Fashion & Beauty

9 Juni 2021

18 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kecantikan, Bisa Dipakai Sebelum Tidur

Dapatkan manfaat minyak zaitun dengan rutin memakainya sebelum tidur malam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Masih jarang memakai minyak zaitun untuk wajah dan perawatan kulit? Mulai sekarang, Moms dapat menggunakannya secara rutin.

Pada beberapa jenis kulit yang cocok, minyak zaitun dapat dijadikan skincare alami untuk diaplikasikan sebelum tidur.

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan antioksidan yang penting untuk merawat kulit agar tampak bersinar dan sehat. Sebagai antioksidan, minyak zaitun berfungsi mencegah oksidasi.

"Minyak zaitun mengandung antioksidan yang memerangi kerusakan akibat radikal bebas dan terdapat kandungan squalene, yang sangat melembapkan," ujar Paul Lorenc, MD, Dermatologis di Manhattan, New York.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

Ketika diterapkan pada kulit, termasuk wajah, zat antioksidan pada minyak zaitun dapat mencegah penuaan dini.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun pada kulit setelah paparan sinar matahari dapat melawan sel-sel penyebab kanker.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kecantikan

Wah, ternyata minyak zaitun banyak khasiatnya, ya, Moms! Yuk, gunakan secara rutin minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur. Berikut ini beberapa cara pemakaiannya!

1. Minyak Zaitun Sebagai Pembersih Wajah

Cara Memakai Minyak Zaitun Pada Wajah Sebelum Tidur - pembersih wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka minyak zaitun juga bisa berfungsi sebagai cleanser. Sebagai pembersih wajah, minyak zaitun dapat membersihkan kulit wajah dari kotoran dan makeup, menghasilkan kulit yang bersih dan cerah.

Pembersih wajah berbasis minyak zaitun untuk wajah ini cocok diaplikasikan pada tipe wajah kering. Keuntungannya, Moms juga tidak perlu memakai makeup remover jika menggunakan minyak zaitun sebagai cleanser.

2. Pijat Wajah dengan Minyak Zaitun

Gunakan setetes minyak zaitun untuk memijat wajah Moms selama kurang lebih 5 menit setiap hari sebelum tidur.

Hal ini bermanfaat untuk mengurangi keriput pada kulit sehingga membuat kulit tampak terlihat muda.

Melansir Dermatitis Journals, minyak zaitun dan minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang baik untuk kulit dermatitis atopik.

3. Minyak Zaitun Sebagai Krim Mata

manfaat minyak zaitun

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus di sekitar mata, Moms dapat mengoleskan sedikit minyak zaitun di bawah area mata sebelum tidur.

Hal ini akan menghasilkan kulit lembut di sekitar mata dan melembutkan garis-garis halus. Simpan sedikit minyak zaitun di lemari es dan gunakan sebagai krim mata.

Perawatan kecantikan dengan bahan kaya vitamin ini sangat menyegarkan. Moms mesti coba, deh!

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata

4. Lip Gloss

Tambahkan setetes minyak zaitun untuk melembapkan bibir secara alami. Gunakan di bibir Moms sebelum tidur untuk merawat bibir yang kering dan pecah-pecah.

Dengan menggunakannya secara rutin, masalah bibir tersebut bisa segera diatasi.

Namun meski Moms tidak memiliki masalah bibir kering dan pecah-pecah, tidak ada salahnya untuk melakukan treatment ini sebelum tidur malam.

5. Masker Minyak Zaitun

Cara Memakai Minyak Zaitun Pada Wajah Sebelum Tidur - masker.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika moms memiliki jenis kulit wajah kering, coba masker wajah dari minyak zaitun!

Moms dapat menggunakannya sebelum tidur dengan mencampurkan minyak zaitun dengan putih telur, madu atau oat. Masker minyak zaitun untuk wajah ini dapat menghasilkan kulit wajah yang lembut dan lembap.

