Fashion & Beauty

17 Maret 2021

Ketahui Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berminyak

Tinggal dioleskan saja ke wajah, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak sangatlah banyak. Jadi, jangan sampai Moms tidak tahu ya!

Mereka yang memiliki tipe kulit berminyak mungkin sering mengalami berbagai kendala.

Tidak mudah memang untuk menjaga wajah tetap segar dan tidak kusam sepanjang hari, dikarenakan produksi minyak di wajah.

Namun Moms wajib tahu, bahwa masalah kulit berminyak ini bisa diatasi dengan minyak zaitun.

Mungkin terdengar mustahil, namun benar bahwa minyak zaitun dapat membantu mengontrol produksi minyak dan jerawat. Jangan sampai tak tahu, berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Payudara

Mengetahui Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berminyak

minyak zaitun

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak sangatlah beragam. Minyak zaitun adalah pelembap alami yang membantu membersihkan bakteri dan peradangan.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit berminyak memang nyata. Kelenjar seaceous di kulit yang memproduksi sebum berlebih akan mengeluarkan minyak dan membuat kulit nampak mengkilap, kusam dan juga berminyak.

Hal tersebut bisa menyebabkan adanya penyumbatan pori-pori pada kulit yang berminyak. Nah, ketika minyak menyumbat pori-pori di wajah, hal tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri, menimbulkan jerawat dan mendatangkan komedo.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak juga bisa melarutkan minyak pada kulit tanpa membuat wajah berminyak dan juga kering. Nah, manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak sangat beragam bukan?

Setelah itu, minyak yang banyak digunakan dalam bahan masakan ini juga memiliki khasiat unik yang membuatnya ideal untuk kulit berminyak.

  • Minyak zaitun adalah pelembap yang sangat baik. Ia membantu menyegel kelembapan di kulit, menenangkan kelenjar sebaceous dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan.
  • Minyak zaitun kaya akan antioksidan. Antioksidan ini membantu memperbaiki kulit kita dan tetap sehat, sehingga mencegah kerusakan kulit.
  • Minyak ini memiliki sifat antibakteri yang kuat yang melawan jerawat, masalah umum pada jenis kulit berminyak, dan membantu membersihkan kulit kita.
  • Ini non-komedogenik dan karenanya tidak akan menyumbat pori-pori kulit wajah. Sebaliknya, malah akan membantu melarutkan bakteri, kelebihan sebum, dan kulit mati, serta memurnikan kulit.

Baca Juga: Kenapa Sih Kulit Sering Berjerawat? Ketahui 5 Penyebabnya

Berdasarkan jurnal Effect of Olive Oil on the Skin, minyak nabati yang mengandung EFA telah terbukti sangat bermanfaat dalam produksi kosmetik sebagai bahan baku aktif atau bahan baku untuk sintesis senyawa baru. Nah, hal tersebut adalah salat satu manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak.

Jangan hanya mengetahui manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak. Minyak zaitun juga bisa menjadi bahan pelembap untuk tangan, lho! Oleskan saja beberapa tetes minyak zaitun saat Moms memasak.

Moms tak perlu lagi khawatir ketika menyicip makanan seperti ketika Moms menggunakan losion untuk melembapkan tangan.

Tak sampai sana, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk melembapkan kulit Si Kecil. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai minyak ketika ia akan dipijit.

Bahkan minyak zaitun bisa membantu Si Kecil yang memiliki kulit kering atau eksim.

Nah, karena Si Kecil memiliki kebiasaan untuk meletakan telapak tangannya ke mulut, Moms nggak perlu khawatir ia keracunan seperti ketika Moms menggunakan losion bayi!

Lalu, bagaimana sih cara membuat manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak lebih maksimal? Ini dia!

Baca Juga: 14 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Terduga

Menggunakan Minyak Zaitun untuk Kulit Berminyak

Menggunakan Minyak Zaitun untuk Kulit Berminyak

Foto: Orami Photo Stock

Moms harus pastikan bahwa minyak zaitun yang digunakan murni dan berkualitas tinggi, karena akan diaplikasikan pada wajah.

Dilansir dari About Olive Oil, membersihkan wajah dengan oil cleansing juga baik untuk menghilangkan riasan, kotoran, sisa tabir surya dan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami kulit.

Nah, karena minyak pembersih sangatlah mahal, Moms bisa menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah.

Minyak zaitun sendiri akan melarutkan kosmetik dan sebum berbahan dasar minyak. Karena itu minyak zaitun pun bisa digunakan sebagai pembersih kulit.

Baca Juga: Heboh Razia Skincare di Sekolah, Apa Manfaat Perawatan Kulit untuk Anak Remaja?

Untuk membersihkan minyak wajah dengan minyak zaitun, cobalah untuk menggunakan waslap panas dan lembap di wajah Moms selama 20 detik untuk membuka pori-pori di wajah Moms. Jika sudah, pijatlah minyak zaitun ke kulit Moms dan diamkan selama 30 detik. Ketika sudah selesai, gunakanlah waslap panas untuk menyeka minyak.

Perlu Moms ketahui bahwa merawat wajah berminyak dengan salah bisa menyebabkan lebih banyak jerawat. Orang yang memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat akan cenderung membersihkan dan mengeringkan kulitnya lebih sering. Nah hal inilah yang menyebabkan kulit malah memproduksi lebih banyak minyak.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak yang lebih maksimal, begini caranya!

Baca Juga: 12 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bisa Dipakai Sebelum Tidur

1. Gunakan Extra Virgin Olive Oil

Minyak ini tidak hanya akan melembapkan wajah, tetapi juga membantu membersihkan dan menghilangkan jerawat.

Hal ini berkat sifat anti-inflamasi dan antibakteri minyak zaitun. Obat ini juga akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kita.

Caranya dengan mengaplikasikan minyak zaitun ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya, pijat sebentar selama 2-3 menit.

Lalu Moms bisa tidur dengan minyak zaitun di wajah. Besoknya, baru bilas wajah dengan sabun, dan pastikan bilas dengan baik.

Baca Juga: Minyak Zaitun atau Minyak Canola, Manakah yang Lebih Baik?

2. Campuran Minyak Castor dan Minyak Zaitun

Nah, untuk menikmati manfaar minyak zaitun untuk wajah berminyak lain, Moms bisa mencampurkannya dengan minyak castor. Jika Moms memiliki kulit sensitif, disarankan untuk tidak menggunakan campuran ini karena minyak akan terlalu berat untuk kulit. Campuran ini membantu kulit terhidrasi karena kulit berminyak juga bisa mengalami dehidrasi.

Campurkan kedua minyak, masing-masing 1 sendok teh. Oleskan pada wajah, dan pijat selama 2-3 menit.

Biarkan semalaman, baru bilas keesokan harinya seperti mencuci wajah biasa. Namun pastikan dibilas dengan bersih ya.

Baca Juga: Ketahui Tips Memilih Produk Anti Aging untuk Perawatan Wajah Optimal

3. Campuran Madu dan Minyak Zaitun

Madu adalah pelembap yang kuat yang membantu mengikat kelembapan pada kulit wajah.

Bahan ini juga memiliki sifat pemutih yang membantu menghilangkan noda dan membersihkan kulit, sehingga membuatnya bercahaya.

Campurkan madu, lemon, dan minyak zaitun, masing-masing 1 sendok teh.

Gunakan campuran madu dan minyak zaitun sebagai masker wajah. Diamkan selama 15-20 menit hingga kering. Cuci wajah dengan air hangat, lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga: 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Itu dia Moms beberapa campuran minyak zaitun agar Moms bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak dengan lebih maksimal. Katakan selamat tinggal pada kulit berminyak!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait