Balita dan Anak

22 Juni 2020

Ini Tips Mengasuh Anak Disleksia

Disimak dengan baik ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Moms mendapati Si Kecil kesulitan dalam mengeja kata atau menyusun kalimat? Bisa jadi anak mengalami gangguan disleksia. Walau penyakit ini tidak memengaruhi tingkat kecerdasan seseorang namun butuh tips khusus untuk mengasuh anak disleksia.

“Disleksia adalah kelainan membaca yang ditandai dengan defisit pemrosesan fonologis primer. Orang-orang dengan disleksia berjuang untuk memecahkan kode kata-kata individual dan memiliki kemampuan mengeja yang buruk," kata Katie Davis, PsyD, seorang neuropsikolog pendidikan dan peneliti neuroscience yang berbasis di Manhattan, Amerika.

Ini menyebabkan mereka mengalami kesulitan membaca, menulis, dan mengeja. Mereka cenderung menghafal kata-kata tersebut. Lalu, apa yang dapat orang tua lakukan untuk membantu mereka?

Baca Juga: 7 Mitos tentang Disleksia, Tidak Perlu Dipercaya ya Moms!

Tips Mengasuh Anak Disleksia

tips mengasuh anak disleksia

Foto: smartparents.sg

Disleksia tidak bisa diobati, namun lebih cepat mengetahui gangguan ini maka anak pun akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sebab, kadang disleksia tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun dan tidak dikenali sampai dewasa, tetapi tidak ada kata terlambat untuk mencari bantuan.

1. Bertanya Pada Pihak Sekolah

tips mengasuh anak disleksia

Foto: straitstimes.com

Jika Si Kecil tidak memenuhi harapan untuk membaca, orang tua dapat meminta sekolah melakukan evaluasi dan membagikan hasilnya kepada Moms dan Dads.

Evaluasi dapat membantu orang tua melihat apakah terdapat apakah ada kesenjangan prestasi antara keterampilan membaca dan kemampuan intelektual anak.

Kesampingkan kemungkinan penyebab lain seperti faktor lingkungan atau gangguan pendengaran.

Baca Juga: Tanda-Tanda Disleksia Pada Balita

2. Bangun Kepercayaan Diri Anak

tips mengasuh anak disleksia

Foto: schoolchalao.com

Anak-anak dengan disleksia, terutama yang belum didiagnosis, sering mengalami krisis percaya diri. Jadi, tips mengasuh anak disleksia selanjutnya adalah bantu mereka kembali menyadari kembali bahwa mereka cerdas dan cakap.

Berikan anak pengalaman positif dengan merayakan kemenangan dan prestasi kecil mereka.

"Jika anak justru jadi membenci pengalamannya saat membaca, itu tidak akan membantu ia jadi lebih baik. Jika ada yang salah dengan caranya, itu tidak akan mengatasi masalahnya," jelas dokter Matthew Cruger, direktur Pusat Pembelajaran dan Pengembangan di Child Mind Institute.

Hindari terlalu fokus untuk memperbaiki kesalahan mereka.

3. Berikan Anak Waktu Lebih

tips mengasuh anak disleksia

Foto: pbs.org

Pastikan sekolah dapat memberikan anak dengan disleksia waktu tambahan di sekolah. "Disleksia akan merampas waktu seseorang. Dengan akomodasi yang baik maka tentu itu dapat membantu Si Kecil yang mengalami disleksia," kata dokter Sally Shaywitz, co-director Yale Center for Dyslexia and Creativity, Amerika.

Akomodasi tersebut dapat berupa waktu ekstra untuk mengerjakan tes, tempat yang tenang untuk mengerjakan tes, izin untuk merekam pelajaran, izin untuk memberikan jawaban secara verbal dan bukan tertulis, hingga pembebasan dari pembelajaran bahasa asing.

4. Kenali Bakat Anak di Bidang Lain

tips mengasuh anak disleksia

Foto: littleguidedetroit.com

Salah satu tips mengasuh anak disleksia yang dapat menolongnya lebih jauh adalah mendorong kegiatan-kegiatan yang ia sukai. Apakah itu tentang musik, olahraga, atau apa pun kegiatan yang dapat membangun rasa percaya dirinya di bidang lain.

Hal ini sangat membantu untuk membuktikan bahwa disleksia tidak ada hubungannya dengan kecerdasan seorang anak. Beberapa orang sukses yang mengalami disleksia seperti aktris Whoopi Goldberg dan sutradara film ternama seperti E.T. dan Jurassic Park, Steven Spielberg.

Baca Juga: 4 Cara Mengajari Anak Disleksia Membaca dan Menulis

5. Berikan Pertolongan Kecil Setiap Waktu

tips mengasuh anak disleksia

Foto: understood.org

Hal-hal ini mungkin terlihat sederhana, tetapi pertolongan berupa buku audio sebagai alternatif untuk membaca akan sangat menolong Si Kecil.

Tips lainnya adalah dengan mengizinkan anak mengetik daripada menulis, menggunakan aplikasi permainan yang menyenangkan untuk memecahkan kata, serta mengizinkan anak menggunakan penggaris agar mereka bisa membaca dalam garis lurus yang membatu anak tetap fokus.

Dengan beberapa tips mengasuh anak disleksia di atas, tentunya Moms dan Dads akan sangat tertolong untuk membantu Si Kecil menemukan kembali kepercayaaan dirinya yang sempat hilang.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait