Inspirasi Nama Bayi

29+ Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Jawa dan Perempuan Jawa, Ada Mahesa dan Gayatri, Keren!

Tidak hanya indah, nama-nama ini juga punya makna mendalam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Nama bayi laki-laki Jawa dan nama bayi perempuan Jawa tentunya masih digemari. Selain namanya yang unik, nama bayi laki-laki Jawa serta perempuan pun juga memiliki makna atau arti yang mendalam.

Beberapa orang tua mungkin ada yang ingin menamakan anak mungilnya dengan nama yang terkesan modern, unik, atau memiliki makna dan arti tertentu. Karena setiap nama merupakan doa dan harapan dari orang tuanya.

Untuk Moms dan Dads yang ingin memberikan nama bayi laki-laki Jawa pada Si Kecil yang akan lahir ke dunia sebentar lagi, berikut pilihannya! Eits, ada pilihan untuk nama bayi perempuan Jawa juga lho!

Baca Juga: 9 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Hawaii, Unik!

Nama Bayi Laki-laki Jawa dengan Arti Luar Biasa

nama bayi laki-laki Jawa

Foto: pexels.com

Nama bayi laki-laki Jawa berikut ini memiliki lafal yang terdengar sederhana tetapi tetap elegan. Tak hanya itu, nama bayi laki-laki berikut mempunyai makna jantan.

Jika Moms ingin memberikan nama khas tradisional tanpa terkesan nama yang terlalu tua, berikut ini beberapa inspirasi nama bayi Jawa laki-laki yang bisa digunakan.

1. Adamya

Nama bayi laki-laki Jawa yang pertama adalah Adamya. Terinspirasi dari nama nabi pertama yaitu Nabi Adam AS, nama Adamya memiliki arti "hebat."

2. Adyatama

Nama bayi laki-laki Jawa yang selanjutnya adalah Adyatama. Dengan arti nama "yang pertama dan yang utama", nama bayi Jawa laki-laki ini cocok diberikan untuk Si Kecil yang menjadi anak pertama.

3. Danendra

Jika Moms ingin memberikan nama bayi Jawa ningrat untuk anak laki-laki dan terkesan megah, bisa memilih nama Danendra.

Nama Danendra memiliki arti "raja yang kaya raya."

4. Ganesh

Nama bayi laki-laki Jawa selanjutnya adalah Ganesh. Ganesh memiliki arti "jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia, dan sempurna." Nama yang penuh makna ini terkesan mewah dan cocok untuk Si Kecil.

Sebagai alternatif, Moms bisa memilih nama Ganesha.

5. Jayendra

Untuk Si Kecil yang penuh ambisi, Moms bisa memberikan nama Jayendra sebagai nama bayi laki-laki bernuansa Jawa.

Nama ini berarti "kelak menjadi orang besar serta mendapatkan kemenangan."

Baca Juga: 35 Nama Bayi Laki-Laki dari Bahasa Celtic yang Gagah dan Menawan

6. Kayana

Nama bayi laki-laki yang keenam adalah Kayana. Agar Si Kecil menjadi sosok yang suka memberi kepada orang lain, Moms dapat menggunakan nama Kayana, yang artinya "dermawan."

7. Mahesa

Jika Moms ingin nama Si Kecil memiliki makna sosok pemimpin yang bijak, gunakan nama bayi Jawa ningrat laki-laki Mahesa yang berarti "pemerintah yang agung."

Baca Juga: Yuk Cek 30+ Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Sansekerta dengan Arti yang Indah!

8. Mahavira

Nama bayi laki-laki Jawa yang satu ini tidak biasa nih, Moms! Setiap orang tua ingin anaknya memberikan kontribusi yang terbaik untuk lingkungan sekitarnya. Karena itu, memakai nama Mahavira adalah pilihan yang tepat.

Mahavira adalah nama dengan arti "pahlawan yang hebat."

9. Wanandra

Nama Wanandra adalah nama yang terkesan jantan, begitu juga dengan makna yang dimilikinya.

Berasal dari bahasa Jawa, nama bayi laki-laki ini mempunyai arti "perjalanan sang jantan."

10. Zyandru

Terakhir, Zyandru, yang menjadi nama bayi Jawa untuk laki-laki yang unik dan jarang digunakan. Nama ini punya makna yang luar biasa lho, Moms!

Nama Zyandru memiliki arti yaitu "lelaki jantan yang rajin belajar dan berdoa". Indah sekali ya, Moms.

11. Dimas

Dimas adalah salah satu nama bayi laki-laki Jawa yang populer. Nama Dimas sendiri masih banyak dipakai hingga saat ini.

Dalam bahasa Jawa, Dimas memiliki banyak arti. Dimas bisa memiliki makna adik laki-laki, yang terkasih dan juga matahari terbenam.

Pemilik nama Dimas adalah seseorang yang beruntung. Bagaimana tidak, memberikan nama ini sama dengan memberikan doa bagi Si Kecil untuk disayangi dan dikelilingi orang yang mencintainya sepanjang waktu.

12. Damar

Nama bayi laki-laki Jawa selanjutnya adalah Damar. Banyak yang berkata bahwa anak adalah penerang keluarga. Banyak keluarga yang bertambah kebahagiaannya ketika Si Kecil lahir ke dunia.

Nah, Damar bisa menjadi nama bayi laki-laki Jawa yang tepat untuk menggambarkan suasana hati tersebut. Damar memiliki arti penerang keluarga.

Pemilik nama Damar sendiri diharapkan bisa menjadi penerang bagi keluarga dan terus memberikan kebahagiaan pada keluarganya di manapun dan kapanpun.

Baca Juga: 9 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Berawalan S dengan Arti yang Bermakna

13. Janggala

Nama bayi laki-laki Jawa berikut ini sangatlah unik. Janggala bukanlah nama yang populer namun memiliki arti yang sangat mendalam.

Untuk Moms yang menyukai nama unik dan tidak biasa, Janggala bisa menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat.

Dalam bahasa Jawa, Janggala memiliki arti kehidupan. Ya, Si Kecil bisa menjadi lambang kehidupan keluarga yang bahagia. Terutama untuk Moms dan Dads yang sudah lama menantikan kehadiran Si Kecil.

14. Rangga

Siapa nih Moms dan Dads yang menjadi penggemar film legendaris 'Ada Apa dengan Cinta?'? Untuk Moms yang suka dengan film ini, ternyata Rangga adalah nama bayi laki-laki Jawa yang memiliki arti yang cocok dengan tokoh yang diperankan oleh Nicholas Saputra tersebut.

Ya, kata-kata Rangga dalam film 'AADC 1' dan 'AADC 2' sendiri terkenal sangat tajam. Tak jarang Cinta menjadi sebal dibuatnya.

Seperti sifat Rangga di film AADC, nama bayi laki-laki Jawa yang satu ini memiliki arti tanduk tajam dan bunga.

Ya, di satu sisi Rangga pun memiliki sifat romantis yang tak hanya membuat cinta meleleh, namun penggemar merasakan hal yang sama.

Baca Juga: Yuk Cek 30+ Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Sansekerta dengan Arti yang Indah!

Nah, tahukah Moms, kalau aplikasi Orami Parenting memiliki fitur Baby Name Finder, lho! Di fitur Baby Name Finder ini, Moms bisa menemukan ribuan nama bayi menarik dengan ragam tema dan arti yang bisa Moms pilih. Coba fiturnya dengan meng-klik gambar di bawah ini, ya!

Nah itu dia berbagai nama bayi laki-laki Jawa yang bisa Moms jadikan inspirasi. Selanjutnya kita akan membahas nama bayi perempuan Jawa yuk, Moms!

Nama Bayi Jawa untuk Perempuan yang Manis

nama bayi Jawa perempuan

Foto: Orami Photo Stock

Usai membahas nama bayi laki-laki Jawa ada juga nama bayi Jawa untuk Si Kecil yang manis. Apalagi, jika Moms ingin memberikan nama bayi tradisional.

Nama-nama ini sebagian besar merupakan nama yang berasal dari Jawa ningrat, sehingga memberikan kesan nama yang elegan dan manis untuk Si Kecil yang cantik.

Ada banyak inspirasi nama bayi Jawa untuk perempuan. Mulai dari nama bayi yang terinspirasi dari tokoh wayang, nama bayi yan terkesan jantan, anggun, dan lain sebagainya.

Termasuk beberapa daftar nama di bawah ini, dengan makna indah dan lafal yang terkesan anggun dan manis, cocok diberikan kepada Si Kecil. Berikut ini daftar nama bayi Jawa untuk perempuan.

15. Damara

Damara adalah nama bayi Jawa untuk perempuan yang pas dipilih untuk anak perempuan. Dalam bahasa Jawa, nama Damara berarti "sosok anak perempuan cantik."

16. Bhanuwati

Bhanuwati memiliki makna "kecerdasan" dan "selalu memiliki pikiran cemerlang". Nama bayi perempuan Jawa ningrat ini sangat pas dipilih untuk anak perempuan kesayangan.

17. Dita

Nama Dita dapat dipakai untuk Moms yang ingin Si Kecil tumbuh dewasa dan memiliki keberuntungan dan selalu dikelilingi orang baik.

Dalam bahasa Jawa, Dita berarti "beruntung."

Baca Juga: 19 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Unik yang Diawali dengan Huruf A

18. Utari

Jika Moms ingin memberikan nama bayi perempuan Jawa ningrat untuk Si Kecil, Moms bisa menggunakan nama Utari.

Nama bayi perempuan ini masih jarang digunakan dan memiliki makna baik yakni "kesabaran dan harapan."

19. Pramudhita

Nama Pramudhita berarti "pandai dan memiliki budi pekerti baik". Makna ini sangat pas dipilih sebagai nama anak perempuan Moms dan Dads yang cantik.

20. Saraswati

Nama bayi Jawa ningrat untuk perempuan lainnya yang juga tak kalah populer adalah Saraswati. Dalam bahasa Jawa, nama Sarasawati identik dengan pengetahuan dan seni pendidikan.

Baca Juga: Cantik, Ini 9 Ide Nama Bayi Perempuan dari Tokoh Wayang

21. Kirana

Kirana juga menjadi salah satu nama bayi Jawa untuk perempuan yang banyak digunakan.

Nama ini memiliki arti "cahaya yang terang benderang."

22. Indriani

Indriani artinya "berbakti dan selalu bertanggung jawab." Kedua sifat ini menjadi sesuatu yang baik untuk dimiliki Si Kecil ketika ia tumbuh dewasa.

Moms bisa memanggil Si Kecil dengan "Indri" atau "Ani".

Baca Juga: 13 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Musik

23. Batari

Batari adalah nama yang cocok digunakan untuk Si Kecil dengan paras cantik seperti bidadari. Meski jarang digunakan, nama bayi perempuan Jawa ini terkesan manis dan elegan.

24. Puspa

Puspa juga menjadi salah satu nama bayi Jawa untuk perempuan yang cocok diberikan pada Si Kecil.

Dalam bahasa Jawa, Puspa bisa diartikan sebagai "bunga yang cantik."

Baca Juga: 40 Inspirasi Nama Sansekerta Bayi Perempuan dengan Arti yang Indah

25. Larasati

Larasati termasuk sebagai nama bayi Jawa untuk anak perempuan yang juga salah satu tokoh dalam pewayangan, Dewi Larasati.

Dewi Larasati adalah istri pertama dari Dewa Arjuna, memiliki sifat setia, patuh, dan berbakti. Selain itu, Larasati pandai mengurus rumah tangga dan sabar dalam merawat anaknya.

26. Gayatri

Gayatri merupakan nama bayi Jawa untuk anak perempuan dengan makna bersifat rendah hati.

Gayatri diambil dari tokoh Gayatri Rajapatni, istri dari Raden Wijaya, yang merupakan istri setia.

Baca Juga: 15 Inspirasi Nama Unik Bayi Perempuan Berawalan Huruf H

27. Sekar

Sekar merupakan nama dari gelar ningrat yang kerap digunakan oleh masyarakat biasa.

Dalam bahasa Jawa, Sekar memiliki arti bunga.

28. Angger

Moms mungkin masih belum familiar dengan nama Angger, karena nama bayi Jawa ini jarang digunakan di Indonesia.

Angger adalah gelar di Keraton Surakarta. Moms bisa memadukan nama Maharani dengan arti pemimpin. Sehingga secara keseluruhan, artinya pemimpin wanita.

29. Manohara

Nama Manohara terinspirasi dari tokoh perwayangan bernama Dewi Manohara. Manohara memiliki arti cantik dan ramah.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Perempuan dari Bahasa Belanda, Cantik!

30. Anarawati

Setiap orang tua pasti ingin anak perempuannya menjadi wanita cantik. Nama Anarawati memiliki arti wanita cantik dan berpendirian kuat.

Itu dia beberapa rekomendasi nama bayi Jawa yang dapat digunakan untuk Si Kecil yang memesona.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait