Kesehatan

7 Mei 2021

6 Tips Memilih Skincare Anti Aging untuk Mengurangi Kerutan di Wajah

Memilih produk skincare anti aging tidak boleh asal-asalan, ya, Moms. Ini tipsnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Berbelanja produk skincare atau perawatan kulit adalah hal yang menyenangkan, ya, Moms! Tapi, tunggu dulu, jangan sampai asal membeli tanpa mengetahui fungsinya. Terlebih jika Moms ingin memakai skincare anti aging.

Seringnya, kita termakan oleh iklan yang banyak beredar di berbagai media, atau langsung membeli produk tertentu karena ada teman yang cocok dengan produk tersebut. Moms perlu tahu seperti apa tips memilih skincare anti aging.

“Saat membeli produk skincare, hal yang diperhatikan adalah bahan-bahan yang ingin dipakai. Setelah itu, mengetahui urutan yang tepat memakai skincare sangat penting. Tujuannya, agar bahan-bahan tersebut dapat meresap dan diaplikasikan dengan sempurna,” ungkap Dr. Heather Rogers, dokter ahli kulit dan ahli bedah kulit bersertifikat dari Seattle, AS.

Nah, ketika Moms membeli produk skincare anti aging ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Ketahui 10+ Manfaat Masker Charcoal untuk Kesehatan Kulit Wajah

Tips Memilih Skincare Anti aging

Seperti namanya, produk skincare anti aging bertujuan untuk menghambat penuaan pada kulit Moms. Journal of Pathology mengungkapkan, proses penuaan kulit bisa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Faktor internal yaitu pertambahan usia yang tidak dapat dihindari hingga menyebabkan kulit kehilangan kolagen.

Sedangkan, faktor eksternal bisa dipengaruhi karena paparan sinar UV matahari dan radikal bebas yang membuat penuaan kulit.

Cleveland Clinic mencatat, beberapa gejala kulit sudah menua, yaitu kulit terasa kasar dan kering sehingga muncul kerutan. Selain itu, kulit akan terasa mengendur karena kehilangan jaringan elastis.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, ada beberapa tips memilih produk anti aging, yaitu:

Baca Juga: 7+ Manfaat Masker Spirulina untuk Kulit Wajah yang Lebih Sehat, Wajib Tahu!

1. Dimulai dengan Sunscreen dan Pelembap

Begini Cara Memilih Produk Skincare Anti-aging

Foto: Orami Photo Stock

Sudah banyak dermatologis yang setuju, bahwa sunscreen dan pelembap adalah produk anti-aging yang paling efektif. Penggunaan setiap akan membuat hasilnya menjadi semakin nyata.

Nah, pastikan Moms membeli sunscreen dengan SPF 30 atau lebih, memiliki label ‘broad-spectrum’ yang artinya melindungi dari sinar UVA dan UVB, dan juga tahan air.

Jika Moms lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan pada siang hari, maka harus memakai sunscreen setiap dua jam sekali agar hasilnya efektif.

AAD merekomendasikan anti-aging moisturizer untuk mmebantu meminimalisir kerutan halus. Hal tersebut dikarenakan pelembap atau moisturizer adalah bahan rahasia yang dikandung oleh berbagai macam skincare anti aging.

Baca Juga: 6 Resep DIY Masker Oatmeal untuk Mencerahkan Wajah, Wajib Coba!

Seperti yang sudah dibahas, menggunakan pelembap dan tabir surya bukanlah hal yang dilarang. Namun perlu dipastikan bahwa produk tersebut bisa melindungi dari sengatan matahari memiliki SPF 30 atau lebih.

Jika Moms menghabiskan banyak waktu di luar saat siang hari, Moms perlu menggunakan produk yang mengandung broad-spectrum protection, SPF 30 atau lebih, dan tahan air.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap 2 jam sekali saat berada di luar rumah.

Dengan hanya melembapkan kulit saja, Moms sudah bisa memperbaiki penampilannya. Moisturizer membuat kulit jadi kenyal untuk sementara.

Nah, Moms bisa memilih pelembap yang cocok seperti losion, krim, gel, dan serum yang terbuat dari air, minyak, dan bahan lain.

Skincare anti aging khususnya krim adalah salah satu produk pelembap dengan bahan aktif yang biasanya menawarkan manfaat tambahan nih, Moms.

Maksudnya, bahan tambahan yang dimasukkan dalam formula bisa memperbaiki warna kulit, tekstur, garis halus dan juga kerutan.

Namun, perlu diketahui bahwa efektivitas produk ini sangat bergantung pada jenis kulit, bahan aktif di dalamnya dan seberapa rajin Moms menggunakan krim ini.

Baca Juga: Masalah Kulit yang Sering Terjadi saat Menstruasi

2. Fokus pada Masalah Kulit

Begini Cara Memilih Produk Skincare Anti-aging

Foto: Orami Photo Stock

Moms, tidak semua produk skincare dapat menangani tanda penuaan kulit. Nah, ada baiknya melihat terlebih dulu masalah kulit yang dihadapi. Apakah flek hitam? Atau munculnya kerutan di area mata?

Setelah itu, carilah produk atau skincare anti aging yang fokusnya untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Misalkan, Moms membeli serum mata untuk menangani kerutan yang muncul di sekitar area mata.

Jika masalah kulit yang dihadapi adalah flek hitam pada kulit, Moms bisa mencoba produk dengan kandungan skincare tertentu. Di antaranya adalah vitamin C, azelaic acid, kojic acid, atau hydroquinone.

“Vitamin C adalah kandungan yang mengandung antioksidan topikal dan membantu memblokir radikal bebas. Vitamin C juga menghasilkan melanin di kulit yang membantu mengurangi noda hitam di kulit,” ungkap Dr. Sumayah Jamal, dokter kulit dari Schweiger Dermatology Group.

Baca 4 Skincare Alami Bagi Masalah Kulit Ibu Hamil

3. Pentingnya Membaca Label Produk

Begini Cara Memilih Produk Skincare Anti-aging

Foto: Orami Photo Stock

Belilah produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Moms. Selain itu, perhatikan beberapa label penting yang biasanya ada di kemasan produk, seperti:

  • Hypoallergenic, artinya produk masih dapat menyebabkan reaksi alergi, namun berisiko rendah.
  • Non-comedogenic, artinya tidak menyebabkan jerawat atau menyumbat pori-pori.
  • Simbol tabung terbuka yang menunjukkan berapa lama produk bekerja setelah pertama kali dibuka. Biasanya, akan tercantum 6M, 12M, dan 24M.

Itulah beberapa hal penting yang harus Moms ketahui sebelum memilih produk anti aging. Namun, tetap realistis ya, Moms. Proses skincare bekerja pada kulit tentunya membutuhkan waktu dan tidak instan.

Baca Juga: Skincare Brightening dan Lightening, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya untuk Wajah

4. Kandungan yang Ada Dalam Skincare Anti Aging

skincare anti aging

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Mayo Clinic, Moms perlu memilih anti aging yang mengandung beberapa bahan yang bisa menghilangkan garis halus dan juga kerutan. Bahan-bahan tersebut adalah;

  • Retinol

Retinol sendiri sudah lama digunakan untuk membantu kulit yang rusak akibat sengatan sinar matahari dan juga mengurangi garis halus dan juga keriput.

  • Asam Alfa-Hidroksi

Asam Alfa-Hidroksi atau yang biasa dikenal dengan AHA digunakan untuk menghilangkan sel kulit mati. Menggunakan produk yang mengandung AHA secara rutin membantu mempersiapkan kulit untuk menyerap produk perawatan kulit lain dengan lebih baik.

  • Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang dibutuhkan kulit untuk melindunginya dari radikal bebas. Molekul oksigen yang tidak stabil bisa merusak sel kulit dan menyebatkan kulit wajah keriput.

Vitamin C bisa membantu untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari dan mengurangi garis halus serta keriput.

  • Niamicide

Antioksidan yang mengandung vitamin B3. Kandungan ini membantu untuk mengurangi kekurangan air di kulit dan bisa membantu untuk memperbaiki elastisitas kulit.

  • Peptides

Molekul ini biasanya hidup di organisme. Beberapa jenis peptides bisa membantu menstimulasi produksi kolagen yang dan bisa membantu tekstur kulit dan juga menyamarkan kerutan.

  • Coenzyme Q10

Bahan ini membantu untuk mengurangi garis halus di area sekitar mata dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Produk untuk Eksfoliasi Wajah

skincare anti aging

Foto: Orami Photo Stock

Menurut American Academy of Dermatology, melakukan eksfoliasi wajah bisa membantu kulit terlihat lebih cerah. Cara melakukan metode ini pun beragam karena terbagi menjadi dua yakni manual dan juga dengan bahan kimia.

Ketika Moms memutuskan untuk menggunakan cara normal, biasanya bahan yang dibutuhkan adalah sikat, spons dan scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati di wajah.

Jika Moms memilih untuk menggunakan bahan kimia, biasanya Moms bisa memilih untuk menggunakan Asam Alfa-Hidroksi atau AHA dan juga Asam Beta-Hidroksi atau BHA untuk mengangkat kulit mati yang ada di wajah.

Nah untuk memilih metode eksfoliasi pun perlu pencocokan sesuai jenis kulitnya nih, Moms! Ini dia metode eksfoliasi yang cocok sesuai dengan tipe kulit wajah!

  • Kulit Kering

Jika Moms memiliki kulit kering, sebagaiknya menghindari metode eksfoliasi secara manual karena dikhawatirkan bisa menimbulkan microtears. Jadi, metode terbaiknya adalah dengan menggunakan AHA.

Asam glikolat yang dimiliki AHA bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mat dan mendorong pergantian kulit yang sehat.

Usai melakukannya, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap serta tabir surya dengan kandungan SPF ya, Moms! Metode ini bisa menyebabkan kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

  • Kulit Normal

Jika Moms memiliki kulit normal, metode eksfoliasi apapun tidaklah masalah. Namun, Moms bisa mencari metode yang paling nyaman di kulit.

  • Kulit Berminyak

Kalau Moms memiliki kulit berminyak, teknik eksfoliasi manual bisa Moms pilih. Biasanya kulit berminyak memiliki lapisan tambahan yang tercipta akibat penumpukan sel kulit mati.

Moms bisa menghilangkan penumpukan ini dengan melakukan eksfoliasi manual. Gunakanlah scrub untuk hasil yang lebih efektif.

  • Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi juga bisa menggunakan 2 jenis eksfoliasi, lho! Bahkan jenis kulit ini perlu perpaduan dari 2 metode eksfoliasi.

Kendati demikian, sangat tidak disarankan untuk menggunakan dua metode dalam waktu dan hari yang sama karena bisa membuat iritasi pada kulit. Jangan lupa untuk memakai pelembap setelahnya ya, Moms!

  • Kulit Sensitif

Nah, untuk si pemilik kulit sensitif, hindarilah metode eksfoliasi manual. Metode ini bisa membuat kulit menjadi iritasi dan juga kemerahan.

Moms bisa menggunakan eskfoliator kimia ringan dan menggunakan kain lembut sebagai aplikatornya. Nah bagi yang berjerawat, asam salisilat bisa menjadi cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: Mikrodermabrasi untuk Atasi Kulit Kusam, Apakah Efektif?

6. Efektivitas Skincare Anti Aging

skincare anti aging

Foto: Orami Photo Stock

Skincare anti aging yang Moms gunakan mungkin bisa mengurangi tampilan kerutan. Meski demikian, hal tersebut bergantung pada seberapa sering dan rutin Moms menggunakannya.

Tak hanya itu, jenis dan jumlah bahan aktif yang dimiliki skincare anti aging juga menjadi faktor yang mendukung, lho!

Namun, Moms jangan hanya mengandalkan skincare anti aging saja, ya! Ada beberapa hal yang patut diperhatikan seperti;

  • Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kulit yang terekspos sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kerutan. Jadi, Moms perlu melindunginya.

  • Jangan Merokok

Merokok bisa menghambat aliran darah dan membuat kulit menjadi kering. Hal tersebut dikarenakan rokok bisa merusak kolagen dan elastin yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit.

Nah, orang yang merokok cenderung memiliki kulit yang mudah berkerut dan bergelambir meski masih berada di usia muda.

Namun, meski sudah merokok selama bertahun-tahun dan menjadi perokok berat, Moms masih bisa memperbaiki tekstur kulit dengan berhenti merokok

Dokter ahli kulit bisa membantu Moms untuk meramukan skincare anti aging yang dikhususkan untuk tipe kulit Moms dengan mengevaluasi kondisi kulit yang Moms punya saat ini.

Nah, itu dia Moms hal yang perlu diperhatikan mengenai skincare anti aging. Jangan sampai salah dalam pemilihannya, ya!

  • https://www.researchgate.net/publication/6599888_Skin_aging_and_its_treatment
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/selecting-anti-aging-products
  • https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10979-aging-and-skin-care
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/in-depth/wrinkle-creams/art-20047463
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait