Newborn

NEWBORN
3 Oktober 2017

Hati-Hati, Ini 7 Hal Berbahaya Di Sekitar Bayi Yang Harus Dijauhkan

Jangan lengah, banyak barang di sekitar si kecil yang bisa menyakitinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Ketika si Kecil mulai aktif bergerak dan bereksplorasi, ada banyak bahaya yang mengintainya, terutama di sekitar rumah. Mama harus menyingkirkan benda-benda yang berpotensi membahayakan keselamatan si Kecil.

Si Kecil menghabiskan banyak waktunya untuk bermain di rumah. Karenanya, tak sedikit jumlah kecelakaan yang dialami anak terjadi di dalam rumah. Jadi, Mama harus membuat rumah seaman mungkin.

Cara terbaik untuk Mama memeriksa keamanan rumah bagi si Kecil adalah berlutut dan menempatkan diri Mama satu level dengannya. Lihat di sekeliling, benda-benda apa saja yang berpotensi menimbulkan bahaya baginya.

Untuk memudahkan Mama, inilah beberapa hal yang harus Mama jauhkan untuk membuat rumah aman dan nyaman bagi si Kecil yang sudah mulai merangkak, berjalan, dan bereksplorasi:

1. Benda tajam

Benda-benda tajam yang berbahaya seperti gunting, pisau, paku, gunting kuku, sebaiknya dikumpulkan dalam satu kotak. Taruh kotak ini di luar jangkauan si kecil dan sebaiknya dikunci.

2. Benda-benda berukuran kecil

Di usianya saat ini, si Kecil sedang bisa tertelan oleh si kecil sehingga meningkatkan risiko tersedak. Karenanya, singkirkan benda-benda kecil dari jangkauan si kecil, seperti pecahan plastik, krayon, sampai peniti. Tempatkan dalam satu wadah dan jauhkan dari jangkauan anak.

3. Benda pecah belah

Setelah bayi Mama mulai bergerak, ia mudah menjangkau benda pecah belah seperti kaca, guci, atau keramik. Pindahkan benda yang mudah pecah itu untuk menghindari kecelakaan di rumah.

4.Colokan listrik

Lebih baik semua colokan listrik di rumah berada di tempat yang tinggi. Jika ada colokan listrik di lantai, sebaiknya disegel atau dimatikan. Benda beraliran listrik misalnya raket nyamuk juga tidak boleh diletakkan di sembarang tempat.

5. Produk yang mengandung zat kimia

Produk-produk dengan zat kimia berbahaya seperti obat serangga, pengharum ruangan, cairan pembersih lantai atau keramik, dan benda lain yang sejenis, harus disimpan di tempat yang benar-benar tak terjangkau oleh si kecil. Hal ini untuk menghindari bahaya tertelan.

6. Furnitur bersudut tajam

Jika banyak furnitur yang memiliki sudut tajam di dalam rumah, segera pasangkan pelindung yang banyak tersedia di toko ibu dan anak. Anda juga sebaiknya menggunakan pelindung untuk laci-laci dan lemari es agar si kecil tak bisa membukanya.

7. Rokok

Jangan biarkan si kecil berdekatan dengan perokok. Ini bisa berbahaya dan membuatnya mengalami gangguan pernapasan. Jika pasangan atau anggota keluarga lain ada yang perokok, pastikan mereka sudah membersihkan tubuh dan mengganti baju sebelum berdekatan dengan si kecil. Asap dan abu rokok yang menempel juga bisa membahayakan si kecil.

(OCH)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait