Karier & Keuangan

Tabungan Tipis? Terapkan 7 Cara Menghemat Uang Setiap Hari!

Gaya hidup yang impulsif dan boros dapat mengancam tabungan untuk masa depan, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Zaman sekarang berbagai hal semakin terasa instan, namun cara menghemat uang tidak bisa dilakukan secara instan. Moms dan Dads pasti merasakan bagaimana susahnya menghemat uang bukan? Nah, berikut ini tips cara menghemat uang setiap hari untuk menyelamatkan keuangan.

Cara Menghemat Uang Setiap Hari

Menghemat uang

Foto: freepik.com

Di zaman yang serba modern ini, memang sangat memudahkan kita dalam melakukan sesuatu. Dengan satu “klik” saja, Moms dan Dads sudah bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Namun, tanpa disadari kebiasaan ini dapat membuat Moms dan Dads semakin boros dan konsumtif. Senang sih mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah, tapi uang di dompet dan rekening semakin lama semakin menipis.

Bahkan kalau terlalu asyik jajan, tidak jarang tagihan membludak karena tidak menghitung pengeluaran dengan cermat.

Sebuah penelitian menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang bersikap konsumtif, yaitu penggunaan produk dan daya beli, untuk mempertahankan status sosial, untuk kepuasan, dan untuk gengsi.

Baca Juga: Kondisi Keuangan Tidak Stabil, Begini Cara Mengatur Dana Pendidikan Anak

Dalam penelitian Frontiers in Psychology dikatakan bahwa perilaku hemat bergantung pada tingkat kesadaran yang dimiliki orang mengenai efek dari bersifat konsumtif.

Oleh karena itu, kesadaran akan konsekuensi sosial, lingkungan, dan ekonomi dari bersifat konsumtif telah dipastikan memengaruhi perilaku hemat, khususnya kesadaran konsekuensi ekonomi merupakan hal yang memberikan dampak terbesar pada perilaku hemat.

Jika saat ini Moms dan Dads ingin menyelamatkan keuangan dari sifat konsumtif, menerapkan beberapa tips berikut akan membantu Moms dan Dads mencoba cara-cara baru dalam menghemat uang.

Berikut ini cara menghemat uang setiap hari agar keuangan Moms dan Dads tetap terjaga.

1. Mulai Membuat Anggaran

Buat anggaran

Foto: freepik.com

Cara menghemat uang setiap hari dan paling sederhana adalah dengan memulai membuat anggaran pengeluaran setiap harinya.

Membuat dan berpegang teguh pada anggaran sangat penting bagi kesuksesan finansial. Dalam membuat anggaran, Moms dan Dads dapat memprioritaskan hal-hal yang penting dan memotong hal-hal yang kurang penting.

Ingatlah bahwa tidak ada yang salah dengan sesekali menghabiskan hal-hal yang disukai. Namun pastikan Moms dan Dads menyisihkan uang untuk ditabung, ya.

2. Menghentikan Langganan Bulanan yang Tidak Penting

Di era serba internet ini bukan hal aneh untuk berlangganan layanan-layanan hiburan yang dapat digunakan kapan saja sesuka hati.

Cara menghemat uang setiap hari selanjutnya adalah dengan menghentikan layanan bulanan yang tidak terlalu penting, seperti tagihan aplikasi streaming film, musik, dan lain sebagainya.

Jika memang merasa membutuhkan layanan tersebut, ubahlah layanannya menjadi yang paling murah dan sesuai dengan budget.

3. Hentikan Pengeluaran Berlebihan

Belanja dengan bijak

Foto: freepik.com

Salah satu penyebab seseorang sulit menghemat uang karena melakukan pengeluaran yang berlebihan. Ibarat peribahasa “besar pasak daripada tiang”, yang artinya lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.

Tak jarang kecerobohan mengatur keuangan seperti ini malah membuat seseorang terlilit utang yang tak kunjung lunas.

Cara menghemat uang setiap hari adalah dengan mengatur pengeluaran. Apalagi jika Moms dan Dads menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, pastikan jangan sampai kartu kredit overlimit dan melebihi kemampuan melunasinya setiap bulan.

Gunakan kartu kredit dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga Moms dan Dads tidak akan terlilit hutang.

Baca Juga: Agar Tidak Terjebak "Lingkaran Setan", Ketahui Cara Bijak Pakai Kartu Kredit

4. Menahan Godaan Untuk Makan Di Luar atau Pesan Antar

Cara menghemat uang setiap hari selanjutnya adalah dengan menahan godaan untuk makan di luar atau melakukan pesan antar makan.

Di zaman yang serba instan ini, memang kita diberi kemudahan untuk melakukan sesuatu, salah satunya adalah untuk memesan makanan.

Hal ini merupakan salah satu jalan menuju keborosan. Lebih baik, Moms dan Dads menyempatkan diri untuk membawa bekal makanan dari rumah.

Selain bisa menghemat pengeluaran, memasak makanan sendiri di rumah tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya.

5. Tunggu Satu Minggu Sebelum Membeli

Berpikir sebelum membeli

Foto: freepik.com

Pernahkah Moms dan Dads membuka akun e-commerce lalu tergoda akan sebuah barang yang menarik dan murah, padahal belum tentu membutuhkan barang tersebut?

Jika pernah, itu berarti Moms dan Dads memiliki perilaku impulsif. Sifat impulsif mendorong seseorang untuk menjadi boros.

Sehingga salah satu cara untuk menghemat uang setiap hari adalah dengan mengendalikan perilaku impulsif tersebut dengan membuat perencanaan yang matang sebelum memutuskan untuk membeli barang.

Cara sederhana yang bisa Moms dan Dads lakukan adalah, jika biasanya Moms dan Dads membutuhkan waktu satu hari untuk membeli barang, cobalah untuk berpikir selama satu minggu sebelum membeli barang tersebut.

Dengan melakukan hal ini, Moms dad Dads mungkin akan menyadari kalau barang tersebut belum tentu bermanfaat untuk dibeli.

Baca Juga: 3 Tips untuk Menghemat Uang Belanja Bulanan, Yuk Disimak, Moms

6. Belajar dari Kesalahan

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari hidup hemat. Mengutip dari Clever Girl Finance, bahwa hidup hemat akan memungkinkan Moms dan Dads membangun lebih banyak kebebasan finansial ke dalam hidup dengan mempercepat Moms dan Dads mencapai tujuan finansial.

Untuk itu, perlu dengan sadar menghemat uang setiap harinya. Salah satu cara menghemat uang setiap hari adalah dengan belajar dari kesalahan.

Misalnya, jika kemarin Moms dan Dads mengeluarkan uang yang melebihi batas pengeluaran harian, maka sebagai gantinya hari ini Moms dan Dads perlu menghemat pengeluaran bagaimanapun caranya.

Kembali lagi, kendalikan sifat konsumtif dan impulsif adalah cara terbaik untuk berhemat.

7. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit dapat membuat seseorang kehilangan kontrol

Foto: freepik.com

Banyak manfaat yang bisa didapat dari kartu kredit, tetapi Moms dan Dads juga harus mengetahui risikonya.

Limit kartu kredit yang melebihi pendapatan bulanan bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Apabila Moms dan Dads sulit mengontrol diri dari belanja impulsif, memiliki kartu kredit dapat menyebabkan pengeluaran berlebihan yang tidak direncanakan.

Kartu kredit tentunya juga punya manfaat sendiri, misalnya fasilitas cicilan 0% dan cashback yang bisa dibelanjakan kembali. Namun, perlu diingat limit kartu kredit adalah pinjaman oleh bank dan bukan uang simpanan.

Jika Moms dan Dads ingin lebih berhemat, tentunya menggunakan kartu kredit bukanlah cara yang bijak. Menggunakan pembayaran tunai juga dapat melatih diri dalam menyadari kondisi keuangan.

Baca Juga: 5 Trik Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Satu Gaji

Dengan menerapkan cara menghemat uang setiap hari, lama-kelamaan Moms dan Dads juga akan dapat mengontrol diri lebih baik lagi dan dapat membedakan kebutuhan dan keinginan kurang penting dengan lebih cermat lagi.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7719713/
  • http://www.ijsrp.org/research-paper-0114/ijsrp-p2518.pdf
  • https://www.clevergirlfinance.com/blog/frugal-living/
  • https://koinworks.com/blog/hemat-ala-perencana-keuangan/
  • https://livingonthecheap.com/frugal-25-things-frugal-people/
  • https://www.nerdwallet.com/article/credit-cards/pros-cons-shopping-credit-card
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait