Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Jan 30, 2018

Ibu Hamil, Konsumsi 5 Makanan Sumber Folat Ini Agar Kesehatan Janin Optimal

Bagikan


Ibu Hamil, Konsumsi 5 Makanan Sumber Folat Ini Agar Kesehatan Janin Optimal

Folat adalah salah satu zat yang harus dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Folat atau vitamin B9 berfungsi untuk membantu perkembangan selubung saraf otak dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang belakang janin.

Zat satu ini bisa didapat dari makanan sehat yang Moms konsumsi tiap hari ataupun dari suplemen kehamilan yang diresepkan oleh dokter.

Untuk meningkatkan konsumsi folat selama kehamilan, Moms perlu mengetahui makanan sehat apa saja yang memiliki kandungan zat penuh manfaat ini. Berikut daftarnya:

Sayuran hijau

Kata “folat” diambil dari “foliage” yang berarti dedaunan dengan asupan vitamin tinggi. Maka dari itu, sayuran hijau merupakan salah satu sumber folat terbesar dan bisa dioleh menjadi aneka makanan sehat yang lezat.

Dua mangkuk bayam segar mengandung 218 mcg folat, sedangkan kubis dan sayuran hijau lain yang direbus mengandung 50 hingga 90 mcg folat tiap porsinya.

Baca Juga : 10 Jus Berkhasiat Untuk Ibu Hamil

Asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan sehat dengan kandungan folat yang tinggi. Tiap porsi asparagus mengandung 79 mcg folat yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan janin. Moms bisa menumis asparagus sebagai makanan pelengkap mashed potato atau menjadikannya sup yang lezat.

Baca Juga : Mitos Seputar Makanan Pada Masa Kehamilan

Brokoli

Semangkuk brokoli memberikan asupan folat sebanyak 104 mcg. Selain folat, bahan makanan sehat ini juga kaya akan serat, betakaroten, kalsium, dan zat besi.

Moms bisa menghidangkan brokoli dalam sup bersama dengan wortel dan sayuran lainnya atau menumisnya dengan bawang putih dan irisan daging sebagai sumber proteinnya.

Baca Juga : Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Sesuai Usia dan Makanan yang Disarankan Agar Tulang Kuat

Biji bunga matahari

Meski lebih dikenal sebagai camilan, biji bunga matahari ternyata merupakan makanan sehat yang kaya folat, kalsium, serta zat besi. Semangkuk biji matahari mengandung 82 mcg folat dan bisa Moms oleh menjadi berbagai sajian lezat seperti salad maupun sup.

Baca Juga : Benarkah Makan Avokad Bagus untuk Kesuburan?

Avokad

Avokad adalah makanan sehat yang menakjubkan karena mengandung folat serta lemak baik yang bermanfaat untuk otak janin.

Setiap butir avokad mengandung sekitar 90 mcg folat dan sangat cocok diolah dengan salmon serta buah kenari yang kaya akan omega 3 untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan saraf janin.

Daftar bahan makanan sehat tersebut bisa didapatkan dengan mudah di supermarket atau pasar tradisional.

Namun, perlu diingat, sebelum mengolah aneka bahan ini, pastikan Moms sudah membaca terlebih dulu panduan memasak makanan sehat tersebut agar kandungan folat di dalamnya dapat terserap dengan utuh, ya.

Selamat mencoba!

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.