07 Juli 2023

Istilah Influencer Marketing yang Brand Kamu Harus Tahu!

Brand kamu mau pakai jasa influencer? Coba kenali dulu istilah-istilah influencer marketing berikut ini!
Istilah Influencer Marketing yang Brand Kamu Harus Tahu!

Foto: pixabay

Dalam dunia influencer marketing, banyak sekali istilah-istilah yang harus kamu ketahui, agar terlihat lebih profesional ketika menjalin interaksi. Ini juga akan mempermudah komunikasi kamu ketika membuat projek atau campaign.

Berikut istilah-istilah dalam dunia influencer marketing yang wajib diketahui oleh brand :

  • KPI atau Key Performance Indicator

KPI adalah suatu target atau tujuan final yang ingin dicapai dari sebuah campaign atau promosi. Dalam KPI, ada beberapa poin yang harus dipenuhi untuk mencapai target. Biasanya, KPI akan berbentuk tabel. Dengan KPI, akan mempermudah influencer marketing dalam memenuhi tugasnya sehingga ekspektasi yang dibuat brand pun bisa terpenuhi.

  • Konten Organik

Konten organik adalah konten murni yang dibuat tanpa adanya iklan. Sehingga, hasil yang didapat dari konten tersebut alami, dan dapat menunjukkan performa si influencer marketing. Tentunya konten organik tidak mengeluarkan biaya, karena dibuat langsung oleh influencer.

  • Engagement rate

Engagement rate adalah persentase antara interaksi dibagi dengan followers. Rumus ER = total engagement : followers x 100. Engagement sendiri berupa like, comment, share dan save. Perhitungan engagement rate sangat penting untuk mengukur seberapa efektifnya influencer marketing ketika membuat sebuah konten.

  • CTA atau Call to Action

CTA secara sederhana adalah kalimat ajakan dalam suatu konten campaign atau promosi, agar audiens mengambil tindakan lebih lanjut. Biasanya CTA diletakkan di akhir video atau kalimat, contohnya “Ayo daftar sekarang”, “Klik link di bio” “Coba sekarang” dan masih banyak lagi. Seorang influencer marketing biasanya harus menyertakan CTA, agar tujuan campaign semakin jelas dan bisa tercapai.

Itu dia beberapa istilah paling umum yang sering digunakan dalam dunia influencer marketing. Agar campaign atau promosi jasa influencer marketing lebih bekerja maksimal, perhatikan juga insight per masing-masing influencer. Perlu diingat, jumlah followers bukan hal yang paling utama, apalagi jika kamu baru mau memulai menggunakan jasa influencer. Hal yang paling utama ialah, seberapa engage konten yang dihasilkan. Banyaknya followers tidak menjamin kesuksesan suatu konten. Oleh karena itu, butuh lebih teliti lagi dalam memilah influencer marketing yang sesuai dengan brand kamu.

Brand kamu butuh influencer marketing handal dengan engagement rate yang tinggi? Coba pakai influencer IbuSibuk yuk. Ada 92.000 lebih momfluencer yang siap membantu mempromosikan brand kamu. Diskusikan dengan tim kami sekarang, klik disini ya.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb