daftar Belanja untuk Menghemat Uang dan Waktu

1. 30 Days Saving Challenge

Ini adalah tantangan tabungan klasik yang ada jauh sebelum orang memposting tantangan menabung di media sosial. Cukup putuskan bahwa Moms akan menghemat Rp10 ribu per hari atau Rp 20ribu atau Rp50 ribu, tergangung dengan yang bisa Moms kelola.

Jika Moms bisa menghemat, misalnya Rp10 ribu dalam sehari. Artinya dalam satu bulan Moms bisa menyimpan Rp300 ribu.

Tak apa jika jumlahnya terlihat kecil, karena jika Moms meneruskan challenge menabung ini selama setahun, hasilnya akan terlihat lebih besar.

2. 52 Weeks Saving Challenge

Setelah challenge menabung selama 30 hari berhasil, Moms mungkin bisa melanjutkan dengan tantangan selanjutnya, dengan jangka waktu yang lebih panjang, seperti 52 weeks saving challenge.

Sama seperti tantangan sebelumnya, hanya saja Moms hitungannya per minggu. Misal, setiap minggu Moms akan menantang diri sendiri untuk hemat Rp20 ribu. Di akhir tahun, Moms akan memiliki tabungan Rp1.040.000.

Sebagai imbalannya, Moms bisa menggunakan uang simpanan tersebut sebagai reward pada diri sendiri. Misalnya membeli barang yang disuka atau menggunakannya sebagai liburan.

Atau Moms bisa kembali menyimpannya sebagai dana darurat. Selain itu, 52 weeks saving challenge juga bisa membuat Moms lebih kreatif.

Beberapa orang akan menghemat Rp10 ribu per minggu selama minggu pertama, Rp20 ribu per minggu pada minggu kedua, Rp30 ribu pada minggu ketiga, dan pada minggu ke-52, mereka menyisihkan Rp52 ribu per minggu.

Baca Juga: Yuk Terapkan 6 Cara Cerdas Menghemat Pengeluaran Bulanan untuk Para Ibu!

3. Tantangan tanpa Pengeluaran

Challenge menabung ini bisa lebih menyenangkan daripada kedengarannya. Moms memilih akhir pekan atau apa pun yang tampaknya menantang dan dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan uang.

Moms bisa mengizinkan pengecualian untuk membayar hal-hal tertentu seperti tagihan.

Akan tetapi, Moms dapat berkomitmen untuk tidak menghabiskan uang selama akhir pekan atau selama seminggu penuh kecuali, sekali lagi, akal sehat menyatakan bahwa Moms perlu melakukannya.

Idenya adalah untuk menghemat uang dengan tidak menghabiskan. Dan itu bisa menyenangkan. Tantangan tanpa pengeluaran sangat cocok untuk pandemi.

4. Tantangan Hadiah Liburan

Ide challenge menabung ini sudah ada selama beberapa dekade. Bahkan, banyak serikat kredit menawarkan rekening tabungan berbunga liburan, di mana Moms menyumbang Rp50 ribu atau Rp100 ribu atau jumlah lain setiap minggu dan kemudian ketika Desember tiba, Moms memiliki uang untuk liburan. Tantangan ini cukup sederhana  dan cerdas.

5. Tantangan Dapur

Ini juga merupakan challenge menabung yang baik untuk saat ini. Tantangan dapur adalah kontes di mana Moms menyatakan bahwa Moms tidak akan membeli makanan apa pun sampai Moms menghabiskan isi lemari es dan dapur.

Selama makanan tidak kadaluarsa, ini adalah kesempatan Moms untuk mengkonsumsi apa yang sudah Moms beli dan menghemat uang untuk beberapa hari atau minggu.

Baca Juga: Agar Pasangan Tak Meributkan Masalah Keuangan

6. Tantangan Tidak Makan di Luar Selama Sebulan

Challenge menabung yang satu ini juga cukup sederhana. Terutama jika Moms terbiasa untuk memesan makanan dari luar.

Logikanya, jika harga satu porsi makanan yang Moms pesan dari luar seharga Rp50 ribu, Moms bisa memotong setengah pengeluaran tersebut dengan menyiapkan makanan sendiri. Ini bisa menjadi tantangan termudah dalam daftar tantangan ini.

7. Tantangan Potong 1% dari Gaji

Alih-alih menghemat uang, Moms dapat memangkas anggaran, yang berarti Moms mungkin menghabiskan lebih sedikit uang dan memiliki lebih banyak untuk ditabung.

Challenge menabung ini cukup mudah, Moms bisa melakukan dengan mencari tahu 1% gaji tahunan. Misalnya, jika penghasilan per tahun Moms Rp60 juta, 1% dari itu adalah Rp600 ribu. Dengan begitu, Moms akan mulai melihat anggaran dan menemukan cara untuk menurunkan anggaran sebesar Rp600 ribu.

Dengan kata lain, misal Moms membelanjakan uang untuk layanan streaming yang berharga Rp10 ribu per bulan, tinggalkan saja dan Moms telah menghemat Rp120 ribu dari Rp 600 ribu.

8. Tantangan Uang Menendang Kebiasaan Buruk

Challenge menabung yang satu ini bisa jadi mudah, bisa juga menjadi sulit. Apa Moms banyak keluar untuk minum kopi setiap hari? Atau mungkin Moms minum banyak soda? Merokok?

Apa pun kebiasaan yang ingin Moms hentikan, ini bisa menjadi saat yang tepat untuk mengatakan pada diri sendiri bahwa akhirnya Moms akan mengakhiri pola perilaku sekaligus menghemat uang dengan tidak membeli kopi atau rokok.

Moms harus melakukan sesuatu yang menyenangkan dengan uang yang Moms hemat dari tantangan ini untuk menghargai diri sendiri atas semua kerja keras Moms. Asalkan hadiahnya bukan kopi campur krim kocok dan sebungkus rokok.

Baca Juga: 9+ Arti Mimpi Melihat Kotoran Manusia, Salah Satunya Pertanda Bebas dari Masalah Keuangan!

Tips Challenge Menabung

challenge menabung

Foto: thesimpledollar.com

Terkadang hal tersulit tentang menabung adalah memulai. Bahkan ketika sudah mengikuti challenge menabung, ada kalanya keinginan untuk sedikit curang muncul, hingga akhinya jumlah simpanan Moms tidak bertambah atau malah berkurang.

Meski begitu, tenang Moms. Karena kabar baiknya ada beberapa tips menghemat uang untuk membantu Moms menjalani challenge menabung dengan lancar. Berikut adalah tips challenge menabung seperti dilansir Bank of America dan ASB.

1. Catat Semua Pengeluaran

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak yang Moms belanjakan. Catat semua pengeluaran, termasuk setiap cangkir kopi, barang rumah tangga, dan tip tunai.

Setelah memiliki data, atur angka berdasarkan kategori, seperti bensin, bahan makanan, dan hipotek, dan jumlahkan setiap jumlah.

Baca Juga: Tips Keuangan Wanita Di Usia 30 – 40 Tahun

2. Tentukan Prioritas

Pelajari cara memprioritaskan tujuan tabungan sehingga Moms memiliki gagasan yang jelas tentang di mana harus mulai menabung. Misalnya, jika Moms tahu akan perlu mengganti mobil dalam waktu dekat, Moms bisa mulai menyisihkan uang untuk membeli mobil sekarang.

3. Bayarlah Tagihan Tepat Waktu

Beberapa perusahaan memberi pelanggan mereka diskon untuk pembayaran awal. Ini baik, karena Moms bisa menghemat sedikit uang hanya dengan membayar tagihan tepat waktu.

Cukup atur pembayaran otomatis (untuk jumlah pembayaran reguler) atau debit langsung (untuk jumlah tidak teratur) dan tagihan Moms akan dibayar secara otomatis setiap saat pada tanggal jatuh tempo. Jika membayar dengan pembayaran otomatis, pastikan Moms memeriksa tagihan setiap bulan.

Nah, itulah beberapa challenge menabung yang bisa Moms coba. Selain bisa mendapatkan hasil tabungan, Moms juga bisa menanamkan kebiasaan baik untuk menabung. Jangan lupa, ajak Si Kecil untuk ikut serta ya!

  • https://money.usnews.com/money/personal-finance/saving-and-budgeting/articles/money-saving-challenges
  • https://bettermoneyhabits.bankofamerica.com/en/saving-budgeting/ways-to-save-money
  • https://www.asb.co.nz/guides/savings-tips-and-tricks.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait