Scroll untuk melanjutkan membaca

SHOWBIZ
21 April 2022

7+ Rekomendasi Film Dokumenter di Netflix, Ada The Tinder Swindler!

Ada juga film dokumenter Indonesia yang diproduseri Nicholas Saputra
7+ Rekomendasi Film Dokumenter di Netflix, Ada The Tinder Swindler!

Foto: netflix.com

Moms dan Dads, mengisi waktu akhir pekan tidak salahnya mencoba habiskan waktu dengan menonton film dokumenter, bukan?

Dokumenter adalah istilah luas untuk menggambarkan film non-fiksi yang dalam beberapa cara "mendokumentasikan" atau menangkap kenyataan.

Dokumenter sering digunakan untuk mengungkapkan sudut yang tidak biasa, menarik atau tidak diketahui.

Nah, selain menampilkan film lepas atau serial drama, Netflix juga memiliki sederet dokumenter bagus yang menarik untuk ditonton.

Genrenya mulai dari criminal, investigasi, penelitian, hingga kasus misteri dengan berbagai latar cerita.

Rekomendasi Film Dokumenter di Netflix

Berikut ini rekomendasi film dokumter di Neflix yang bisa Moms dan Dads pilih sebagai pengisi akhir pekan:

1. Downfall: The Case Against Boeing

Downfall: The Case Against Boeing

Foto: Downfall: The Case Against Boeing

Foto: IMDB

Rekomendasi film dokumenter pertama yaitu Downfall: The Case Against Boeing. Bisa dibilang ini adalah dokumenter orisinal Netflix arahan sutradara Rory Kennedy.

Fokus ceritanya mengenai investigasi kecelakaan pesawat jenis Boeing 737 MAX yang menewaskan 346 orang, sekaligus menelusuri akar penyebab terjadinya insiden tersebut.

Laporan sepanjang 2018 hingga 2019, kecelakaan itu pernah dialami oleh pesawat Lion Air penerbangan 610 dan Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan 302.

Baca Juga: Rekomendasi Film Agen Rahasia Beragam Genre

2. The Tinder Swindler

The Tinder Swindler

Foto: The Tinder Swindler

Foto: IMDB

Kalau rekomendasi film dokumenter yang satu ini benar-benar menggemparkan publik. Dokumenter The Tinder Swindler Garapan sutradara Felicity Morris ini menceritakan aksi penipuan yang dilakukan seorang pria asal Israel melalui aplikasi kencan Tinder.

Simon Leviev menjadi tokoh utama yang melancarkan aksi penipuan ke banyak wanita dari berbagai negara, dengan modus berkencan. Simon melakukan catfishing dengan memalsukan identitasnya agar teman kencannya percaya ia adalah jutawan dan pebisnis sukses.

Alur dokumenter ini mengungkap sisi dari sudut pandang korban tentang bagaimana tahap awal Simon mengajak kencan sampai berani berutang lalu pergi begitu saja.

3. Semesta (2018)

Semesta

Foto: Semesta

Foto: IMDB

Semesta merupakan film dokumenter Indonesia yang tayang di Netflix pada 2020 lalu. Semeseta merupakan film dokumenter karya Sutradara Chairun Nissa.

Selain itu film ini juga diproduseri Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin. Film Semesta ini bercerita tentang kisah tujuh sosok inspiratif dari berbagai latar belakang dalam menanggulangi perubahan iklim.

Ketujuh sosok itu adalah Tjokorda Raka Kerthayasa (Bali), Romo Marselus Hasan (Nusa Tenggara Timur), Muhammad Yusuf (Aceh), Agustinus Pius Inam (Kalimantan Barat), dan Iskandar Waworuntu (Yogyakarta).

Sementara dari kaum hawa ada Almina Kacili (Papua Barat) dan Soraya Cassandra (Jakarta).

4. Seaspiracy (2021)

Seaspiracy

Foto: Seaspiracy

Foto: IMDB

Rekomendasi dokumenter di Netflix berikutnya ada Seaspiracy arahan Ali Tabrizi, seorang sutradara film dari Inggris. Seaspiracy memiliki fokus cerita seputar dampak lingkungan yang terjadi akibat dari penangkapan ikan.

Dokumenter ini mengkaji berbagai sisi kebiasaan manusia terhadap kehidupan laut, hingga anjuran untuk tidak mengonsumsi ikan.

Baca Juga: 5+ Rekomendasi Film Kungfu Terbaik, Pas Jadi Teman Nonton Weekend Ini!

5. American Murder: The Family Next Door (2020)

American Murder: The Family Next Door

Foto: American Murder: The Family Next Door

Foto: IMDB

Disutradarai Jenny Popplewell, American Murder: The Family Next Door diangkat berdasarkan kisah nyata kasus pembunuhan yang dialami keluarga Christopher Watts.

Ceritanya ini diawali dari proses rekonstruksi peristiwa pembunuhan hingga menewaskan istri Christopher serta dua anaknya yang masih balita.

Kasus pembunuhan satu keluarga ini sempat menyedot perhatian warga Amerika, terlebih profil keluarga tersebut dinilai sangat harmonis dan seperti tidak ada masalah sama sekali lewat postingan istrinya di media sosial.

6. Unsolved Mysteries Season 15 (2020)

Unsolved Mysteries Season 15

Foto: Unsolved Mysteries Season 15

Foto: IMDB

Unsolved Mysteries merupakan serial dokumenter produksi Cosgrove Meurer Production: 21 Laps Entertainment. Setiap episode menampilkan cerita yang berbeda-beda. Mulai dari kasus pembunuhan, kematian misterius, hingga penculikan.

Serial dokumenter ini mengungkap kisah berdasarkan reka adegan peristiwa, proses wawancara dari sumber tepercaya, hingga prose memecahkan kasus misteri tersebut.

Baca Juga: 11+ Rekomendasi Film Fantasi, Pas untuk Tontonan Akhir Pekan!

7. Banda The Dark Forgotten Trail (2017)

Banda

Foto: Banda

Foto: IMDB

Film dokumenter Indonesia yang ada juga di Neftlix selanjutnya adalah Banda The Dark Forgoten Trail.

Banda The Dark Forgotten Trail adalah sebuah film Panjang dokumenter 2017 yang diproduseri oleh Sheila Timothy, dan Abduh Aziz, naskah ditulis oleh penulis Cahaya dari Timur, Surat dari Praha dan Filososif Kopi 2 yaitu Irfan Ramli.

Sementara itu, Banda The Dark Forgotten Trail ini disutradarai Jay Subyakto. Departemen kamera dipimpin oleh sinematografer Ipung Rachmat Syaiful dengan didukung oleh Davy Linggar dan Oscar Motuloh.

Banda The Dark Forgotten Trail menjadi film panjang pertama Jay Subyakto. Aktor suara untuk film Banda The Dark Forgotten Trail adalah Reza Rahadian dalam Bahasa Indonesia dan Ario Bayu dalam Bahasa Inggris.

Film Banda ini dimulai di abad pertengahan, segenggam pala di Pasar Eropa dianggap lebih berharga dari sepeti emas. Monopoli bangsa Arab dan perseteruan dalam perang salib membawa Eropa ke dalam perburuan menemukan pulau-pulau penghasil rempah.

Perseteruan bangsa-bangsa terjadi akibat rempah-rempah. Kepulauan Banda yang saat itu menjadi satu-satunya tempat pohon-pohon pala tumbuh menjadi Kawasan yang paling diperebutkan.

Belanda bahkan rela melepas Nieuw Amsterdam agar bisa mengusir Inggris dari kepulauan tersebut. Pembantaian massal dan perbudakan pertama di Nusantara terjadi di Kepulauan Banda. Di sana pula, sebuah semangat kebangsaan dan identitas multikultural lahir menjadi warisan sejarah dunia.

8. Tell Me Who I am (2019)

Tell Me Who I am

Foto: Tell Me Who I am

Foto: IMDB

Disutradarai Ed Perkins, Tell Me Who I Am menampilkan dua tokoh utama yaitu pria kembar bernama Alex dan Marcus. Rekomendasi film dokumenter di Netflix ini berfokus pada kisah tentang Alex, yang mengalami kecelakaan lalu koma selama 3 bulan.

Namun ketika bangun dari koma, Alex justru tidak dapat mengingat apa pun kecuali saudara kembarnya. Tapi di sisi lain ada hal ganjil tentang fakta keluarga mereka yang cukup kelam.

Kira-kira Moms dan Dads penasaran dengan film dokumenter yang mana nih? Selamat menonton!

  • https://www.netflix.com/id/browse/genre/6839
  • https://www.netflix.com/id/title/81243697
  • https://www.netflix.com/id/title/81292475
  • https://www.netflix.com/id/title/81014008
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Semesta_(film)
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Banda_The_Dark_Forgotten_Trail