Program Hamil

PROGRAM HAMIL
7 November 2017

Ini Waktu yang Tepat Membeli Baju Hamil

Saat hamil, Mama memerlukan pakaian yang nyaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Baju hamil mungkin hanya akan dipakai dalam kurun beberapa waktu, tapi sebenarnya fungsinya sangat penting. Baju hamil membuat ibu hamil merasa lebih nyaman bergerak yang pada akhirnya juga akan memberikan dampak positif bagi kondisi perkembangan bayi.

Sebelum menentukan kapan membeli baju hamil, Mama perlu tahu perubahan-perubahan pada tubuh saat hamil harus dicermati. Terlebih bagi ibu hamil yang memiliki kesibukan bekerja di luar rumah, karena perubahan tubuh dan hormon tentunya mempengaruhi kenyamanan dan cara bergerak ibu.

Kapan Waktu Tepat Untuk Membeli Baju Hamil?

shutterstock 535834711

Beberapa perubahan tubuh ibu hamil antara lain adanya peningkatan volume pernapasan karena permintaan tambahan dari janin yang sedang tumbuh. Oleh sebab itu, ventilasi dan organ pernapasan akan merespon dengan menyaring lebih banyak udara yang masuk.

Calon ibu akan lebih sering merasa kekurangan udara atau terengah-engah. Untuk itu, Mama harus cepat tanggap mengganti pakaian yang biasa dipakai dengan pakaian yang lebih longgar sesuai dengan perkembangan tubuh.

Selama kehamilan payudara akan terasa lebih lembut karena peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Ketika mendekati waktu persalinan, ukuran payudara akan meningkat untuk menyiapkan ibu menyusui. Maka penting bagi Mama memilih bra yang lebih besar namun tetap menopang dengan baik.

Selain itu, ukuran abdomen akan semakin bertambah dan menekan tulang rusuk pada akhir trimester kedua. Hal ini karena ukuran janin yang semakin besar. Hasilnya ibu akan merasa sedikit sakit pada bagian samping abdomen.

Rahim yang semakin membesar akan menekan kandung kemih, uretra, dan panggul. Hal ini menyebabkan ibu sering buang air kecil. Sementara itu, ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan limbah yang dihasilkan oleh ibu dan janin dalam tubuh. Sebaiknya ibu memilih pakaian hamil yang tidak mempersulit saat ibu harus berkali-kali ke toilet untuk buang air kecil.

Selain itu, memasuki usia kandungan 16 minggu adalah waktu untuk ibu memilih celana dalam yang lebih besar dan khusus ibu hamil untuk menopang perut. Pastikan bahwa celana dalam terbuat dari bahan kantun agar bisa menyerap keringat dan adanya aliran udara.

Ketika hamil, ibu juga akan mengalami peningkatan pertumbuhan kuku, rambut, dan tekstur kulit. Selama kehamilan kulit akan menjadi semakin kering dan mudah meninggalkan bekas. Hal ini disebabkan oleh hormon yang tak stabil dan peningkatan produksi hormon estrogen.

Kram kaki juga sering terjadi karena tertekannya pembuluh darah, bertambahnya berat badan, serta hormon yang tak seimbang. Metabolisme yang tinggi juga menyebabkan peningkatan suhu tubuh selama kehamilan.

Sehingga sekali lagi, perhatikan bahan, ukuran dan model pakaian hamil yang ibu pilih. Pastikan tidak ada aliran darah pada bagian tubuh tertentu yang terhambat karena model pakaian atau sepatu yang terlalu sempit dan menekan.

Selain hal di atas, sebelum membeli pakaian hamil, lebih baik Moms cek promo Lebaran yang ada di Orami. Ada diskon hingga 70% untuk semua pakaian hamil, lho!

(HEI)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait