Home & Living

8 Juli 2021

10 Inspirasi Dapur Minimalis, Sederhana Tapi Tetap Kece

Ada banyak desain dapur minimalis yang bisa Moms lirik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Dapur minimalis menjadi ruangan terpenting dalam rumah yang patut diperhatikan.

Meski ruangan di dapur terbatas, kita harus bisa mengatur dan mendesainnya supaya bisa terlihat apik karena keterbatasan ruangan bukanlah hal yang menjadi penghalang saat mendesain.

Dapur menjadi salah satu bagian rumah yang paling penting karena dari sinilah makanan yang kita konsumsi berasal. Menjadi bagian rumah yang penting, dapur minimalis haruslah diperhatikan dari segi desainnya supaya nanti Moms bisa lebih nyaman untuk memasak.

Tips untuk Mendesain Dapur Minimalis

Dalam hal mendesain dapur minimalis, ada beberapa hal yang perlu Moms ketahui terlebih dahulu supaya nantinya hasil desain memuaskan, yaitu:

Baca Juga: 7 Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya, Moms Wajib Tahu!

1. Tentukan Tema

Tema Dapur Minimalis

Foto: pexels.com/Maria Orlova

Hal yang pertama adalah tentukan tema dapur minimalismu. Menentukan tema ini sangatlah penting karena tema akan menjadi pondasi dasar dari desain dapur minimalis.

Tema yang diambil bisa serupa dengan tema keseluruhan rumah. Misalkan saja jika rumahmu bergaya country, maka dapurnya bisa ala country. Tapi jika dapurnya bergaya ala vintage, maka dapurnya bisa ala vintage.

Jika tema dapur tak ingin sama dengan tema rumah juga tidak apa-apa. Asalkan temamu jelas, maka nanti desain dapur juga akan lebih mudah.

Untuk menentukan tema, Moms bisa mencari inspirasi melalui internet untuk melihat-lihat pinterest hingga instagram.

2. Pilih Perpaduan Warna yang Tepat

Meski sudah ada tema yang ditentukan, tapi tetap saja usahakan pilih perpaduan warna yang tepat.

Untuk dapur minimalis disarankan untuk tidak memilih banyak warna. Lebih baik warnanya yang senada. Dengan begitu ruangan akan terlihat lebih luas.

Perpaduan warna ini meliputi warna kabinet dapur, perlengkapan dapur, hingga peralatan memasak. Jika warnanya tidak dipilih dengan tepat, maka konsep tema yang sudah ditentukan bisa berantakan.

Misalkan saja, Moms memilih tema country yang kental dengan unsur kayu, maka pilihlah warna perpaduan warna cokelat, putih, dan satu warna lagi yang Moms suka seperti hijau toska.

Nantinya saat mencari perabotan hingga perlengkapan dapur, carilah salah satu dari ketiga warna tersebut.

Baca Juga: 5 Resep Mie Godog Jawa, Cocok Disantap saat Hari Sedang Hujan, Yuk Coba!

3. Tempatkan Kabinet Hingga Menyatu dengan Langit-langit

Kabinet Menyentuh Langit-langit

Foto: contemporist.com

Salah satu kunci utama untuk membuat dapur minimalis terlihat lebih luas adalah dengan menempatkan kabinet hingga menyatu pada langit-langit.

Kabinet atau kitchen set adalah salah hal penting yang perlu Moms perhatikan saat akan mendesain dapur minimalis. Pasalnya, kabinet adalah perabotan dapur yang memakan tempat paling banyak.

Kabinet berfungsi sebagai rak penyimpanan utama supaya kita bisa mengorganisir berbagai alat dapur serta peralatan makan keluarga dengan rapi. Semakin besar kabinet, maka semakin besar ruang penyimpanan.

Meski demikian, usahakan ukuran kabinet tidak terlalu besar karena Moms memiliki dapur minimalis. Untuk mengatasinya, buat kabinet atas memanjang ke atas hingga menyentuh langit-langit. Dengan begitu, kapasitas kabinet jadi lebih luas.

4. Manfaatkan Ruang Penyimpanan Serbaguna

Jika sudah ada kabinet, maka manfaatkanlah sebagai ruang penyimpanan serbaguna dengan baik. Dengan begitu, perabotan dan peralatan dapur bisa muat masuk ke dalam kabinet.

Dalam kabinet, buatlah rak-rak untuk menyimpan piring dan gelas. Tambahkan juga gantungan tambahan di dalam rak penyimpanan untuk menggantung panci serta wajan.

Untuk dapur minimalis, usahakan sebisa mungkin semua peralatan dapur masuk ke dalam kabinet atau ruang penyimpanan serbaguna sehingga tidak terlihat berantakan.

Baca Juga: Akupresur, Teknik Pijat yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

5. Pilih Perabotan yang Ramping atau Tidak Besar

Perabotan Dapur Minimalis

Foto: pexels.com/Charlotte May

Dapur Moms minimalis? Maka usahakan untuk memilih perabotan yang tidak terlalu besar. Misalkan saja pilih panci atau wajan yang cukup untuk memasak 2-4 orang.

Hal ini dikarenakan, jika perabotan terlalu besar, maka ruang penyimpanan akan menjadi lebih sempit. Moms jadi butuh ruang ekstra untuk penyimpanan. Jadi selalu pilihlah perabotan yang tidak terlalu besar.

6. Gunakan Dinding Sebagai Penyimpanan

Jika panci dan wajan tidak muat masuk ke dalam ruang penyimpanan, Moms bisa menggunakan dinding sebagai tempat penyimpanan dengan memasang rel atau kaitan di dinding.

Kuncinya jika menggunakan dinding sebagai penyimpanan, usahakan peralatan memasak tetap dalam keadaan bersih sehingga bagus dilihat.

Lebih bagus lagi kalau peralatan memasak seperti panci dan wajan sengaja Moms beli dengan warna yang seragam sehingga terlihat lebih bagus lagi. Panci dan wajan yang seragam warnanya ini juga bisa menjadi penghias alias aksesoris dapur yang menambah apik tampila dapur minimalis.

Baca Juga: Rekomendasi Keramik Lantai untuk Ruang Tamu dan Dapur, Catat!

7. Hindari Mengoleksi Banyak Peralatan Dapur

Peralatan Dapur Minimalis yang Penuh

Foto: pexels.com/Charlotte May

Pernah tidak Moms tergoda untuk membeli peralatan dapur yang cantik dan terlihat lucu? Mulai sekarang, cobalah untuk mengerem kebiasaan tersebut.

Memiliki dapur minimalis membuat kita harus mengindari untuk mengoleksi peralatan dapur yang banyak. Hal ini dikarenakan tidak adanya ruang penyimpanan yang cukup.

Jadi belilah peralatan dapur seperlunya sehingga tidak menumpuk di dapur dan berakhir pada barang yang tidak berguna atau tidak pernah digunakan.

Jika ingin membeli peralatan dapur, belilah yang multifungsi sehingga bisa digunakan untuk bermacam keperluan.

8. Penempatan Cahaya Harus Tepat

Salah satu kunci supaya tampilan dapur minimalis terlihat lebih luas adalah dengan menempatkan pencahayaan yang tepat.

Dapur dengan jendela besar menghadap keluar akan memiliki pencahayaan yang bagus. Letakkan wastafel atau kompor tepat di bawah jendela supaya bisa mendapatkan pencahayaan yang tepat.

Jika dapur tidak ada jendela, maka pasanglah beberapa lampu sebagai pencahayaan. Lampu dapur tidak hanya satu dan tidak hanya berada di langit-langit atap saja.

Tambahkan lampu tepat di atas kompor dan juga di atas wastafel sehingga pencahayaan menjadi lebih tepat.

Baca Juga: 5 Inspirasi Tren Dapur di 2019, Siap Renovasi!

9. Beri Sentuhan Dekorasi

Dekorasi Dapur Minimalis

Foto: pexels.com/Taryn Elliott

Dapur minimalis akan terlihat lebih cantik jika diberi sentuhan dekorasi. Pilihan dekorasi yang tepat untuk semua jenis tema dapur minimalis adalah tanaman hijau dan bunga.

Dengan menambahkan tanaman hijau dan bunga di dalam dapur, maka tampilannya akan semakin lebih asri dan menarik. Tak perlu menggunakan tanaman hijau dan bunga asli, Moms bisa memilih yang artificial alias tiruan atau plastik.

Untuk wadah potnya, barulah Moms memilih yang sesuai dengan tema dapur minimalis. Selain tanaman hijau dan bunga, Moms juga bisa mendekorasi dapur dengan menggunakan perabotan dapur yang terlihat unik.

Tapi ingat ya Moms, jangan terlalu berlebihan ketika memberikan dekorasi di dapur minimalis. Cukup tambahkan dua hingga tiga dekorasi saja untuk menambah cantik ruangan dapur.

10. Dapur Minimalis Tanpa Pintu

Salah satu trik untuk membuat dapur minimalis menjadi lebih luas adalah dengan tidak adanya pintu menuju dapur. Memberikan sekat melalui pintu akan membuat ruangan dapur terasa lebih sempit.

Dengan dapur tanpa pintu atau sekat, selain membuat ruangan jadi lebih lega, sirkulasi udara dari dapur juga menjadi lebih baik dan lebih segar.

Jika Moms agak terganggu dengan dapur minimalis tanpa pintu, pasanglah tirai pendek sebagai penyekat. Usahakan tirai yang dipasang panjangnya kurang dari satu meter saja.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Dapur

Ide Desain Dapur Minimalis yang Bisa Moms Pilih

Jika sudah memahami apa saja yang perlu diperhatikan saat mendesain dapur minimalis, sekarang saatnya Moms mengetahui ide desain inspirasi dapur minimalis.

1. Minimalis Serba Putih

Dapur Minimalis Serba Putih

Foto: intwohomes.co.uk

Inspirasi dapur minimalis yang pertama ini bertema serba putih. Warna putih menjadi warna netral yang bisa membuat ruangan dapur menjadi lebih luas.

Selain itu, warna putih juga membuat pencahayaan di dapur menjadi lebih baik.

Moms bisa mulai dengan menggunakan kicthen set berwarna dasar putih dengan sentuhan warna cokelat kayu agar tidak monoton. Untuk dinding dapurnya, gunakan tipe keramik tile subway yang bisa membuat nuansa dapur jadi lebih keren.

Untuk lantainya bisa menggunakan parkit kayu supaya nuansa hangat akan terasa di dapur. Jika tak ingin kicthen set atas, gunakan rak kayu dengan warna putih sebagai tempat penyimpanan peralatan makan sehingga mudah dijangkau.

Jangan lupa untuk menambahkan 2-3 tanaman hijau dalam ruangan sehingga tampak lebih asri.

Baca Juga: 5 Tips Menata Dapur Kecil agar Terlihat Luas

2. Minimalis Ala Country

Dapur Minimalis Country

Foto: pexels.com Charlotte May

Dapur minimalis ala country bisa menjadi pilihan desain dapur Moms kali ini. Tema ala country ini juga sangat lekat dengan unsur natural sehingga Moms bisa lebih mudah mengaplikasikannya.

Gunakan batu bata ekspos pada dinding dapur. Jika tidak mau merombak dapur, Moms bisa menggunakan wallpaper bermotif batu bata.

Untuk warna-warna yang digunakan adalah warna cokelat, krem, putih, dan hitam. Warna-warna tersebut bisa diaplikasikan pada perabotan dapur. Sebagai pemanisnya, letakkan tanaman gantung atau pot tanaman hijau di sudut ruangan.

3. Minimalis Nuansa Rustic

Dapur Minimalis Rustic

Foto: instagram.com/marta_wojtysiak

Dapur minimalis dengan nuansa rustic ini sebenarnya agak mirip dengan tema serba putih karena menggunakan dua warna utama yakni putih dan cokelat kayu.

Perbedaannya adalah warna cokelat kayu pada desain dapur minimalis nuansa rustic ini lebih banyak dan dominan. Moms bisa melihatnya dari penggunaan rak kayu, meja, hingga peralatan dapur yang sengaja dipilih serba kayu.

Supaya tampilan dapur minimalis bergaya rustic ini jadi lebih cantik, pilihlah hiasan bunga kering atau bunga-bunga dengan warna tanah sehingga nuansanya masih sama.

Baca Juga: 3 Manfaat Tanaman Porang dan Cara Menanamnya, Bisa untuk Diet Lho!

4. Minimalis Kuning

Dapur Minimalis Kuning

Foto: instagram.com/dapur_diaries

Buat penyuka warna kuning pastinya suka banget dengan desain dapur minimalis yang satu ini. Warna kuning memiliki tampilan yang sangat cerah sehingga bisa membuat nuansa dapur menjadi lebih menyenangkan.

Supaya warnanya tidak terlalu mencolok, padukan warna kuning ini dengan putih. Moms bisa mendesain dapur dengan menggunakan kicthen set berwarna kuning dan putih.

Lalu pilih peralatan dapur dengan warna senada sehingga tampilannya jadi lebih cantik. Selain warna putih, padukan dengan warna hitam juga boleh.

5. Minimalis Pink

Dapur Minimalis Pink

Foto: instagram.com/dapur_diaries

Dapur minimalis pink juga banyak yang memiliki tema pink atau merah muda. Warna merah muda ini disukai karena terlihat cantik dan kalem.

Supaya warnanya tidak terlalu mencolok, gunakan warna shabby pink dan padukan dengan warna putih sehingga hasilnya akan terlihat lebih elegan.

Moms bisa memadukan dua warna ini dalam kicthen set serta perabotan dapur seperti kompor, teko, magic com, rak bumbu, dan lain sebagainya.

Dapur minimalis bertema merah muda ini akan terlihat lebih cantik jika ditambahkan hiasan bunga dengan warna yang senada.

Baca Juga: Mengenal Kembang Turi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

6. Minimalis Modern

Dapur Minimalis Modern

Foto: instagram.com/dapur_diaries

Desain dapur minimalis modern ini terlihat sangat simpel tapi tetap ada kesan elegan di dalamnya. Desain ini sebenarnya kebanyakan disukai oleh laki-laki, tapi Moms juga bisa menggunakannya.

Desain modern ini sangatlah simpel karena menggunakan perpaduan bahan kayu dan marmer sebagai dasar desainnya. Marmer bisa digunakan sebagai meja kicthen set dan juga meja makan, sementara untuk kitchen setnya sendiri bisa menggunakan warna hitam maupun cokelat kayu.

Tambahkan satu hingga dua tanaman hijau dan juga pajangan dinding untuk mempermanis suasana dapur.

7. Minimalis Nuansa Kayu

Dapur Minimalis Nuansa Kayu

Foto: instagram.com/rumah fefe

Dapur minimalis dengan nuansa kayu juga bisa menjadi pilihan inspirasi desain untuk dapur Moms. Dapur dengan nuansa kayu ini memiliki tampilan dan suasana yang hangat.

Untuk mendesainnya juga cukup mudah karena Moms hanya perlu menggunakan warna-warna kayu saja. Aplikasikan bahan kayu pada berbagai macam perabotan yang ada di dapur. Mulai dari kitchen set, rak, hingga perlengkapan makan.

Supaya tidak monoton warna kayu semua, Moms bisa menambahkan warna hitam atau putih ke dalam desain nuansa kayu ini. Jangan lupa juga untuk memberikan dekorasi tanaman hijau di beberapa sudutnya.

Baca Juga: 15 Aplikasi Desain Rumah, Yuk Mulai Rancang Rumah Idaman!

8. Minimalis Tema Pastel

Dapur Minimalis Tema Pastel

Foto: instagram.com/___duundich__)

Moms punya anak perempuan di rumah? Pastinya anak Moms akan suka mampir ke dapur karena tampilan dapur minimalis bertema pastel ini terlihat sangat girly sekali.

Pemilihan warna utama dalam desain dapur minimalis ini adalah merah muda dan putih. Moms bisa mengaplikasikannya dalam warna kompor, lemari dapur, hingga rak bumbu.

Selain itu akan ada tambahan warna lain seperti toska, kuning, hijau, dan lain sebagainya tapi sifatnya tidak dominan. Ini bisa Moms gunakan pada dekorasi dapur.

Supaya tampilan dapur minimalis bertema pastel ini akan lebih cantik lagi, tambahkan beberapa tanaman hijau di dalam dapur.

9. Minimalis Tema Industrial

Dapur Minimalis Tema Industrial

Foto: instagram.com/thamas.huis

Dapur minimalis bertema industrial juga banyak digandrungi para pasangan muda yang baru menikah. Desain dapur bertema industrial ini sangat simpel dan tidak banyak dekorasi di dalamnya.

Dapur dengan tema industrial memiliki pilihan warna abu-abu, hitam, putih, dan cokelat. Warna abu-abu yang menjadi paling dominan, sementara ketiga warna lainnya hanya sebagai pelengkap saja.

Untuk desainnya, Moms bisa menggunakan warna abu-abu sebagai warna pada kitchen set. Untuk meja kicthen set, gunakan warna cokelat kayu atau bisa juga marmer hitam.

Warna abu-abu juga diterapkan pada dinding dapur. Sementara untuk warna hitam bisa Moms aplikasikan pada peralatan memasak seperti kompor, panci, pisau, hingga kitchen tools lainnya.

Biasanya untuk desain bertema industrial, Moms tidak perlu menggunakan tanaman hijau untuk mempercantik tanaman, tapi sebagai gantinya, gunakan pencahayaan dengan lampu yang cukup terang.

Baca Juga: Yuk Dekorasi Kamar Tidur dengan 4 Pilihan Desain Terbaik 2019 Ini!

10. Minimalis Ala Vintage

Dapur Minimalis Vintage

Foto: smart-trik.blogspot.com

Inspirasi desain dapur minimalis yang terakhir adalah ala vintage. Bagi penyuka vintage pastinya suka dengan desain dapur seperti ini. Moms bisa membuat kicthen set dengan warna telur asin dengan bagian atas meja yang dilapisi marmer.

Untuk kompornya, cobalah untuk berburu kompor tungku sehingga terlihat jadul. Untuk desain dapur minimalis ala vintage ini pastinya Moms harus hunting perabotan vintage untuk mendukung tampilan dapur yang indah.

Meski agak susah sedikit, tapi perabotan vintage ini bisa menjadi dekorasi di dalam dapur sehingga sifatnya menjadi multifungsi karena tidak dipakai bisa menjadi dekorasi yang unik.

Sekarang Moms sudah tahu kan hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan mendesain dapur minimalis serta inspirasi desainnya. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Moms ya!

  • https://itechgo.nafhastyle.com/50-beautiful-shabby-chic-kitchens-design-decor/5/
  • https://www.ruparupa.com/blog/desain-dapur-minimalis-3x3/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/24800/desain-dapur-kecil-ala-chef
  • https://www.rumah.com/berita-properti/2016/5/125418/7-trik-mendesain-dapur-minimalis
  • http://smart-trik.blogspot.com/1978/11/vintage-kitchen-idea.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait