09 Juni 2022

Hevit Plus (Multivitamin): Kegunaan, Dosis, dan Efek Samping

Ingin mencari multivitamin yang mendukung kesehatan tubuh? Moms bisa mencoba Hevit Plus

Moms dan Dads merasa tubuh seperti yang mudah batuk, pilek dan kurang sehat? Bisa jadi kekurangan vitamin dan beberapa mineral. Salah satu caranya dengan mengonsumsi Hevit Plus.

Apa Itu Hevit Plus?

hevit plus
Foto: hevit plus

Foto: Kalbemed

Dilansir kalbemed, Hevit-Plus merupakan campuran multivitamin dan mineral. Vitamin dan beberapa mineral merupakan bahan-bahan esensial yang terdapat dalam makanan sehari-hari untuk metabolisme yang normal dan mempertahankan kesehatan.

Suplementasi multivitamin dan mineral dibutuhkan untuk mencegah atau memperbaiki defisiensi relatif pada diet yang disebabkan meningkatnya kebutuhan, kurangnya makanan yang masuk atau adanya gangguan dalam penyerapan makanan.

Baca Juga: Enervon C (Multivitamin): Kandungan, Dosis, dan Efek Samping

Manfaat Hevit Plus

Remaja konsumsi obat medis.jpeg
Foto: Remaja konsumsi obat medis.jpeg (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat Hevit Plus ini mengandung vitamin B1, B6, B12, C, E, dan zink yang dapat membantu memelihara kesehatan tubuh dan mencukupi kebutuhan mikronutrien harian.

Hevit-Plus mengandung vitamin C dosis tinggi yang merupakan antioksidan dan diperlukan untuk fungsi imunitas tubuh, sintesis kolagen, serta penyembuhan luka.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C dapat menurunkan risiko ISPA. Hevit-Plus juga mengandung zink yang merupakan antioksidan dan bermanfaat untuk fungsi imunitas dan penyembuhan luka.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat zinc dapat menurunkan angka keparahan dan memperpendek durasi gejala dari common cold yang disebabkan oleh virus. Multivitamin yang mengandung vitamin B, C, E, dan zink juga direkomendasikan untuk pasien infeksi Covid-19 baik tanpa gejala atau dengan gejala ringan.

Dosis Hevit Plus

Hevit Plus
Foto: Hevit Plus

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari website Hexapharm, dosis Hevit Plus baik dewasa dan anak 12 tahun atau lebih yaitu satu kaplet sehari atau atas petunjuk dokter.

Hevit-Plus sebaiknya dikonsumsi setelah makan pagi. Jika memang diperlukan dan selama tidak ada efek samping maupun gangguan fungsi ginjal, Hevit-Plus relatif aman dikonsumsi jangka panjang sesuai dosis yang dianjurkan disertai dengan banyak minum air putih.

Pemberian Hevit Plus sendiri dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada kondisi di mana kebutuhannya meningkat seperti pada masa penyembuhan penyakit, penurunan stamina atau imunitas tubuh, kondisi kurangnya asupan makanan atau adanya gangguan dalam penyerapan makanan.

Namun jika suplementasi tidak diperlukan lagi, hentikan penggunaan. Hevit Plus berbentuk kaplet salut selaput. Dikemas dalam boks berisi 10 strip masing-masing 10 kaplet.

Baca Juga: Suplemen Becom Zet, Multivitamin untuk Jaga Daya Tahan Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Efek Samping Hevit Plus

Seluk-Beluk Kista Ginjal Gejala dan Komplikasinya.jpg
Foto: Seluk-Beluk Kista Ginjal Gejala dan Komplikasinya.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Efek samping Hevit Plus yang mungkin terjadi adalah reaksi hipersensitivitas. Selain itu, jangan gunakan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap kandungan Hevit-Plus.

Sementara itu, Hevit Plus untuk ibu hamil dan menyusui belum diteliti keamanannya. Sehingga pemberiannya berdasarkan pertimbangan dari dokter.

Walaupun Hevit Plus bisa diberikan pada pasien dengan gangguan fungsi hati namun berhati-hatilah pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal.

Apakah Hevit Plus Aman untuk Lambung?

sakit perut
Foto: sakit perut (Freepik.com)

Foto: Orami Photo Stock

Menurut laman hexpharmjaya, Hevit Plus sendiri mengandung vitamin C yang bersifat acidic oleh karenanya disarankan untuk mengkonsumsi Hevit dilakukan setelah makan.

Adapun makanan yang dikonsumsi tidak pedas dan makanan tersebut mengandung rendah asam seperti brokoli, bunga kol, alpukat, pisang, dan lainnya.

Sementara itu mengutip dari laman Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran, Dikatakan Prof Ari Fahrial Syam, pakar penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ada batasan maksimal asupan vitamin C bagi pasien maag.

“Kalau punya (penyakit) lambung harus hati-hati. Paling aman konsumsi vitamin C di bawah 500 miligram atau 300 lah maksimal perhari,” kata Prof Ari.

Ia bercerita, pernah memiliki pasien yang datang berobat karena mengalami demam. Lantaran khawatir telah terinfeksi virus corona, pasien tersebut banyak mengonsumsi vitamin c dalam berbagai produk meskipun hasil rapid tes telah menunjukan negatif.

“Akhirnya yang ada maag-nya kambuh dan gak mau makan. Itu justru memperburuk keadaan. Alih-alih dia mau mencegah malah terkena penyakit,” ucapnya.

Menurut Ari, dalam mengonsumsi suplemen kesehatan, harus bisa mengenali tanda-tanda yang terjadi pada tubuh. Sekalipun yang dikonsumsi berupa herbal, Ari menyampaikan efek samping tetap bisa terjadi.

Baca Juga: Kenali Promavit, Multivitamin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Hevit Plus benar-benar merupakan suplemen multivitamin dan zink yang diciptakan sebagai pilihan tepat dan praktis untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam menjaga daya tahan tubuh sehingga bisa dikonsumsi kapan saja.

  • https://kalbemed.com/product/id/405
  • https://fk.ui.ac.id/infosehat/dokter-ingatkan-pasien-maag-jangan-konsumsi-vitamin-c-berlebihan-kenapa/
  • https://www.hexpharmjaya.com/hevit-plus
  • https://www.kalcare.com/medika-lestari/hevit-plus-100-kaplet
  • https://www.hexpharmjaya.com/ask-doctor
  • https://www.kalbemed.com/product/id/405

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb