06 Mei 2019

Ini 3 Alasan Untuk Tidak Mendandani Anak Kembar Dengan Baju Yang Sama

Mendadani anak kembar dengan kompak memang menggemaskan, tapi apa dampaknya?

Mendandani anak kembar dengan gaya rambut, baju, sampai aksesori yang sama memang terlihat kompak dan menggemaskan, tapi pernahkah Moms terpikirkan akan dampak negatifnya?

Menurut Linda Blair, psikolog klinis dari British Psychological Society, orang tua dari anak kembar memang cenderung bangga dengan keunikan anaknya dan ingin menonjolkannya melalui penampilan anak kembar yang persis sama dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Baca Juga : 10 Inspirasi Nama Bayi Kembar Laki-Laki dan Perempuan yang Unik dan Tak Pasaran

Sedangkan menurut pengakuan para orang tua di laman BBC News, mendandani anak kembar dengan baju sama bukan hanya lebih praktis dan menghemat waktu, tapi juga mengurangi resiko rebutan atau saling iri antar anak.

Namun para pakar perkembangan anak sepakat mengingatkan orang tua tentang dampak negatif dari mendandani anak kembar dengan baju sama. Apa saja ya, Moms?

1. Menghambat Pembentukan Identitas Diri Anak

anak kembar
Foto: anak kembar (shutterstock)

Dalam studi yang dilansir oleh European Journal of Psychology of Education, disebutkan kalau proses membangun identitas diri individual pada anak kembar itu lebih rumit bila dibandingkan dengan anak non-kembar.

Psikolog dan pakar anak kembar Joan A Friedman Ph.D. dalam bukunya Emotionally Healthy Twins, menyebutkan kalau pakaian adalah bagian penting dalam proses pembentukan identitas individual seorang anak.

Kebiasaan mendandani anak kembar dengan baju yang sama membuat anak jadi kesulitan memisahkan identitas dan keunikan dirinya dengan saudara kembar.

Baca Juga : 6 Selebriti Indonesia yang Punya Anak Kembar Menggemaskan

2. Membuat Kelebihan Anak Sulit Terlihat

anak kembar baju sama
Foto: anak kembar baju sama (shutterstock)

Secara psikologis, anak kembar yang terbiasa memakai baju sama cenderung merasa kalau mereka juga harus sama dalam berbagai hal.

Mulai dari menyukai warna yang sama sampai melakukan kegiatan yang sama dengan cara yang sama pula.

Akibatnya, anak jadi sering merasa tidak nyaman dan membatasi diri untuk mengeksplorasi minat dan aktivitas berbeda karena takut kehilangan hubungan kuat dengan saudara kembarnya.

Padahal, setiap anak harus mencoba banyak hal dan melakukan berbagai aktivitas berbeda untuk menemukan minat dan menumbuhkan kekuatan individualnya.

3. Membuat Anak Sulit Menerima Perubahan

anak kembar baju sama 2
Foto: anak kembar baju sama 2 (shutterstock)

Satu lagi alasan jangan mendandani anak kembar dengan baju yang sama adalah karena mereka akan kesulitan menghadapi perubahan saat tiba waktunya harus mengambil jalan hidup yang berbeda di masa depan.

Biasanya kesulitan ini dihadapi oleh anak kembar yang terus didandani dengan baju sama hingga memasuki usia remaja.

Boleh kok, sesekali mendandani anak kembar dengan baju yang sama. Tapi biarkan mereka tumbuh menjadi individu pribadi dengan keunikan dan kelebihannya sendiri ya, Moms.

Nah, apa Moms setuju kalau anak kembar seharusnya tidak selalu didandani dengan baju yang sama?

(WA/CAR)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb