Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
13 April 2019

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Mengajak Anak Camping

Hindari Hal-Hal Ini Agar Camping Dengan Si Kecil Lebih Menyenangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Adakalanya Moms pasti merasa lelah menjalani rutinitas sehari-hari. Maka, tak ada salahnya untuk keluar dari kebiasaan dan melakukan hal yang baru. Mungkin salah satunya berkemah dengan Si Kecil saat weekend bisa jadi to-do-list yang menyenangkan lho Moms.

Melakukan hal favorit bersama namun dalam suasana yang berbeda akan terasa jauh lebih seru. Anak-anak juga akan lebih tertarik dan tertantang saat melakukannya. Karena akan melakukan banyak hal di luar rumah, berikut ini ada beberapa tips yang harus Moms hindari saat berkemah bersama anak-anak.

1. Jangan Membawa Alat Elektronik untuk Hiburan

Pict: Teenkidsnews.com

Banyak aktivitas positif lain saat berkemah daripada hanya menghabiskan waktu dengan gawai. Manfaat nyata dari berkemah adalah menikmati keheningan, kejernihan udara, dan kebersamaan. 

Berikan Si Kecil aktivitas lain yang menyenangkan. Secara keseluruhan, ini tentang tidak menyia-nyiakan waktu berharga yang Moms miliki bersama di hutan atau pegunungan.

Baca Juga: 5 Alasan Mama Harus Membawa si Kecil Berkemah

2. Jangan Menyiapkan Semua Peralatan Langsung di Lokasi

father and son setting up tent camping istock 0Foto: parentmap.com

Menyiapkan peralatan pasti akan menjadi salah satu bagian paling menyenangkan dari berkemah. Tapi kenalkan terlebih dahulu semua peralatan saat di rumah. Siapkan tenda di ruang tamu atau halaman belakang sebelumnya.

Saat Anda merakit tenda di rumah, berikan anak-anak pekerjaan tertentu. Ini juga bisa menjadi momen yang baik untuk membahas beberapa tips, seperti tidak berjalan di tenda dengan kaki penuh tanah atau berhati-hati dengan tali temali. Setelah semuanya diatur, biarkan anak-anak bermain di dalamnya.

3. Jangan Berharap Terlalu Banyak

kids camping roasting hot dogsFoto: kittatinny.com

Saat berada di tengah hutan, berbagai perubahan dapat terjadi dengan cepat. Termasuk perubahan yang sebenarnya tidak Moms inginkan. Jadi, berdamailah dengan itu. Ketahui keterbatasan anak Moms, baik fisik maupun emosional. Hal itu akan menentukan kegiatan apa yang baik dilakukan bersama.

Memancing adalah kegiatan luar ruangan yang sesuai pada anak-anak sedikit lebih tua. Sebagian besar anak di bawah sepuluh tahun tidak terlalu bersemangat untuk bangun pada waktu gelap dan duduk diam dalam waktu yang lama.

Lakukan sesuatu seperti menggali serangga, melihat binatang, melemparkan batu ke dalam air, mengupas kulit kayu mati, dan benar-benar menjelajahi alam bebas. Bahkan, hanya mengobrol kecil sambil meminum coklat panas di depan api unggun akan terasa menyenangkan.

Baca Juga: Ini yang Harus Disiapkan Saat Pertama Kali Mengajak Anak Camping

4. Jangan Terlalu Kaku

Pict: Naturalpapa.com

Meskipun Moms mungkin ingin mengisi setiap momen dengan hal-hal berbau edukasi, ingatlah bahwa pada dasarnya Si Kecil ingin mendapatkan kesenangan saat camping. Lakukan banyak hal bersama yang akan membuatnya nyaman.

Anda mungkin hanya khawatir dan ingin membuatnya aman. Tapi yakinlah, mereka akan mendapatkan kesenangan dengan cara mereka sendiri. Cukup pantau saja, dan larang jika mereka terlihat akan melakukan hal-hal yang membahayakan.

5. Jangan Menjadi Terlalu Bersih

Pict: Thrillspire.com

Ini akan menjadi hal yang sangat mustahil saat mengajak Si Kecil camping. Lakukan saja yang terbaik, tetapi jangan langsung marah jika Moms menemukan anak berguling-guling bersama anjing. Atau bermain-main dengan lumpur di sekitar tenda.

Menjaganya tetap bersih dan dan higienis memang baik. Namun, jika dengan mengeksplor area camping akan membuatnya bahagia, biarkanlah Si Kecil bermain-main dengan dedaunan atau kayu-kayu di sekitarnya.

Baca Juga: Ajak Anak Camping, Yuk!

6. Jangan Biarkan Tantangan Menghalangi Anda

Pict: Klasschools.com

Camping adalah hal yang akan menguras tenaga. Terlebih lagi jika melakukannya bersama Si Kecil. Jangan biarkan dia sendirian melakukan aktivitas karena Moms merasa capek telah membangun tenda. Atau setelah mempersiapkan makan pagi, ikut bersama Si Kecil mengitari hutan.

Momen camping bersama bukan hal yang akan sering dilakukan. Jadi persiapkan diri Anda agar tetap fit dan menjadi tumpuan bagi Si Kecil saat berada di sana.

Cek lagi segala persiapan yang dibutuhkan, maka camping keluarga Moms akan lebih menyenangkan. Selama bersenang-senang Moms.

(FAR/IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait