Fashion & Beauty

10 Juni 2021

5 Manfaat Masker Madu untuk Wajah, Bisa Bikin Glowing

Manfaar masker madu ternyata sangat baik untuk kulit wajah. Yuk ketahui di sini!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Manfaat masker madu untuk wajah sangatlah banyak. Terlebih madu adalah bahan alami yang tak memakai bahan kimia berbahaya dalam kandungannya.

Manfaat masker madu pun sangat kentara jika Moms memiliki masalah jerawat. Kandungan dalam madu bisa membantu Moms menghadapi keluhan wajah karena berjerawat.

Tak hanya itu, berbagai macam produk pun kini memakai madu sebagai bahan yang dikandung karena sifat madu sendiri yang diyakini bisa membuat wajah lembap dan juga mengatasi masalah di kulit wajah.

Kendati demikian, Moms perlu mengetahui bahwa tidak semua madu memberikan khasiat yang sama pada kulit wajah kita, ya!

Seperti yang sudah disebutkan, madu tak mengandung bahan kimia berbahaya. Jadi, manfaat masker madu baru akan terasa jika Moms menggunakan madu yang asli atau bahkan yang belum mengalami tahapan atau proses pasteurisasi.

Manfaat masker madu bagi kulit sendiri bisa dirasakan karena madu memiliki berbagai macam kandungan baik seperti mineral, enzim, protein, fruktosa, glukosa dan lain sebagainya.

Lalu, apa saja sih manfaat masker madu bagi kulit wajah? Yuk simak di sini!

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ini Bahaya Zat Kimia dalam Skincare untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat Masker Madu untuk Kulit Wajah

manfaat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker madu dipercaya bisa sangat berguna untuk wajah. Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Honey: A Therapeutic Agent for Disorders of the Skin, sembuhnya kulit wajah karena madu dikarenakan sifat antimikrobal yang dimiliki oleh madu.

Madu sendiri memiliki kemampuan untuk membantu sistem imun kulit mempercepat perbaikan dari sel-sel yang rusak. Bahkan salah satu manfaat madu sendiri sering digunakan untuk menyembuhkan luka.

Nah, yuk ketahui berbagai manfaat masker madu untuk kulit berikut ini!

1. Mencerahkan Wajah

manfaat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Siapa yang tak ingin memiliki wajah yang cerah dan glowing? Salah satu manfaat masker madu adalah sanggup membuat kulit wajah kita cerah, Moms!

Sayangnya, masih belum ada penelitian mendalam mengenai hubungan langsung antara penggunaan masker madu dan mencerahkan wajah karena bintik hitam yanh kerap hadir.

Meski demikian, madu memiliki manfaat exfoliating nih, Moms. Jadi, salah satu manfaat masker madu bisa menghilangkan sel kulit mati yang membuat wajah kita terlihat kusam. Nah, hal inilah yang bisa membuat kulit kita jadi lebih cerah.

Setelah mencuci wajah dengan sabun muka dan air, gunakanlah madu manuka atau madu lain yang belum mengalami proses pasteurisasi alias madu alami ke wajah.

Jika tidak nyaman dengan penggunaan madu secara langsung, encerkanlah madu dengan air agar teksturnya tidak terlalu lengket dan mudah untuk dihilangkan. Biarkan madu berada di kulit wajah selama beberapa menit sebelum dibilas.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dari Wajah dengan Cepat

2. Mengobati Wajah yang Berjerawat

cara membuat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker madu selanjutnya adalah sanggup untuk mengatasi kondisi kulit yang berjerawat. Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Honey: A Realistic Antimicrobial for Disorders of The Skin menjelaskan bahwa, manfaat madu sudah dipakai di seluruh belahan dunia sebagai obat tradisional.

Bahkan orang-orang Yunani dan Mesir kuno mengaplikasikan madu secara topikal untuk mengobati luka pada kulit atau kulit yang terbakar.

Sementara itu, orang Persia menggunakan madu sebagai obat tradisional utnuk mengobati luka, eksim dan juga peradangan pada kulit karena kandungan antimikroba yang dimiliki oleh madu.

Nah, manfaat masker madu pada wajah sendiri bisa membunuh propionibacterium acnes atau yang biasa dikenal sebagai bakteri penyebab jerawat.

Dan lagi, perlu diketahui bahwa untuk menghilangkan jerawat pada wajah menggunakan madu, Moms perlu menggunakan madu murni, ya!

Resep yang bisa digunakan untuk masker madu pereda jerawat adalah:

  1. Campurkan 2 sendok madu manuka dan 1 sendok teh kayu manis yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata dan pasta masker menjadi kental
  2. Oleskan pada permukaan wajah yang memiliki jerawat atau area wajah yang memiliki bekas jerawat yang sulit hilang
  3. Aplikasikan ke wajah dengan telapak tangan yang bersih dan sudah dicuci menggunakan sabun
  4. Diamkan madu selama 30 menit dan kemudian bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih

3. Melembapkan Kulit Wajah

manfaat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat masker madu yang lain adalah bisa melembapkan kulit, Moms! Kandungan zat aktif pada madu terbukti mampu membuat kulit wajah menjadi lebih lembap.

Kulit wajah yang lembap tentu saja akan terlihat lebih cerah dan jauh dari kata kusam. Jadi, memanfaatkan khasiat madu untuk kesehatan kulit wajah sangat disarankan ya, Moms.

Moms hanya perlu mencuci muka terlebih dahulu dan mengoleskan madu asli di permukaan wajah. Oleskan hingga merata ya! Diamkan selama 40 menit untuk kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Redakan Eksim dan Psioriasis

manfaat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker madu bisa digunakan untuk meredakan eksim dan juga psioriasis. Tak hanya itu, madu yang dijadikan pasta pun bisa dimanfaatkan.

Sama seperti yang lainnya, cara terpenting ketika menggunakan madu adalah memilih madu manuka atau madu yang belum mengalami tahap pasteurisasi.

Sangat penting menggunakan madu yang masih memiliki bakteri baik agar manfaatnya lebih efektif. Hal ini bisa mengaktifkan sistem imun dan membantu meredakan peradangan kulit dan kulit yang memerah.

Menggunakan madu untuk meredaka psoriasis dan eksim sendiri bisa dengan mengoleskan madu di kulit yang mengalami kondisi tersebut. Jangan lupa untuk mengetesnya terlebih dahulu agar Moms tahu kulit yang dimiliki alergi atau tidak, ya terhadap madu.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati dan Mencegah Eksim pada Bayi

5. Memperlambat Tanda Penuaan

manfaat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker madu yang paling didambakan adalah bisa memperlambat tanda penuaan di kulit wajah. Tak bisa dipungkiri, keriput atau kerutan bisa membuat banyak perempuan menjadi stres.

Nah, salah satu manfaat madu adalah meremajakan kulit sehingga tanda penuaan bisa diperlambat. Hal tersebut dikarenakan madu yang memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan sendiri bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, radikal bebas, dan lingkungan yang bisa merusak sistem imun kulit sendiri.

Jadi, tak heran kalau manfaat masker madu bisa memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, kerutan, atau garis halus di wajah.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare yang Baik untuk Kulit Sensitif

Perlu diketahui, meski manfaat masker madu sangatlah banyak, namun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk membuktikan kembali keefektivitasannya.

Meski penggunaan madu untuk wajah dan kulit bisa terbilang aman, namun Moms juga perlu memahami bahwa tidak semua jenis kulit bisa menerima jenis perawatan ini. Beberapa orang dengan kulit sensitif atau alergi terhadap madu tidak diperbolehkan untuk menggunakan madu sebagai masker.

Jadi, meski manfaat masker madu sangatlah penting, jangan sampai tetap memakainya ketika ada efek samping ya, Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661189/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S168411821500033X

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait