11 February 2019

Ini 5 Cara Mengetahui Apakah Anak Kidal Atau Tidak

Moms atau ayahnya kidal makan kemungkinan Si Kecil untuk kidal akan semakin besar


Dalam melakukan berbagai aktivitasnya, Moms tentu ingin anak terbiasa menggunakan tangan kanan.

Meskipun sama-sama baik, namun hingga saat ini budaya menggunakan tangan kanan dianggap tangan yang sopan. Padahal, anak yang kidal akan dominan menggunakan tangan kirinya untuk melakukan berbagai aktivitas.

Untuk mengenali apakah Si Kecil adalah kidal atau dominan tangan kiri ada beberapa hal yang dapat Moms perhatikan. Inilah beberapa cara mengetahui anak kidal atau tidak:

Baca Juga : 4 Fakta Menarik Tentang Anak Kidal

1. Genetik

Sebelum melihat gerak-gerik anak untuk mengetahui apakah ia kidal atau tidak, Moms dapat terlebih dahulu melihat faktor genetik atau keturunan.

Faktor genetik membuat anak tak jauh berbeda dari orang tua, dengan kata lain bila Moms atau ayahnya kidal makan kemungkinan Si Kecil untuk kidal akan semakin besar.

Karenanya, perhatikan penyebab kelainan kongential non genetik termasuk tangan kidal.

2. Lakukan Percobaan

shutterstock 130333349
Foto: shutterstock 130333349

Cara yang juga cukup ampuh untuk mengetahui apakah Si Kecil kidal atau tidak, Moms bisa melakukan percobaan kecil.

Mintalah mereka melakuka sesuatu menggunakan tangan kanan, seperti menulis. Apabila ia terlihat kesulitan dan terbebani saat melakukannya, maka kemungkinan besar Si Kecil kidal.

3. Memiringkan Kepala

Seseorang yang tidak kidal, maka umunya secara spontan ketika diminta untuk memiringkan kepala maka mereka akan memiringkannya ke kanan.

Cobalah minta anak untuk memiringkan kepala, bila ia ternyata memiringkannya ke kiri maka kemungkinan tangan kirinya yang lebih dominan atau kidal.

Baca Juga : Tingkatkan Kemampuan Menulis Anak dengan 5 Aktivitas Ini

4. Cara Menggaruk

shutterstock 337102220
Foto: shutterstock 337102220

Saat tubuhnya gatal, tentu Si Kecil akan menggunakan tangannya untuk menggaruk. Nah Moms bisa memperhatikan tangan mana yang paling sering ia gunakan.

Bila Si Kecil kidal sebagian menunjukkan ciri-ciri anak hiperaktif, sehingga diperlukan cara mendidik anak hiperaktif yang cukup efektif.

5. Tepuk Tangan

Terakhir, ajak anak untuk bertepuk tangan atau menyilangkan tangan di dada. Mereka yang kidal akan memberikan respon suara tepukan yang lebih kuat pada telapak tangan kirinya.

Begitu pula saat Si Kecil menyilangkan tangannya di dada, tangan kiri akan cenderung berada di atas.

Kidal bukanlah sesuatu yang buruk, namun banyak yang menjadi tak percaya diri karena hal ini. cobalah untuk menanamkan pada mereka bahwa anak kidal adalah hal yang wajar saja terjadi dan mereka tak perlu merasa berkecil hati.

(MDP)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb