Scroll untuk melanjutkan membaca

KARIER & KEUANGAN
29 Maret 2022

11 Tips Belanja Hemat untuk Satu Mingguan, Bye Kantong Bolong!

Dengan naiknya harga bahan pokok, maka Moms butuh tips belanja hemat untuk satu mingguan
11 Tips Belanja Hemat untuk Satu Mingguan, Bye Kantong Bolong!

Moms, saat ini, harga kebutuhan yang semakin meningkat seperti minyak, telur, gula dan lainnya. Maka, Moms perlu mengetahui tips belanja hemat untuk satu mingguan.

Akan tetapi, hal ini bukan berarti Moms tidak membeli makanan yang bergizi untu keluarga.

Dengan sedikit perencananan serta kreativitas, Moms tetap dapat menyediakan makan makanan sehat, dan seimbang disukai oleh seluruh keluarga.

Tips Belanja Hemat untuk Satu Mingguan

Ilustrasi belanja mingguan

Foto: Ilustrasi belanja mingguan (pathway.org)

Foto: Orami Photo Stock

Dibanding pusing-pusing, berikut ini tips belanja hemat untuk satu mingguan yang bisa Moms aplikasikan:

1. Siapkan Skala Prioritas

Moms yang mengendalikan di mana uang akan dibelanjakan. Dalam menabung, Moms perlu membuat daftar skala prioritas begitupun dalam hal berbelanja.

Daftar prioritas mencantumkan item dan produk untuk kebutuhan mingguan. Masukkan item yang dianggap paling penting terlebih dahulu, dan seterusnya.

Dengan membuat skala prioritas, tips belanja hemat untuk satu mingguan akan lebih ringan. Tentunya, uang yang dikeluarkan akan sesuai dengan tingkat peruntukkannya.

Baca Juga: 12 Tips Belanja Online Antiboros, Bisa Dapat Produk Gratis!

2. Fokus pada Daftar Belanja

Untuk hal yang satu ini, Moms benar-benar harus mempertimbangkannya. Daftar belanja akan membuat mudah dalam memilih barang yang akan dibeli sehingga pengeluaran akan efektif.

Dilansir dari Cleveland Clinic, Daftar belanja juga akan membantu Moms Ketika lupa barang yang harus dibeli. Saat tergoda barang lain maka perhatikan baik-baik daftar belanjaan.

Apakah produk yang di depan Moms masuk dalam daftar atau tidak. Jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan.

3. Jangan Terlalu Fokus pada Merek

Dengan berbelanja di supermarket, Moms akan melihat deretan produk dari berbagai merek, dari yang belum pernah didengar hingga merek terkenal.

Dalam membeli sesuatu, bijaklah dalam memilih suatu produk. Moms dapat memperhatikan kualitas barang daripada merek yang memproduksinya.

Produk dengan merek terkenal tidak selalu memiliki kualitas produk yang lebih baik dari produk perusahaan skala kecil.

Merek suatu produk juga tidak menjamin kecocokan saat menggunakan atau menggunakannya. Jika berbelanja produk bulanan seperti gula, beras, minyak goreng, Moms pasti tahu produk mana yang berkualitas baik meski tidak memiliki merek terkenal.

4. Batasi Pembelian Makanan Siap Saji

Ahli diet kardiologi preventif Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD mengungkap memang lebih menyenangkan membeli makanan siap saji karena kemudahannya.

Namun, Moms perlu membayar harga yang lebih tinggi untuk hal tersebut. Sehingga, tips belanja hemat untuk satu mingguan adalah tetap membuat masakan sendiri.

Baca Juga: 3 Tips Aman Belanja ke Supermarket Selama Pandemi

5. Gunakan Imajinasi dengan Kreasi Menu

Moms, pikirkan dengan imajinasi kreasi menu hingga tak ada makanan yang tersisa selama satu minggu.

Buatlah hidangan baru dengan sisa makanan untuk menghindari membuang makanan yang tidak terpakai. Jika kehabisan ide, jelajahi situs web untuk mencari resep dan cukup masukkan bahan sisa.

Dilansir dari eatright.org, perencanaan adalah kuncinya dalam tips belanja hemat satu mingguan.

Tinjau beberapa selebaran supermarket atau cari penawaran khusus mereka secara online. Moms akan menghemat uang paling banyak untuk penjualan daging.

Saat membuat menu, buatlah rencana untuk sisa makanan seperti membuat menu sandwich dengan porsi ekstra ayam atau daging panggang.

6. Amati dan Bandingkan

Cara ini sangat mirip dengan cara sebelumnya, yaitu dengan mengamati suatu produk dari merek tertentu dan membandingkannya dengan produk sejenis dari perusahaan yang berbeda.

Jika Moms menemukan sesuatu yang lebih murah, tidak ada salahnya untuk memasukkannya ke dalam keranjang belanja. Tentunya juga tetap memperhatikan kualitas produk.

Jika sudah menemukan barang yang dibutuhkan, segera pindahkan kaki ke kasir. Hal ini dapat mencegah godaan terhadap barang-barang yang telah dipajang dengan berbagai dekorasi yang menarik.

7. Gunakan Alternatif Makanan

Alih-alih daging mahal, cobalah kacang lentil, telur, selai kacang, tahu, dan ikan kaleng (salmon, tuna, atau daging kepiting).

Moms juga biasanya dapat menemukan harga yang baik pada biji-bijian termasuk gandum, beras merah dan barley. Ubi jalar dan putih adalah pilihan isian yang murah.

Dan, buah dan sayuran beku kaya nutrisi dan lebih murah daripada beberapa versi segar.

Baca Juga: 3 Tips untuk Menghemat Uang Belanja Bulanan, Yuk Disimak, Moms

8. Persiapkan Meal Prep

Moms, dengan mempersiapkan meal prep tentu akan lebih mudah. Mempersiapkan meal prep berarti Moms sudah tahu akan butuh apa saja untuk menu selama satu minggu.

Masukkan beberapa makanan yang membutuhkan persiapan cepat pada hari-hari Moms yang tidak ingin memasak.

Dan pertimbangkan seberapa baik hidangan akan memanas keesokan harinya.

9. Cek Tanda Terima

Bukan hal yang aneh jika barang yang dijual dengan diskon malah saat discan tetap hadir harga penuh atau secara tidak sengaja dipindai lebih dari sekali.

Periksa tanda terima sebelum meninggalkan toko untuk memastikan bahwa Moms tidak dikenakan biaya lebih dari yang dibeli dan bahwa semua diskon telah diterapkan dengan benar.

10. Buat Jadwal Belanja

Bila kebetulan jarak pasar dekat dengan rumah, Moms bisa belanja tiap 2 kali dalam seminggu.

Dengan mengatur jarak 3-4 hari sekali, belilah bahan masakan yang daya tahannya lama seperti wortel, kentang atau baby corn dan lauk seperi ayam atau daging.

Bahan masakan seperti ikan tidak bisa disimpan lama di kulkas karena ikan cepat kehilangan kesegaran, jadi harus segera diolah.

Belanja setiap hari adalah jadwal belanja yang tidak efisien.

karena misalnya hari ini sudah membeli ayam 1 kg, sayur sop, dan tempe/tahu untuk belanja besok berarti hanya belanja sayuran saja misalnya anda beli sayur bayam dan jagung.

Bisa dibayangkan kepasar hanya untuk membeli sayur bayam dan jagung, bahkan bisa anda jadi belanja barang yang tidak terlalu anda butuhkan. Belum lagi jika Moms masih ada balita kecil.

11. Belanja di Pasar Tradisional

Tips belanja hemat untu satu mingguan yang terakhir adalah belanja di pasar tradisional. Sudah jadi rahasia umum jika harga di pasar tradisional lebih murah ketimbang di swalayan.

Selain itu, pasar tradisional juga menawarkan banyak sekali produk segar. Jika Moms membali dalam jumlah banyak, tidak jarang juga pedagang yang memberikan potongan harga.

Moms juga bisa menawar harga yang ditawarkan. Meski kualitasnya bisa jadi tidak sebaik di swalayan yang memiliki tim quality control, tapi ini cukup menguntungkan bukan?

Itu dia beberapa tips belanja hemat untuk satu mingguan yang bisa Moms coba. Semoga bermanfaat!

  • https://www.permatabank.com/en/article/tips-hemat-belanja-yang-mudah-dilakukan
  • https://childhood101.com/frugal-shopping-tips/
  • https://snailpacetransformations.com/step-by-step-grocery-shopping-with-a-thrifty-person/
  • https://health.clevelandclinic.org/10-expert-tips-grocery-shopping-budget/
  • https://www.eatright.org/food/planning-and-prep/eat-right-on-a-budget/20-money-saving-grocery-shopping-tips
  • https://www.allrecipes.com/article/frugal-grocery-shopping-tips/
  • https://everydaythrifty.com/how-to-save-money-on-groceries/

Copyright © 2023 Orami. All rights reserved.