6. Sebagai Antioksidan

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah berperan sebagai antioksidan, yaitu zat yang mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Saat dioleskan ke kulit, antioksidan dapat mencegah penuaan dini. Juga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun untuk wajah setelah paparan sinar matahari dapat melawan sel-sel penyebab kanker.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit tikus yang telah terpapar sinar ultraviolet (UV) yang berpotensi berbahaya. Pertumbuhan tumor secara signifikan lebih rendah pada tikus yang memiliki minyak zaitun di kulitnya dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Namun perlu dilakukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk memahami efek sifat antioksidan minyak zaitun pada kulit manusia.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

7. Mengandung Banyak Vitamin yang Baik untuk Kulit Wajah

minyak zaitun untuk wajah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk wajah mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini mungkin bermanfaat bagi kulit.

Misalnya, orang telah menggunakan minyak vitamin E secara topikal sepanjang sejarah untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.

8. Untuk Efek Antibakteri

Manfaat minyak zaitun untuk wajah telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Namun, hanya ada sedikit penelitian tentang kemampuan minyak zaitun untuk mengendalikan bakteri pada kulit.

Melansir Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, mengamati efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa pada bakteri staphylococcus aureus pada kulit. Hasilnya menemukan bahwa kedua minyak tersebut menunjukkan sifat antibakteri, tetapi minyak kelapa murni lebih efektif dalam membasmi bakteri.

Meskipun demikian, minyak zaitun terkadang dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. Ini juga dapat meningkatkan penyembuhan pada penderita tukak kaki yang disebabkan oleh diabetes tipe 2.

9. Membantu Eksfoliasi Kulit Wajah

minyak zaitun untuk wajah

Foto: stocksy.com

Minyak zaitun bisa digunakan untuk eksfoliasi wajah. Untuk pengelupasan wajah dan tubuh serta merawat area kulit kering atau bersisik, seseorang bisa mencampurkan minyak zaitun dan garam laut untuk membuat scrub.

Moms harus menggunakan garam berbutir halus di wajah dan area sensitif lainnya, dan butiran kasar di seluruh tubuh.

10. Scrub Bibir

Manfaat minyak zaitun untuk wajah baik juga digunakan sebagai bahan untuk scrub bibir. Caranya campurkan gula kasar dengan satu sendok teh minyak zaitun untuk memperbaiki bibir pecah-pecah. Moms juga bisa menambahkan sedikit jus lemon untuk menambah rasa dan sifat pengelupasan asam.

Lulur ini cukup baik untuk dimakan (secara harfiah). Plus, Moms bisa juga menggunakan resep ini untuk daplikasikan sebagai scrub ke seluruh tubuh kita.

Baca Juga: Mau Punya Bibir Lembab dan Kenyal? Ini 6 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

11. Menghapus Riasan Mata

minyak zaitun untuk wajah

Foto: stocksy.com

Kami tahu apa yang mungkin Moms pikirkan, mengoleskan minyak zaitun untuk wajah kita sebenarnya akan menyebabkan masalah yang lebih besar dan menyumbat pori-pori.

Namun pada kenyataannya, minyak tersebut menempel pada produk berbasis minyak lainnya, menjadikannya langkah awal yang bagus untuk menghilangkan riasan mata yang membandel. Lanjutkan dengan air hangat dan pembersih wajah dengan pH seimbang.

12. Mengobati Bekas Luka

Vitamin dan antioksidan lain dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit.

Cukup pijat minyak yang belum diencerkan ke dalam bekas luka atau campur dengan perasan air lemon untuk mengatasi area hiperpigmentasi, di mana kulit menjadi gelap karena jaringan parut.

13. Mengatasi Stretch Mark

Stretch Mark

Foto: Orami Photo Stock

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati stretch mark, meskipun penelitian tentang keefektifannya menemukan hasil yang beragam.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit dan Manfaatnya

14. Menyembuhkan Tumit Retak

Tumit retak merupakan masalah kecantikan yang sering dialami oleh wanita. Coba gunakan minyak zaitun.

Caranya, yaitu eksfoliasi tumit Moms menggunakan air lemon panas dan oleskan minyak zaitun pada tumit dengan lembutuntuk menambah kelembapan dan kelembutan.

15. Melembutkan Rambut

rambut sehat

Foto: Orami Photo Stock

Selain memiliki manfaat minyak zaitun untuk wajah, ternyata juga dapat menjaga kesehatan rambut.

Minyak zaitun kaya vitamin E yang membantu melawan kerontokan rambut. Moms bisa mengombinasikannya dengan madu karena, madu dapat melembabkan rambut.

16. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Radikal bebas dianggap sebagai salah satu faktor penyebab kerontokan rambut. Kandungan kecantikan antioksidan sebenarnya dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut.

Jadi, jika Moms kesulitan mengatasi rambut yang menipis, cobalah menambahkan sedikit lebih banyak minyak zaitun kaya antioksidan.

Moms bisa mengoleskan minyak zaitun ke akar rambut sebagai masker dan membiarkannya selama setengah jam atau lebih. Coba tambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary ke dalamnya untuk hasil yang lebih baik (pengencangan dan aksi antioksidan).

Kemudian bersihkan rambut Moms dengan sampo dan lembapkan dengan kondisioner (pertama, oleskan sampo pada rambut berminyak lalu air, untuk membantu rambut lebih cepat bersih tanpa sisa minyak).

17. Sebagai Kondisioner Rambut

rambut halus

Foto: Orami Photo Stock

Pewarnaan rambut, gaya panas, dan produk dapat merusak rambut. Rambut Moms bisa menjadi kering, rapuh, dan tidak bernyawa. Tetapi sedikit minyak zaitun bisa sangat membantu melembutkan dan melembabkan rambut.

Berikut perawatan meremajakan rambut sederhana untuk dicoba:

  • Panaskan beberapa sendok makan minyak zaitun extra virgin di atas kompor sampai hangat.
  • Pijat rambut Moms dari bagian tengah hingga ujung.
  • Tutupi dengan cup kepala dan biarkan minyak meresap selama tiga puluh menit.
  • Bersihkan rambut dengan sampo dan pelembab dengan kondisioner.

18. Meningkatkan Kesehatan Kuku

Kuku dapat menandakan masalah kesehatan. Jika kuku terlihat pucat, dokter sering mengecek kuku Moms.

Kuku kusam, tidak bernyawa, dan rapuh adalah beberapa masalah yang sering ditemu. Tapi tahukah bahwa minyak zaitun ternyata bisa meningkatkan kesehatan kuku?

Moms bisa mulai merawat kuku agar sehat.

Baca Juga: Kebiasaan Menggigit Kuku Berhubungan dengan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya!

Takaran yang Baik Menggunakan Minyak Zaitun

minyak zaitun

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak zaitun untuk wajah memang telah terbukti. Namun, Moms juga harus mengetahuo takaran penggunaannya.

Moms hanya perlu beberapa tetes saja. Gosokkan sedikit ke telapak tangan sehingga Moms memiliki lapisan minyak tipis sebelum mengoleskannya ke wajah.

Menggunakan terlalu banyak minyak zaitun akan menyebabkan pori-pori tersembut dan memicu timbulnya jerawat pada beberapa jenis kulit.

Jika kulit Moms renta berjerawat dan sensitif, gunakan perlahan dan sedikit. Hal ini agar melihat bagaimana reaksi kulit.

Baca Juga: Manfaat Lulur dan Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Nah, dengan banyaknya minyak zaitun di pasaran, minyak zaitun seperti apa yang baik untuk kulit wajah?

Paul Lorenc, MD, merekomendasikan untuk menggunakan minyak zaitun extra-virgin organik dan non-transgenik, serta tidak dimurnikan dan diproduksi tanpa menggunakan panas atau penyulingan kimia.

“Sebaiknya menggunakan zaitun yang mengandung nol bahan pengawet atau zat tambahan yang bisa berbahaya bagi tubuh," jelas Paul Lorenc, MD.

Nah, itu dia manfaat minyak zaitun untuk wajah dan berbagai manfaatnya untuk hal lainnya, yuk dicoba Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19134433
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921746/
  • https://www.healthline.com/health/olive-oil-benefits-face
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait