Fashion & Beauty

23 Maret 2021

7 Rekomendasi Face Wash untuk Semua Jenis Kulit, Ampuh Bersihkan Wajah

Face wash penting untuk membersihkan kulit secara menyeluruh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, tahapan skincare yang paling utama dan penting untuk dilakukan adalah face wash.

Setiap harinya, aktivitas yang padat akan rentan membuat kulit menghadapi banyak masalah. Misalnya saja, makeup, keringat, dan kotoran yang menempel di kulit.

Untuk itu, membersihkan wajah dengan produk face wash yang tepat akan membantu menghilangkan semua sisa kotoran, minyak berlebih, sel-sel kulit mati yang tidak diinginkan.

Membersihkan wajah, atau cuci muka menjadi langkah skincare yang akan membuka jalan untuk tahapan skincare selanjutnya.

American Academy of Dermatology Association (AAD) sudah merekomendasikan untuk mencuci muka dua kali sehari, setiap pagi dan malam hari. Utamakan ketika Moms sehabis beraktivitas padat atau mengeluarkan banyak keringat.

Rekomendasi Face Wash untuk Semua Jenis Kulit

Masih menurut AAD, terlepas dari jenis kulit kita yang berbeda, penting untuk memilih face wash yang lembut dan tidak mengandung alkohol.

Tujuannya untuk menjaga kesehatan kulit wajah secara menyeluruh. Nah, ini rekomendasi face wash yang bisa jadi pilihan Moms!

1. Hale Honey, I Dew!

Hale Honey, I Dew!.jpg

Foto: hale.id

Rekomendasi face wash yang pertama, yaitu Hale Honey I Dew! dan cocok untuk semua jenis kulit. Produk ini juga bisa digunakan oleh laki-laki dan perempuan, dari berbagai usia.

Face wash ini menggunakan bahan pembersih biodegradable yang tidak akan membuat kulit menjadi kering.

Fungsi utama dari produk ini, yaitu membersihkan kulit dari sisa minyak, kotoran, dan makeup secara efektif tanpa membuat kulit kering. Produk ini juga mengandung pH yang rendah, yaitu 5.0-6.0 sehingga baik untuk melindungi kulit.

Tidak hanya itu saja, produk ini juga mengandung bahan antibakteri dan antijamur yang menenangkan, karena menjadikan madu dan glycerin sebagai kandungan utamanya. Jika Moms memiliki kulit sensitif, tidak perlu khawatir, ya.

Face wash ini juga cocok digunakan untuk kulit sensitif, karena bebas pewangi, tidak mengandung alkohol dan paraben, serta bebas dari essential oil. Jadi, produk ini cocok untuk pembersih wajah Moms dan bisa dipakai keluarga di rumah.

Baca Juga: Review Bio-Oil Dry Skin Gel, Bisa Mengatasi Kulit Kering!

2. Sukin Rosehip Nourishing Cream Cleanser

Sukin Rosehip Nourishing Cream Cleanser.jpg

Foto: sukinnaturals.com

Pilihan face wash berikutnya yang bisa Moms coba, yaitu Sukin Rosehip Nourishing Cream Cleanser.

Teksturnya yang lembut berbentuk cream tidak akan membuat kulit menjadi iritasi atau alergi.

Face wash ini dapat digunakan untuk kulit normal hingga cenderung kering. Manfaat yang bisa didapatkan, yaitu membersihkan kulit dari debu dan minyak berlebih secara lembut tanpa membuat kulit kehilangan sebum alami.

Produk ini juga memberikan kelembapan alami pada kulit dan menutrisi secara mendalam. Selain itu, bahan-bahan natural di dalamnya akan menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Kandungan utama dalam produk ini, yaitu rosehip, evening primrose oil, shea butter, dan borage oil.

Rosehip sudah terkenal dengan manfaatnya dalam melembapkan kulit, memperlambat penuaan wajah, membantu mencerahkan kulit, dan mengurangi penyumbatan pori-pori.

Begitu juga dengan kandungan shea butter yang sangat baik untuk kulit kering, bersifat antiinflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, shea butter juga dapat menjaga elastisitas kulit dengan baik.

Jika Moms memilih face wash yang mengutamakan kelembapan dan kelembutan kulit, maka produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: Mikrodermabrasi untuk Atasi Kulit Kusam, Apakah Efektif?

3. Ariul Smooth & Pure Cleansing Foam

Ariul Smooth & Pure Cleansing Foam.jpg

Foto: instagram.com/ariul_id

Rekomendasi face wash berikutnya, yaitu Ariul Smooth & Pure Cleansing Foam. Produk ini memiliki busa yang lembut dan mampu membersihkan kotoran dan partikel debu terkecil.

Hasilnya, pemakaian rutin akan membersihkan pori-pori wajah secara menyeluruh dan menjaga kulit tetap lembut serta sehat.

Face wash ini juga dilengkapi dengan formulasi “Purefull Complex” yang terdiri dari Sansevieria, Rosemary, Black Pine Leaf, dan Oxygenated Water untuk memberikan aroma terapi yang segar dan menenangkan.

Ketika memakai face wash, hindari menggosok kulit terlalu keras. Begitu juga saat membilas wajah, usahakan juga Moms menggunakan air mengalir dan keringkan dengan handuk yang lembut.

Setelahnya, Moms bisa langsung memakai pelembap wajah sehingga produknya dapat meresap dengan jauh lebih baik. Untuk itu, face wash ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk digunakan sehari-hari.

4. Sebamed Clear Face Cleansing Bar

Sebamed Clear Face Cleansing Bar.jpg

Foto: sebamedindonesia.com

Pilihan face wash selanjutnya, yaitu Sebamed Clear Face Cleansing Bar yang berbentuk sabun batang.

Sabun cuci muka ini sudah terbukti secara klinis sangat bermanfaat untuk pemilik kulit yang berminyak dan komedo.

Meski demikian, pemilik wajah kering juga dapat menggunakan face wash ini karena dapat melembapkan kulit. Produk ini memiliki bahan-bahan utama, yaitu protein, vitamin E, dan inulin.

Selain itu, formulasinya yang bebas sabun dan alkali terbukti secara dermatologi mampu mengurangi jerawat dan komedo.

Selain itu, pilihan face wash ini juga mampu melawan radikal bebas dengan vitamin E.

Sabun cuci muka ini juga memiliki tooleransi baik pada kulit dengan pH 5,5. Tidak hanya itu saja, ada juga kandungan squalane dalam face wash ini untuk mempertahankan keseimbangan kelembapan kulit.

Produk ini tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman untuk penggunaan sehari-hari.

5. Cetaphil Daily Exfoliating Cleanser

Cetaphil Daily Exfoliating Cleanser.jpg

Foto: orami.co.id

Rekomendasi face wash untuk semua jenis kulit berikutnya, yaitu Cetaphil Daily Exfoliating Cleanser.

Baik Moms yang memiliki kulit normal, kering, dan berminyak dapat menggunakan sabun cuci muka ini. Apa saja kelebihan dari produk ini?

Beberapa kandungan di dalamnya yang baik untuk kulit, yaitu aloe vera, vitamin B5, dan vitamin E.

Tujuannya untuk memberikan nutrisi pada kulit agar terjaga kelembapannya. Produk ini juga diformulasikan dengan pH seimbang sehingga aman untuk penggunaan sehari-hari.

Produk ini mengeksfoliasi kulit secara lembut agar lebih bersih, halus, dan tampak bercahaya. Face wash ini juga akan membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup pada kulit wajah.

Face wash ini sudah terbukti secara dermatologi aman digunakan untuk kulit sensitif. Produk ini memiliki formula hypoallergenic yang lembut dan efektif untuk membersihkan kulit secara mendalam.

Cetaphil Daily Exfoliating Cleanser aman digunakan untuk perawatan kulit sehari-hari, serta bisa digunakan juga untuk orang dewasa dan remaja.

Baca Juga: Hindari Penuaan Dini, Lakukan 4 Tips Kecantikan Ini

6. Lacoco Ultimate Golden Swallow Facial Foam

Lacoco Ultimate Golden Swallow Facial Foam.jpg

Foto: lacoco.id

Ingin wajah lembap dan cerah secara alami? Nah, Moms bisa memilih produk ini. Pilihan face wash berikutnya yang wajib dicoba, yaitu Lacoco Ultimate Golden Swallow Facial Foam.

Produk ini akan membersihkan wajah Moms tanpa menghilangkan kelembapan kulit.

Produk ini akan membersihkan wajah dari sisa debu, kotoran, polusi, dan makeup yang masih menempel.

Teksturnya yang lembut akan membersihkan wajah secara maksimal tanpa membuat kulit terasa kering dan kesat.

Terdapat kandungan sarang burung walet yang juga akan meningkatkan elastisitas dan mencerahkan kulit.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan biosulfur sebagai antibakteri sehingga mencegah timbulnya jerawat.

Face wash ini juga mengandung spirulina dan lidah buaya (aloe vera) yang memberikan manfaat maksimal untuk kulit Moms.

Kandungan lidah buaya di dalamnya akan menjaga kelembapan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Kandungan spirulina memiliki fungsi melembapkan kulit, mengontrol produksi sebum di wajah, dan bersifat anti aging sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Jadi, bisa disimpulkan kalau face wash satu ini memiliki manfaat yang optimal untuk wajah, ya!

7. Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser.jpg

Foto: avoskinbeauty.com

Rekomendasi face wash berikutnya, yaitu Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser.

Produk ini aman digunakan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif karena tidak mengandung alkohol, paraben, pewangi, silikon, serta bebas dari animal testing.

Fakta menarik lainnya dari kemasan face wash ini, yaitu berasal dari tebu yang merupakan limbah industri gula untuk dijadikan eco-friendly plastic yang sustainable.

Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser dapat membantu memaksimalkan proses pembersihan kulit tanpa meninggalkan efek kulit kering seperti tertarik atau terasa kesat.

Face wash ini juga memiliki komposisi complex yang bertujuan untuk membunuh bakteri di kulit wajah Moms.

Selain itu, produk ini juga membantu mencegah dan membunuh bakteri penyebab maskne, alias jerawat yang ditimbulkan karena penggunaan masker.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Niacinamide, Bahan Skincare untuk Atasi Eksim dan Jerawat

Itulah rekomendasi face wash yang bisa jadi pilihan Moms. Tertarik untuk mencoba yang mana terlebih dulu?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait