Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
15 Juli 2020

3 Cara Mengatasi Kulit yang Over Eksfoliasi, Yuk Coba!

Jangan lupa untuk gunakan pelembap wajah ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi para wanita, kesehatan kulit wajah adalah yang paling penting. Makanya seberapapun biaya yang dibutuhkan untuk merawat kulit wajah, pasti akan dilakukan. Sayangnya terlalu banyak melakukan perawatan pun sebenarnya tidak baik, karena belum tentu kulit kita akan cocok. Misalnya terlalu banyak melakukan eksfoliasi kulit.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Milia di Wajah Agar Kulit Kembali Mulus

Namun terlalu banyak melakukan eksfoliasi untuk kulit juga tidak baik lho Moms. Kulit wajah kita bisa mengalami iritasi, sensitif, dan rusak. Bukannya menjadi sehat, malah bisa merusak kulit wajah semakin parah.

Apa yang harus kita lakukan jika kulit wajah terlalu banyak dieksfoliasi? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak tips di bawah ini, Moms.

Mengatasi Kulit yang Over Eksfoliasi

Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan saat terjadi over eksfoliasi.  

1. Hentikan Segera Penggunaan Produk

mengatasi kulit over eksfoliasi

Foto: Orami Photo Stock

Saat Moms menyadari dampak over eksfoliasi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghentikan penggunaan produk tersebut. Jangan lagi menggunakan produk eksfoliator yang menyebabkan iritasi.

Biarkan kulit menyembuhkan dirinya sendiri setidaknya selama dua minggu.  

Baca Juga: Yuk Kenali Fungsi Facial Scrub, Bisa Bikin Kulit Halus!

2. Gunakan Tabir Surya

mengatasi kulit over eksfoliasi

Foto: Orami Photo Stock

Kulit yang sedang beregenerasi sangat rentan terhadap paparan sinar UV. Untuk menghindari efek yang lebih buruk, selalu gunakan tabir surya 15 menit sebelum beraktivitas. 

Pada saat kulit dalam keadaan sensitif dan iritasi, sebaiknya Moms memberikan perlindungan untuk kulit sehingga sinar UV tidak memperparah kondisinya.

Selain menggunakan tabir surya, juga perlu menggunakan pelembap bertekstur ringan untuk membantu melindungi lapisan kulit yang baru. Gunakan sabun wajah, pelembap wajah, dan toner yang tepat untuk melindungi kulit.  

Baca Juga: Hadapi Cuaca Panas Ekstrem dengan 5 Rekomendasi Sunscreen Ini

3. Hindari Skincare yang Mengandung Anti Aging 

mengatasi kulit over eksfoliasi

Foto: glamour.com

Saat kulit sedang over eksfoliasi, Moms perlu menghindari skincare yang mengandung alkohol dan anti aging. Hal ini karena produk yang mengandung kedua kandungan tersebut menyebabkan iritasi terlebih pada kulit yang sensitif.  

Kita bisa menggunakan langkah-langkah di atas untuk mengatasi over eksfoliasi di rumah. Namun bila masalah tersebut masih tidak kunjung sembuh setelah dua atau tiga minggu, kita perlu berkonsultasi dengan dokter ahli kulit segera.  

Cara-cara di atas bisa Moms terapkan dengan mudah di rumah. Jadi jika kulit terasa over eksfoliasi, jangan segan untuk diperbaiki ya Moms.


Sumber: glitzmedia.co

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari GLITZMEDIA.CO

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait