Fashion & Beauty

29 Juli 2020

Ini 4 Tips Waxing yang Perlu Diketahui, Kulit Jadi Mulus dan Terawat

Sebelum melakukan waxing, coba perhatikan beberapa tips berikut ini ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencabut bulu, salah satunya adalah waxing. Metode waxing dianggap paling cepat, mampu menghilangkan bulu dalam jumlah lebih besar, meskipun rasanya agak menyakitkan.

Jurnal British Columbia Institute of Technology mengungkapkan, waxing sebagai bentuk pencabutan bulu yang menggunakan bahan dasar, yaitu lilin yang sudah dihangatkan.

Waxing bisa dilakukan di berbagai area tubuh, seperti wajah, alis, pangkal paha, kaki, dan ketiak. Ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan sebagai tips waxing jika baru pertama kali. Ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Rasa Sakit Akibat Waxing

Tips Waxing Agar Kulit Mulus

Menurut Canadian Institute of Public Health Inspectors, kunci utama sebelum melakukan waxing adalah memastikan kulit sehat dan tidak memiliki iritasi.

Jangan lakukan waxing ketika kulit sedang terluka. Hindari pula melakukan waxing 5 hari sesudah atau sebelum menstruasi, karena kulit biasanya akan terasa sangat sensitif.

Selain itu, coba perhatikan beberapa tips melakukan waxing berikut ini:

1. Jaga Kelembapan Kulit

4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Lakukan Waxing-1.jpg

Foto: freepik.com

Persiapkan kulit agar bersih dan lembap sebelum melakukan waxing. Hal ini bertujuan untuk menjaga proses waxing bisa berjalan tanpa hambatan.

Menurut Nandi Wagner, ahli kecantikan dari Soho, kulit juga perlu dilakukan eksfoliasi sebelum waxing untuk membuat sel-sel kulit mati luruh dan kulit terasa lebih lembut.

Baca Juga: 4 Jenis Skincare untuk Melembapkan Kulit Kering saat Hamil

2. Jangan Mencukur Bulu

4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Lakukan Waxing-1.jpg

Foto: goodhousekeeping.com

Sebagai tips waxing, sebaiknya Moms jangan mencukur bulu sebelumnya.

Nyatanya, proses waxing juga dilakukan dengan terlebih dahulu melihat seberapa panjang bulu. Jika bulunya terlalu pendek, maka proses waxing nantinya akan jauh lebih sulit.

“Perhatikan panjang bulu harus sekitar seperempat inci agar hasilnya efektif. Jangan mencukur bulu sebelum proses waxing dilakukan. Namun, tidak apa-apa ketika Anda ingin mencukur bulu yang masih tersisa setelah satu atau dua hari waxing dilakukan,” ujar Dr. Joel Schlessinger, dokter kulit bersertifikat, mengutip Bustle.

3. Cara untuk Mengurangi Rasa Sakit

4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Lakukan Waxing-3.jpg

Foto: womansday.com

Bagian yang paling ditakuti dari proses waxing adalah rasa sakit yang tidak menyenangkan. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk tips waxing agar membantu meminimalkan rasa sakit.

Hindari mengonsumsi alkohol atau kafein beberapa hari sebelum proses waxing agar mendorong sirkulasi darah lebih lancar sehingga proses waxing tidak begitu menyakitkan.

Jika Moms membutuhkan bantuan obat pereda nyeri, sebaiknya konsumsi setidaknya 45 menit sebelum melakukan proses waxing.

Baca Juga: Waxing, Mencukur, atau Laser, Mana yang Lebih Efektif Menghilangkan Bulu?

4. Pastikan Kulit Bersih

4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Lakukan Waxing-4.jpg

Foto: stylecaster.com

Melansir Insider, pada hari proses waxing akan dilakukan, pastikan Moms menjaga kebersihan permukaan kulit dengan baik. Hindari memakai losion terlalu tebal karena hanya akan menjadi penghalang terhadap proses waxing tersebut.

Untuk tips waxing-nya, jika Moms melakukan waxing di salon, pastikan terapisnya memakai sarung tangan dan membersihkan area yang ingin di-waxing dengan menggunakan cairan antiseptik.

Hal ini untuk mengurangi risiko terkena infeksi atau iritasi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum melakukan waxing. Setelahnya, mungkin sama Moms akan melihat area kulit memerah, namun jangan khawatir karena biasanya akan memudar dalam waktu semalam.

“Kenakan pakaian yang longgar agar tubuh terasa lebih nyaman dan mengurangi gesekan. Selain itu, hindari mandi dengan air panas selama 24 jam ke depan,” ungkap Marta Camkiran, ahli estetika senior di Haven Spa, New York.

Itu dia beberapa tips waxing yang bisa dilakukan agar kulit mulus. Jadi, apakah Moms tertarik untuk mencoba waxing sekarang? Pastikan melakukannya dengan tepat atau mengunjungi tempat waxing yang kredibel, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait