Fashion & Beauty

16 Maret 2021

8 Rekomendasi Face Wash untuk Kulit Berminyak

Bisa bersihkan kulit dari kotoran dan bakteri yang menyumbat pori-pori
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi Moms yang memiliki kulit berminyak, tentunya dapat menjadi tantangan tersendiri. Skincare, termasuk face wash untuk kulit berminyak tidak boleh sembarang dipilih.

Sebab, pemilik kulit berminyak mungkin akan mendapatkan beberapa masalah kulit, seperti pori-pori wajah terlihat membesar, mudah muncul komedo dan jerawat, serta wajah mudah terlihat kusam.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, kita perlu mencuci muka dua kali sehari, yakni pada pagi hari dan di malam hari. Moms juga harus segera mencuci muka sehabis berkeringat, seperti setelah berolahraga atau sehabis memakai helm.

Memilih face wash untuk kulit berminyak sangat diharuskan untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari jerawat. Berikut ini rekomendasi pilihannya, ya!

Baca Juga: Ketahui Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Mencegahnya

Rekomendasi Face Wash untuk Kulit Berminyak

Cara paling utama dan sederhana untuk menjaga kulit berminyak, yaitu menggunakan face wash untuk kulit berminyak secara teratur.

Gunakan sabun cuci muka yang bertekstur lembut, seperti krim, gel, atau lotion. Ini beberapa pilihan rekomendasinya:

1. Neutrogena Oil-Free Acne Wash

Neutrogena Oil-Free Acne Wash.jpg

Foto: neutrogena.com

Rekomendasi face wash untuk kulit berminyak yang pertama, yaitu Neutrogena Oil-Free Acne Wash.

Produk ini mampu membersihkan dan merawat kulit yang berjerawat secara efektif. Formula di dalamnya membantu mengurangi produksi sebum berlebih di kulit.

Selain itu, face wash untuk kulit berminyak ini akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan lembut tanpa membuat kulit terlalu kering.

Terdapat kandungan bahan aktif salicyic acid sebanyak 2% yang memang ditujukan untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat.

Moms tidak perlu khawatir, karena face wash ini bebas residu, bebas minyak, dan bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Untuk itu,produk ini dapat menjadi pilihan tepat untuk skincare sehari-hari.

2. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Cetaphil Oily Skin Cleanser.jpg

Foto: orami.co.id

Pilihan face wash untuk kulit berminyak berikutnya, yaitu Cetaphil Oily Skin Cleanser.

Produk ini secara efektif mampu membersihkan produksi sebum berlebih di wajah, kotoran, dan sisa-sisa makeup yang masih menempel di permukaan kulit.

Face wash ini memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak akan membuat wajah menjadi kering.

Cocok untuk jenis kulit berminyak atau berjerawat. Selain itu, face wash untuk kulit berminyak ini mudah dibilas dan tidak meninggalkan kesan wajah yang kesat.

Cetaphil Oily Skin Cleanser juga dikenal dengan bahan-bahannya yang natural sehingga tidak akan membuat kulit menjadi iritasi setelah dibilas.

Nah, bagi Moms pemilik kulit berminyak, cara paling penting untuk merawat kulit tetap sehat adalah mencuci muka sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari.

Baca Juga: Kenapa Tidak Boleh Langsung Cuci Muka Setelah Panas-panasan?

3. Bhumi Calendula Oil Control Cleanser

Bhumi Calendula Oil Control Cleanser .jpg

Foto: bhumi.co.id

Rekomendasi face wash untuk kulit berminyak berikutnya, yaitu Bhumi Calendula Oil Control Cleanser.

Tekstur pembersih wajah ini berbentuk gel, sehingga mampu membersihkan wajah dari kotoran dan tetap terasa lembut.

Produk ini juga membantu menghilangkan produksi minyak berlebih pada wajah dan membersihkan pori-pori, serta menjaga wajah tetap terasa segar.

Ada empat kandungan utama dalam face wash untuk kulit berminyak ini, yaitu salicylic acid, zinc, tea tree oil, dan calendula.

Salicyic acid berfungsi untuk mengontrol produksi sebum berlebih di wajah, melawan bakteri penyebab jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit

Zinc berfungsi sebagai pelembap alami yang meningkatkan elastisitas kulit dan menjaganya tetap sehat.

Kandungan tea tree oil berfungsi sebagai antibakteri yang menjaga dan menenangkan kulit.

Ditambah lagi dengan kandungan calendula oil untuk membantu mengurangi peradangan di kulit dan meningkatkan kelembapan serta kekencangan kulit.

Ya, meskipun Moms memiliki kulit berminyak, harus tetap terjaga kelembapannya, ya!

Ditambah lagi, produk ini mengutamakan bahan-bahan natural sehingga aman untuk dipakai oleh kulit sensitif sekali pun. Jadi, bisa dibilang bahwa produk ini bisa menjadi pilihan terbaik face wash untuk kulit berminyak.

4. Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin

Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin.jpg

Foto: elsheskin.com

Bagi pemilik kulit berminyak dan mudah berjerawat (acne prone) perlu memilih face wash yang tepat agar tidak mudah muncul jerawat. Selain itu, wajah juga perlu dieksfoliasi paling tidak 1-2 kali dalam seminggu.

Nah, Moms bisa memilih face wash yang juga mampu mengeksfoliasi kulit. Pilihan face wash untuk kulit berminyak berikutnya, yaitu Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin.

Produk ini bekerja secara lembut untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran, produksi minyak berlebih, dan sisa makeup yang masih menempel. Lantas, apa saja kelebihan dari produk ini untuk kulit berminyak?

Seperti namanya, Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin memang ditujukan untuk pemilik kulit berminyak, sensitif atau non sensitif, dan mudah berjerawat.

Produk ini akan tetap menjaga kelembapan alami dan terdapat bahan aktif AHA yang membantu mengeksfoliasi kulit sehingga menjadikan kulit lebih lembut.

Terdapat kandungan saponaria officinalis leaf extract sebagai bahan antibakteri dan mencegah terjadinya breakout.

Selain itu, terdapat juga kandungan aloe vera yang dapat merangsang proses regenerasi sel dan mengurangi peradangan di kulit. Produk ini dapat menjadi pilihan face wash untuk kulit berminyak yang tepat, ya, Moms.

Baca Juga: 7 Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

5. CeraVe Foaming Facial Cleanser

CeraVe Foaming Facial Cleanser.jpg

Foto: cerave.com

Pilihan rekomendasi face wash untuk kulit berminyak berikutnya, yaitu CeraVe Foaming Facial Cleanser.

Tekstur face wash ini berbentuk gel dan ditujukan untuk kulit normal hingga berminyak.

Face wash ini mampu mengontrol minyak berlebih, menghapus sisa kotoran dan makeup yang menempel di wajah, serta tetap menjaga kulit tetap lembut.

Produk ini juga menjadi pelindung alami kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit.

Terdapat kandungan ceramide, hyaluronic acid, dan niacinamide untuk membantu memulihkan pelindung kulit, menjaga hidrasi kulit, dan menenangkan kulit.

Moms tidak perlu khawatir karena pembersih wajah ini tidak akan menyebabkan iritasi dan tidak membuat wajah terasa kencang atau kering. Face wash ini akan menyegarkan kulit tanpa menyebabkan pengelupasan kulit.

6. Benton Honest Cleansing Foam

Benton Honest Cleansing Foam).png

Foto: bentoncosmetics.com

Rekomendasi face wash untuk kulit berminyak berikutnya berbentuk krim, teksturnya lembut, dan bersifat hypoallergenic sehingga aman untuk kulit dan tidak akan menyebabkan iritasi.

Benton Honest Cleansing Foam wajib menjadi pilihan saat Moms mencari face wash untuk kulit berminyak.

Produk ini terbuat dari bahan-bahan dan surfaktan berbasis alami yang berasal dari minyak sawit, gunanya untuk membersihkan kulit yang terasa lelah yang disebabkan oleh faktor stres dan polusi.

Terdapat kandungan camellia oil di dalamnya sehingga akan membantu membersihkan kulit dan tetap menjaga kelembapannya secara mendalam.

Produk ini juga akan menjaga keseimbangan pH alami kulit sehingga mencegah terjadinya dehidrasi kulit.

Face wash satu ini tidak hanya membersihkan wajah secara keseluruhan, namun juga menjaga kelembapan kulit dan meminimalkan kekencangan kulit secara menyeluruh.

Bagi Moms pemilik kulit berminyak dan kombinasi, face wash ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Menghilangkan Komedo Mengganggu di Wajah

7. Sensatia Botanicals Lemon Meringue Cream Cleanser

Sensatia Botanicals Lemon Meringue Cream Cleanser.png

Foto: sensatia.com

Pilihan face wash untuk kulit berminyak berikutnya, yaitu Sensatia Botanicals Lemon Meringue Cream Cleanser.

Teksturnya yang lembut dan ditambah dengan wangi citrus yang segar membuat produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Face wash ini mampu membersihkan wajah dari kotoran, makeup, dan produksi sebum berlebih di permukaan wajah.

Produk ini memiliki kandungan shea butter yang membantu melindungi kulit dari stres dan melembapkan secara alami.

Selain itu, terdapat juga kandungan dengan ekstrak kakadu plum organik dan lemon yang kaya akan antioksidan.

Hasilnya, kulit tidak hanya lembap, halus, dan sehat, tapi juga segar dan bercahaya. Gunakan face wash untuk kulit berminyak ini sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker untuk Kulit Berminyak

8. COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser.jpg

Foto: cosrx.com

Rekomendasi face wash untuk kulit berminyak berikutnya, yaitu COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser.

Seperti namanya, bahan aktif dari face wash berbentuk creamy ini adalah salicyic acid yang baik untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat.

Moms tidak perlu khawatir karena face wash ini menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif. Produk ini bebas dari kandungan paraben dan sodium lauryl sulfate (SLS).

Produk ini juga mengandung tea tree oil yang berfungsi untuk menenangkan jerawat yang meradang, bersifat antiinflamasi, antibakteri, dan antiseptik.

Face wash untuk kulit berminyak ini juga mampu mengeksfoliasi kulit mati serta merawat kulit agar tetap lembap tanpa terasa kencang atau kesat.

Itulah rekomendasi face wash untuk kulit berminyak yang bisa menjadi pilihan. Rawat kulit berminyak dengan baik agar terhindar dari jerawat yang membandel, ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait