Newborn

26 Maret 2021

17 Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Katolik dari Karakter dalam Alkitab

Nama bisa menjadi berkat untuk anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Memberikan nama bayi laki-laki Katolik memang bisa menjadi salah satu cara untuk menyematkan doa pada Si Kecil hingga akhir hayatnya. Jadi jangan sampai salah ketika memilih nama bayi untuk Si Kecil karena seperti kata orang "nama adalah doa".

Memang, buku-buku nama bayi adalah tempat yang tepat untuk mencari inspirasi nama bayi, tetapi tidak ada salahnya mencari nama bayi dari Alkitab juga? Kisah-kisah Alkitab dipenuhi dengan karakter-karakter yang mengesankan dan kisah-kisah yang menarik.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Perempuan Kristen Modern yang Bisa Jadi Ide

Memang akan sangat membingungkan dan membutuhkan banyak waktu untuk mencari semua nama dalam Alkitab.

Meski demikian, Moms jangan bersedih, karena Orami akan merangkumkan nama bayi laki-laki Katolik dalam Alkitab yang tentunya memiliki arti yang indah untuk dijadikan inspirasi nama calon Si Kecil nanti!

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Pilihan

Jika Moms dan pasangan mencari nama Katolik untuk si bayi laki-laki, di bawah ini ada beberapa pilihan nama bayi laki-laki Katolik terbaik yang bisa digunakan.

Inspirasi nama bayi laki-laki Katolik ini tentu akan memudahkan kita dalam menentukan nama yang tepat.

1. Lewi

nama bayi laki-laki

Foto: Orami Stock Photos

Nama bayi laki-laki Katolik yang pertama adalah Lewi. Lewi, yang mungkin berarti "bergabung" atau "melekat" dalam bahasa Ibrani, adalah nama Yakub dan putra ketiga Leah dalam Alkitab Perjanjian Lama.

2. Nicholas

Nama bayi laki-laki Katolik yang kedua adalah Nicholas. Nama Nicholas sendiri memang sangat populer dan banyak dipakai di Indonesia. Memiliki arti "kemenangan rakyat," Nicholas dikenal sebagai salah satu dari tujuh diakon gereja di Yerusalem.

3. Abram

nama bayi laki-laki

Foto: Orami Stock Photos

Nama bayi laki-laki Katolik Abram adalah nama kelahiran Abraham, yang memiliki arti 'ayah yang mulia'. Abraham juga bisa memiliki arti Bapak dari banyak bangsa.

Abraham atau abram adalah tokoh penting dalam agama Abrahamik. Agama Abrahamik adalah Kristen, Islam dan juga Yahudi.

Bagi umat Katolik, sosok Abraham adalah seorang tauladan akan kepercayaan dan imannya mengikuti perintah Tuhan.

4. Nehemiah

Nama bayi laki-laki Nehemiah memiliki arti “Yehuwa telah menghibur”. Nama bayi laki-laki Katolik ini bisa jadi salah satu pilihan untuk Si Kecil nanti, Moms!

Baca Juga: Manfaat Tes Glukosa Pada Bayi Baru Lahir

5. Matthew

nama bayi laki-laki Katolik

Foto: Orami Stock Photos

Matthew merupakan nama bayi laki-laki Katolik selanjutnya yang bisa Moms dan Dads pilih. Salah satu nama murid Yesus ini berarti “karunia Yehuwa”.

6. Noah

Nama bayi laki-laki Katolik yang indah lainnya adalah Noah. Noah merupakan nama dalam bahasa Inggris dari Nuh. Dalam Perjanjian Lama, Nuh (yang namanya berarti "istirahat") adalah pembuat bahtera yang menyelamatkan berpasang-pasang binatang dan keluarganya dari air bah.

7. Yosua

nama bayi laki-laki Katolik

Foto: Orami Stock Photos

Nama bayi laki-laki Katolik Yosua, yang berarti "Yahweh (atau Tuhan) adalah keselamatan," adalah seorang sahabat Musa dalam Perjanjian Lama yang menemaninya ketika ia pergi ke Gunung Sinai untuk menerima Sepuluh Perintah Allah.

Selain Yosua, Moms juga bisa mengambil bentuk lainnya, yakni Joshua. Dalam bahasa Ibrani, Joshua sendiri memiliki arti "Diselamatkan Tuhan".

8. Daniel

Nama bayi laki-laki Katolik ini memiliki arti "Tuhan adalah hakim saya”.

Baca Juga: 15 Inspirasi Nama Unik Bayi Laki-Laki Berawalan Huruf B

9. Ishak

nama bayi laki-laki

Foto: Orami Stock Photos

Nama bayi laki-laki Katolik yang berasal dari bahasa Ibrani yang berarti "dia akan tertawa, dia akan bersukacita," Ishak adalah putra dari Abraham dan istrinya yang lahir ketika orang tuanya sudah berusia lanjut.

10. Gabriel

Gabriel merupakan salah satu nama dari tiga Malaikat Agung Tuhan.

Moms bisa gunakan nama ini sebagai nama bayi laki-laki Katolik Moms dan Dads dengan artinya "Tuhan adalah orang kuatku".

11. Lukas

nama bayi laki-laki Katolik

Foto: Orami Photo Stock

Nama bayi laki-laki Katolik selanjutnya adalah Lukas. Nama yang cocok jadi nama pertama ini memiliki arti "Pembawa Cahaya".

Di dalam Alkitab, tokoh atau sosok Lukas ialah murid dari Rasul Paulus yang adalah penulis kitab Injil Lukas dan Kisah Para Rasul.

12. Christopher

Nama bayi laki-laki Katolik yang populer dan kerap dipakai di Indonesia adalah Christopher.

Dalam bahasa Skotlandia, Christopher memiliki arti "Pembawa Agama Kristen". Christopher juga memiliki nama lain dalam Alkitab yakni Christoforus.

Baca Juga: 22 Nama Bayi Laki-laki Berarti ‘Kebaikan’ yang Bisa Diberikan Pada Jagoan Cilik

13. Adrian

inspirasi nama bayi laki-laki

Foto: Orami Photo Stock

Di Indonesia, nama Adrian sering dipakai dan bisa dibilang lumayan populer. Moms juga bisa menjadikan nama ini sebagai salah satu kandidat nama bayi laki-laki Katolik untuk Si Kecil nanti, lho!

Nama Adrian memiliki arti diberkati dengan kekuatan yang luar biasa. Nama ini juga bisa merujuk pada laut adriatik yang memisahkan semenanjung Italia dan Balkan.

Nama Adrian pun memiliki latar belakang yang sangat indah. Orang tua ingin menyematkan seuah doa, agar Si Kecil nanti memiliki pandangan yang seluas lautan. Waaah, nama yang punya makna dalam ya, Moms!

14. Andreas

Nama bayi laki-laki Katolik yang memiliki arti indah lainnya adalah Andreas.

Andreas sendiri adalah murid pertama Yesus besama dengan Simon Petrus. Hal ini pun terdapa di Matius 4:18. Bukan hanya menjadi murid pertama Yesus. Nama Andreas sendiri memiliki arti pribadi yang kuat.

Wah, selain memiliki arti yang Indah, nama Andreas juga merupakan seorang tokoh penting bagi umat Katolik Moms!

15. Moses

inspirasi nama bayi laki-laki

Foto: Orami Photo Stock

Moses atau Musa bisa menjadi salah satu pilihan nama bayi laki-laki Katolik yang indah. Dalam sejarah Katolik, Moses atau Musa adalah pangeran Mesir. Ia pun menerima 10 perintah Allah di Gunung Sinai.

Nama Moses sendiri memiliki arti "diambil dari air". Indah dan menyejukan sekali ya nama yang satu ini, Moms!

Baca Juga: 65 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Arab dan Maknanya, Ada Atalaric dan Matin, Keren!

16. Jason

Seperti yang sudah disebutkan di awal, nama bisa menjadi doa yang terus mengalir sepanjang hidup seseorang. Karenanya, nama Jason bisa menjadi doa yang indah untuk Si Kecil kelak.

Jason memiliki arti kesembuhan atau dia yang menyembuhkan. Hal tersebut diceritakan dalam Roma 16:21.

Jika Moms ingin Si Kecil tumbuh menjadi seseorang yang bisa menyembuhkan luka fisik ataupun luka batin orang-orang di sekitarnya, Jason bisa menjadi nama bayi laki-laki Katolik yang tepat.

Baca Juga: 40 Inspirasi Nama Sansekerta Bayi Perempuan dengan Arti yang Indah

17. Gideon

inspirasi nama bayi

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms menginginkan nama dari sejarah yang tertuang di Alkitab untuk Si Kecil kelak, Gideon bisa menjadi nama bayi laki-laki Katolik yang pas.

Dalam sejarah yang tertuang di Alkitab, Gideon adalah seorang prajurit pemberani yang berhasil membebaskan orang Israel dari Midian (Hakim-hakim 6:1). Nama Gideon sendiri memiliki arti Prajurit yang Hebat.

Itu dia beberapa inspirasi nama bayi laki-laki Katolik yang bisa digunakan.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait