Rupa-rupa

2 Desember 2021

15 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Berani Menontonnya?

Jangan menonton ini kalau tak punya nyali!
placeholder

Foto: letterboxd.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms termasuk penggemar film horor? Genre yang satu ini memang sering membuat penasaran.

Ketegangan yang dihasilkan dari alur cerita, musik, ditambah dengan “penampakan” tokoh mistis, membuat film horor tetap diminati. Terlebih bila film horor ini diangkat dari kisah nyata.

Dikemas dengan begitu apik, ada lho, beberapa film yang mendapat predikat sebagai film horor terseram sepanjang masa.

Yuk, cari tahu di bawah ini rekomendasi film horor barat yang bisa ditonton bersama keluarga.

Baca Juga: 13 Film Horor Korea Terbaik, Berani Nonton?

Rekomendasi Film Horor Terbaik

Bagi sebagian orang film horor justru menjadi salah satu pemacu adrenalin seseorang dalam melawan ketakutan itu sendiri.

Namun, banyak juga dari mereka yang menonton dengan 'menutup' wajah dengan tangan, lho. Moms termasuk ke dalam tim yang mana nih saat menonton film horor?

Nah, di bawah ini beberapa rekomendasi film horor campuran terbaik untuk mengisi akhir pekan nanti.

1. The Exorcist (1973)

film horor the exorcist 1973

Foto: Orami Photo Stock

Film ini mendapat predikat sebagai film horor terbaik sepanjang masa.  

Bercerita tentang usaha seorang ibu untuk menyembuhkan putrinya yang kerasukan setan melalui eksorsisme (ritual pengusiran setan) yang dilakukan oleh dua orang pastur.

Film ini memperoleh 10 nominasi Oscar dan memenangkan dua diantaranya, yaitu untuk Penataan Suara Terbaik dan Penulisan Skenario Adaptasi Terbaik.

Dengan penghasilan kotor sebesar USD 402 juta, tak heran bila The Exorcist disebut sebagai film horor paling menguntungkan sepanjang masa.

Film ini pun sempat dilarang tayang di beberapa negara karena ceritanya yang terlalu mengerikan. Berani untuk menonton, Moms?

2. A Nightmare on Elm Street (1984)

film horor nightmare on elm street1984 2

Foto: Orami Photo Stock

Siapa yang tidak kenal dengan sosok  seram Freddy Krueger? Tokoh ini pertama kali muncul dalam film horor A Nightmare on Elm Street yang disutradarai oleh Wes Craven.

Semasa hidupnya, Freddy Krueger adalah pembunuh anak-anak. Pria bertopi ini pun meninggal karena dibakar hidup-hidup oleh masyarakat.

Arwah Freddy ternyata masih sering menghantui dan memburu anak-anak melalui mimpi. Film horor yang menjadi salah satu debut aktor Johnny Depp ini langsung meraup untung hanya pada seminggu pemutarannya.

Baca Juga: Mengenal Phasmophobia, Rasa Takut Berlebih pada Hantu

3. The Ring (1998)

fil horor ringsadakobanner

Foto: Orami Photo Stock

Dijamin Moms tidak bisa tidur sendirian semalaman setelah nonton film horor terbaik, The Rings. Bahkan jika menonton dengan lampu menyala sekalipun.

Adegan sosok hantu Sadako yang keluar dari dalam sumur dan bisa mendatangi orang yang sedang menontonnya di televisi, pasti akan terus melekat di kepala.

Film horor campuran asal Jepang ini memang fenomenal, hingga dibikin versi Hollywood-nya pada tahun 2002, dan ada pula The Ring Two (2005) dan Rings (2017).

4. Friday The 13th (1980)

film horor friday the 13th jason voorhees

Foto: Orami Photo Stock

Kebudayaan barat selalu menjauhi hari Jumat yang bertepatan tanggal 13. Inilah yang membuat salah satu rekomendasi film horor berikutnya jatuh pada Friday the 13th.

Ini dianggap film horor yang paling seram. Film ini bercerita menganai pembunuhan berantai oleh sosok misterius terhadap sekelompok remaja yang sedang camping.

Konon, banyak penonton yang mengurungkan niat camping setelah melihat film horor ini.

Baca Juga: Selain Munafik, Ini 12 Rekomendasi Film Horor Malaysia Terbaik

5. Paranormal Activity (2007)

paranormal activity.jpg

Foto: imdb.com

Paranormal Activity merupakan film yang cukup fenomenal di kalangan pecinta horor. Film yang kabarnya dibuat dengan budget terbatas ini ternyata terbilang sukses dan berhasil meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Dilansir Cinemagz, film ini hanya berisikan dua pemain utama dengan beberapa pemain figuran berlatar sebuah rumah.

Paranormal Activity menceritakan tentang pasangan muda yang kerap mendapat gangguan supranatural usai tengah malam hingga pagi datang.

Awalnya, pasangan tersebut, yakni Katie (Katie Featherston) dan Micah (Micah Sloat) merasa skeptis. Mereka akhirnya memutuskan untuk memasang kamera video di rumah sehingga aktivitas malam hari yang penuh ketegangan tersebut terekam.

Usai memasang kamera video di rumahnya, gangguan supranatural tersebut semakin mencekam. Penonton pun akan dibuat terkejut dengan setiap adegannya.

6. Insidious (2010)

insidious.jpg

Foto: bacaterus

Moms pecinta horor juga perlu menonton film Insidious ini yang termasuk dalam daftar film terseram.

Film yang disutradarai oleh James Wan ini bercerita tentang sebuah keluarga yang ingin mencegah roh jahat yang menjebak anak mereka hingga koma.

Awalnya, anak bernama Dalton dari keluarga Josh Lambert dan Renai terjatuh dari tangga loteng dan kepalanya membentur lantai. Usai jatuh, Dalton tidak sadarkan diri berhari-hari, dokter pun tak bisa mendiagnosis hal yang terjadi pada anak tersebut.

Beberapa bulan kemudian, sang istri dalam keluarga tersebut menyadari adanya hal-hal aneh yang terjadi di rumah. Renai mengatakan bahwa rumah tersebut berhantu dan meminta suaminya untuk segera pindah.

Meski awalnya tak terlalu percaya, Josh akhirnya memutuskan untuk meminta bantuan teman lama ibunya, Elise Rainier yang membawa tim Spek pemburu hantu dan Tucker untuk menyelidiki fenomena supernatural tersebut.

Jika Moms penasaran akan nasib keluarga mereka, terutama Dalton, segera tonton film Insidious untuk mencari tahu jawabannya.

Baca Juga: Berani Nonton? Ini 13 Film Horor Indonesia Terseram dan Terbaik

7. Sinister (2012)

sinister.jpg

Foto: memphisflyer

Film Sinister yang dirilis pada tahun 2012 ini berkisah tentang keluarga Ellison Oswalt yang baru saja pindah rumah.

Awalnya, Ellison menemukan sebuah rekaman tua yang berisi pembunuhan sadis. Ia pun merasa penasaran dan mencoba mencari tahu lebih lanjut tentang rekaman pembunuhan tersebut.

Tanpa disadari, Ellison ternyata menjadikan keluarganya sendiri sebagai target pembunuhan berikutnya dari sosok iblis.

Sejak saat itu, ia mulai ketakutan dan teror mencekam mulai bermunculan di rumah Ellison.

Hingga akhirnya, Ellison memutuskan untuk membakar rekaman video yang ia temukan dan mengajak keluarganya pindah rumah. Namun ternyata, teror iblis tersebut tak langsung berhenti, bahkan tetap mengikuti Ellison dan keluarganya ke rumah baru.

8. The Conjuring (2013)

film horor the conjuring

Foto: Orami Photo Stock

Film horor terbaik yang masih terbilang fenomenal ini meraup laba kotor sebesar USD 318 juta dari budget pembuatannya yang hanya USD 20 juta saja.

Diangkat berdasarkan kisah nyata, The Conjuring juga menjadi salah satu film horor terlaris dan terbaik sepanjang masa.

Film ini bercerita tentang kasus paling sulit yang pernah ditangani oleh pasangan suami istri paranormal terkenal di Amerika, yaitu Ed dan Lorraine Warren. Mereka harus menangani kasus keluarga Peron yang menempati sebuah rumah berhantu.

Setelah diselidiki, ternyata pada abad ke-18 rumah ini dihuni oleh seorang penyihir wanita bernama Bathsheba yang tega membunuh anaknya sendiri sebagai tumbal kepada iblis. Bathsheba juga mengutuk siapa pun yang menempati rumahanya akan meninggal akibat bunuh diri atau dibunuh.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Film Horor Thailand Terbaik, Berani Nonton?

9. The Hush (2016)

Film Horor Hush.jpg

Foto: Jagad Media

Ingin menonton film horor yang unik dan tak biasa? The Hush bisa jadi pilihan Moms selanjutnya, nih!

Menceritakan kehidupan seorang penulis tuli yang pindah ke dalam hutan untuk hidup menyendiri dan harus berjuang dalam hidupnya.

Seketika hidupnya berubah ketika bertemu dengan seorang pembunuh bertopeng yang muncul di jendela rumahnya.

Posisi rumah yang berada di tengah hutan dan jauh dari jangkauan orang, membuat ia harus berjuang melawan seorang psikopat sendirian.

Menariknya, di tengah-tengah film horor ini ada jump scare, lho!

10. Don't Breathe (2016)

Film Horor Don't Breathe.jpg

Foto: The Arcade

Hampir mirip dengan film horor sebelumnya, rekomendasi film satu ini berjudul Don't Breathe.

Jika film sebelumnya Moms disuguhkan seseorang tuli dan tidak bisa berbicara, film horor terbaik satu ini menceritakan seorang lansia buta yang melawan sekelompok penjahat.

Rock (Jane Levy), Alex dan Money adalah tiga pencuri yang membobol rumah orang kaya. Ternyata, rumah tersebut pemilik seorang veteran buta yang mendapatkan uang setelah kematian anak satu-satunya.

Mengira lansia tua itu adalah sasaran empuk, ternyata, kelompok penjahat ini justru terjebak di dalam rumah dan harus melawan keberanian veteran buta yang membawa senjata.

Para penyusup harus berjuang untuk hidup dan keluar dari rumah tersebut.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Film Horor Jepang, Bisa Jadi Ide Hiburan di Waktu Luang

11. The Forest (2016)

FIlm Horor The Forest.jpg

Foto: imdb.com

Rekomendasi film horor campuran Jepang dan barat berikutnya adalah The Forest.

Ketika saudara kembarnya menghilang di Jepang, seorang pemuda Amerika bernama Sara (Natalie Dormer) bertekad untuk mencari tahu apa yang terjadi padanya.

Investigasi Sara membawanya ke Hutan Aokigahara yang legendaris, yang terletak di kaki Gunung Fuji.

Ditemani oleh ekspatriat Aiden, dia memasuki hutan belantara misterius setelah diperingatkan untuk menjauh dari hutan 'angker' tersebut.

Penyelidikannya menjerumuskannya ke dalam dunia yang gelap di mana 'jiwa-jiwa yang marah' dan tersiksa dari orang mati memangsa mereka yang berani menjelajahi hutan.

12. Halloween (2018)

Film Horor Halloween.jpg

Foto: imdb.com

Bagi pecinta film Halloween lagendaris sejak tahun 1978, rekomendasi film Halloween produksi 2018 ini juga layak ditonton.

Sudah 40 tahun sejak Laurie Strode selamat dari serangan ganas dari pembunuh gila Michael Myers pada malam Halloween.

Pembunuh berantai ini kembali beraksi saat pesta malam Halloween.

Laurie sekarang menghadapi pertarungan yang mengerikan ketika orang gila bertopeng itu kembali untuk memangsa para korbannya.

Baca Juga: 12 Film Horor Komedi Terbaik, Pas untuk Nikmati Akhir Pekan

13. In The Tall Grass (2018)

Film Horor In The Tall Grass.jpg

Foto: imdb.com

Pernahkah Moms terpikir untuk masuk ke dalam ladang jagung? Sebaiknya urungi niat itu ya Moms! Sebab, film horor satu ini menceritakan kehidupan seram dan menakutkan di balik ladang jagung.

In The Tall Grass menceritakan seorang saudara dan saudari memasuki padang rumput tinggi (ladang jagung) untuk menyelamatkan seorang anak laki-laki, tetapi mereka segera menyadari bahwa mereka tidak dapat melarikan diri dan sesuatu yang jahat bersembunyi di balik rumput tinggi itu.

Tak sampai di situ, beragam keanehan mulai muncul ketika ia memasuki ladang jagung itu.

Mulai dari mendengar permintaan tolong, orang menangis hingga tersesat dan tak bisa keluar lagi.

14. US (2018)

Film Horor US 2018.jpg

Foto: The Film Magazine

Moms, rekomendasi film horor terbaik satu ini juga wajib ditonton. US yang diproduksi tahun 2018 ini, mungkin salah satu pengalaman menonton film horor yang luar biasa bikin tercengang.

Ditemani oleh suami, putra dan putrinya, Adelaide Wilson kembali ke rumah tepi pantai tempat masa kecilnya.

Dihantui oleh pengalaman traumatis di masa lalu, Adelaide semakin khawatir bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi.

Ketakutan terburuknya segera menjadi kenyataan ketika empat orang asing bertopeng membobol ke rumah penginapan mereka dan memaksa Wilsons dan keluarga berjuang untuk bertahan hidup.

Ketika topengnya terlepas, keluarga itu ngeri mengetahui bahwa setiap penyerang memiliki penampilan salah satu dari mereka.

Baca Juga: Ini Dia 8 Rekomendasi Film Horor Netflix, Yakin Berani Nonton Sendirian?

15. Host (2020)

host.jpg

Foto: themoviedb.org

Host merupakan film yang diproduksi ketika pandemi COVID-19, di tengah keterbatasan masa lockdown yang ditetapkan oleh pemerintah di banyak negara di dunia.

Film horor yang satu ini mengajak para penontonnya untuk melihat seluruh adegan melalui layar kaca sehingga mereka juga turut merasa sebagai partisipan.

Film Host bercerita tentang 6 orang teman yang berkumpul melalui panggilan video Zoom selama lockdown. Salah satu dari mereka menyarankan untuk melakukan permainan pemanggilan arwah.

Awalnya, Jemma sang pengusung ide permainan tersebut hanya mengarang cerita. Namun ternyata, candaannya tersebut membuat sosok iblis menyambangi mereka. Iblis itu kemudian menyamar menjadi tokoh yang diceritakan oleh Jemma.

Hingga akhirnya, mereka semua mengalami berbagai macam gangguan di rumah masing-masing. Akankah salah satu dari mereka bisa bertahan?

Nah, itulah daftar beberapa film horor campuran terseram sepanjang masa yang bisa Moms tonton, apabila Moms penggemar genre horor.

Bagi Moms yang mudah takut atau memiliki gejala jantung, ada baiknya untuk tidak menonton film-film ini.

  • https://editorial.rottentomatoes.com/article/the-10-scariest-horror-movies-ever/
  • https://www.glamour.com/gallery/scariest-horror-movies-ever
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait