11 Maret 2024

5+ Rumus Penjumlahan Excel di Komputer dan HP, Mudah!

Perhatikan langkah-langkah pengerjaan setiap formula rumus
5+ Rumus Penjumlahan Excel di Komputer dan HP, Mudah!

Foto: Orami Photo Stock

Rumus penjumlahan Excel adalah salah satu formula yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Meski termasuk sebagai formula yang sering dipakai, banyak orang yang masih bingung untuk menggunakan ini.

Apakah Moms dan Dads termasuk orang yang masih bingung dengan rumus penjumlahan Excel?

Yuk, kenali cara mengaplikasikan rumus penjumlahan dalam Excel dengan jawaban yang keluar otomatis. Mudah, lho!

Baca Juga: Kenali Diskalkulia, Gangguan yang Membuat Sulit Belajar Matematika

Mengenal Lembar Kerja Excel

Excel (Orami Photo Stocks)
Foto: Excel (Orami Photo Stocks)

Microsoft Excel memungkinkan pengguna untuk memformat, mengatur, dan menghitung data dalam spreadsheet.

Dengan mengatur data menggunakan perangkat lunak seperti Excel, analisis data akan lebih praktis untuk melihat informasi yang dibutuhkan.

Excel berisi sejumlah besar kotak (disebut sel), yang disusun dalam baris dan kolom.

Tiga kegunaan yang paling umum untuk perangkat lunak spreadsheet adalah untuk:

  • Membuat anggaran
  • Menghasilkan grafik dan bagan
  • Menyortir data

Orang yang paling banyak menggunakan Excel untuk aktivitas sehari-hari, yakni adalah akuntan, bankir, dan ahli matematika.

Selain untuk menghitung rumus penjumlahan Excel, lembar kerja ini juga bisa digunakan untuk menghitung perkalian, pembagian, pengurangan, dan banyak lagi.

Baca Juga: Ini Rumus Luas Permukaan Limas, Lengkap dengan Contoh Soalnya!

Variasi Rumus Penjumlahan Excel

Rumus Penjumlahan Excel (Orami Photo Stocks)
Foto: Rumus Penjumlahan Excel (Orami Photo Stocks)

Ada banyak variasi rumus yang bisa digunakan untuk menyelesaikan penjumlahan Excel.

Berikut adalah beberapa alternatif rumus penjumlahan Excel yang bisa dicoba:

1. Formula Operator Plus (+)

Bicara soal penjumlahan dalam matematika, tentu tak akan jauh dari menggunakan simbol plus (+) sebagai formula.

Operator plus atau dikenal simbol tambah ini adalah alat hitung dasar dari rumus penjumlahan Excel.

Cara menggunakan rumus ini terbilang sederhana dan mudah, seperti alat hitung pada umumnya.

Misalnya, ketika ingin menjumlahkan angka 130, 170, 110, 90, 180, dan 190, akan ditulis dalam formula seperti berikut:

=C2+C3+C4+C5+C6+C7

Sel-sel tersebut berisi angka yang ingin ditotalkan untuk mencari hasil dari penjumlahan.

Setelah itu, tekan ENTER dan akan keluar hasil dari penjumlahan tersebut secara otomatis.

2. Formula Simbol Bagi (:)

Selain simbol plus, Excel menawarkan metode alternatif untuk penjumlahan dengan menggunakan rumus rentang.

Menggunakan simbol bagi (:) terbilang salah satu shortcut untuk rumus formula yang lebih sederhana.

Sebagai contoh, untuk menjumlahkan dua rentang sel, Moms bisa menggunakan rumus =SUM(A2:A4,C2:C3).

Dari formula tersebut, rentang sel A2:A4 dan C2:C3 adalah yang akan dijumlahkan.

Setelahnya, pengguna bisa menekan tombol ENTER untuk mendapatkan hasilnya secara otomatis.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Perlu Belajar Matematika, Ini 7+ Tips Menguasainya!

3. Fungsi SUMIF

Rumus penjumlahan Excel juga bisa dengan menggunakan fungsi SUMIF untuk beberapa kasus tertentu.

Penjumlahan dengan IF harus menyertakan simbol tanda kutip ganda ("...") apabila mencakup kriteria teks atau simbol logika matematika.

Sementara itu, penjumlahan untuk menghitung angka atau numerik saja tidak perlu menggunakan simbol tersebut.

Salah satu pengaplikasian rumus SUMIF, yakni =SUMIF(A2:A8;100).

Artinya, rumus dengan IF untuk menjumlahkan setiap sel yang bernilai 100 pada rentang A2:A8.

Sebagai alternatif, rumus ini juga dapat digunakan untuk menjumlahkan sel-sel dalam rentang A2:A8 yang nilainya lebih dari 100.

4. Penjumlahan ke Bawah

Wanita Bermain Laptop
Foto: Wanita Bermain Laptop (Neweggbusiness.com)

Selain fungsi SUM, terdapat metode penjumlahan ke bawah lain dalam Excel sebagai alternatif.

Menjumlahkan data Excel ke bawah artinya sel aktif yang dihitung berada di dalam kolom yang sama.

Misalnya, untuk menjumlahkan angka ke bawah dari sel A1 sampai A4 secara manual, bisa menggunakan rumus =A1+A2+A3+A4.

Setelahnya, tekan ENTER untuk mengetahui hasilnya, sesuai dengan angka yang dijumlahkan.

Baca Juga: Studio Alam TVRI, Wisata Alam Keluarga yang Cocok untuk Liburan

5. Formula AutoSUM Vertikal

Baik menggunakan Excel di HP atau komputer, ada variasi rumus lainnya yang bisa diikuti.

Fitur otomatis AutoSUM ini bertujuan untuk menjumlahkan data yang cukup banyak dalam satu waktu.

Misalnya, kumpulan angka acak pada sel aktif C1:C10.

Untuk menghitung jumlah angka tersebut sekaligus, fitur AutoSUM bisa digunakan seperti berikut:

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb