Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Keamanan Bayi | Apr 5, 2018

Gara-Gara Teething Gel, Ibu Ini Hampir Kehilangan Bayinya

Bagikan



Saat Si Kecil sedang dalam masa pertumbuhan gigi, kerap kali Moms merasa tak tega karena mereka menangis dan merasa kesakitan.

Sebagai orangtua tentunya ingin menghilangkan rasa sakit tersebut dengan cara apapun termasuk menggunakan teething gel atau gel pereda sakit gigi pada bagi bayi yang sedang tumbuh gigi seperti yang dilakukan seorang ibu di Virginia, Danielle Kapetanovic.

Kapetanovic memberikan Chloe, putrinya yang baru berusia 15 bulan teething gel yang seketika membuat putrinya menjadi lemas, matanya terpejam, berhenti bernapas dan menjadi biru.

Kapetanovic menggambarkan bagaimana dia mencoba memukul punggung Chloe untuk membangunkannya, namun tidak mendapat respon. Kemudian iapun berlari ke kamar tidur di mana dia meletakkan putri kecilnya itu di tempat tidurnya dan mulai memberikan napas buatan sementaranya suaminya menghubungi layanan darurat.

Syukurlah, Chloe terbangun beberapa detik kemudian, dengan seluruh percobaan napas buatan yang berlangsung sekitar 20 detik, ambulanspun tiba dan kemudian memeriksa kondisinya.

Rupanya hal tersebut telah terjadi pada beberapa orangtua. Bahkan sang ibu baru mengetahui bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memperingatkan agar tidak memberi bayi Benzocaine yang merupakan bahan aktif dalam teething gel Baby Orajel. Karena hal ini dapat menimbulkan kondisi langka namun terkadang fatal yang disebut methemoglobinemia.

Methemoglobinemia merupakan sebuah kondisi dimana jumlah oksigen yang dibawa melalui aliran darah yang sangat berkurang. Pada kasus yang paling parah, methemoglobinemia bisa berakibat kematian.

Sementara itu dokter tidak dapat secara langsung mengatakan jika apa yang terjadi pada Chloe adalah reaksi terhadap benzokain atau hal lain. Namun karena hal ini, Kapetanovic mendesak orang tua lain untuk tidak membahayakan anak-anak mereka dengan menggunakan gel gigi.

Baca Juga : Kenali Tanda-Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Mengatasi Si Kecil yang Rewel Saat Tumbuh Gigi

bayi tumbuh gigi, bayi rewel tumbuh gigi

Ketimbang Moms harus menggunakan obat yang Moms belum tahu pasti apakah aman atau tidak bagi Si Kecil, lebih baik Moms mencoba menggunakan beberapa kiat berikut dalam mengatasi Si Kecil yang rewel saat tumbuh gigi.

1. Mengusap Gusi

Cara pertama yang dapat Moms lakukan adalah dengan mengusap gusi yang ditumbuhi akar gigi pada Si Kecil, hal yang penting untuk Moms perhatikan adalah jangan memaksa Si Kecil ketika akan mengusap gusi.

Lakukan dengan memasukan jari anda ke dalam mulutnya secara perlahan kemudian usap-usap pada gusinya. Untuk sebagian, mengusap gigi ini akan membuat nyaman mereka.

2. Finger Food

Biasanya tumbuh gigi pada usia 6 bulan seiring dengan makanan pendamping ASI yang telah mulai diberikan. Berikan finger food dalam ukuran yang memudahkan untuk digenggam, tidak membuat tersedak dan juga teksturnya mudah lumer di mulut bayi anda.

3. Mendinginkan Mainan

Selain finger food Moms juga dapat memberikan mainan yang tidak membuatnya terluka, salah satunya teether yaitu mainan untuk digigit, namun pastikan Moms membersihkannya terlebih dahulu sehingga mengurangi kuman pada saat masuk ke dalam mulutnya.

Selain itu Moms juga dapat memasukan ke dalam lemari es terlebih dahulu, benda yang dingin ketika digigit Si Kecil akan membuatnya nyaman, lho

4. Konsultasikan dengan Dokter

Apabila nyeri yang dirasakan Si Kecil tidak kunjung reda sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter, apalagi bila nyeri terus berlangsung hingga beberapa hari agar segera ditemukan penyebabnya dan diberikan obat yang sesuai dengan usia Si Kecil.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.