Newborn

18 Februari 2019

Jangan Serba Instan, Yuk Bikin 3 Finger Food Praktis Untuk Bayi di Rumah

Ternyata tidak sulit lho membuat nugget ayam sendiri di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani


Bayi suka sekali dengan finger food instan, seperti sosis atau nugget. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi makanan instan juga tidak baik untuk kesehatan Si Kecil. Bagaimana jika Moms membuatnya sendiri di rumah?

Dikutip dari Momjunction, ada cukup banyak pilihan finger food praktis yang bisa Moms buat sendiri di rumah. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Bakso Mini

mini meatballs 1

Bakso kaya akan kandungan protein. Tapi, bakso yang ada di pasaran biasanya lebih banyak kandungan tepungnya ketimbang dagingnya.

Nah, tidak ada salahnya jika Moms membuat sendiri bakso untuk Si Kecil di rumah. Moms juga bisa menyelipkan sayuran di dalam bakso tanpa diketahui Si Kecil.

Bahan-bahan yang Moms butuhkan adalah daging cincang (sapi atau ayam), tepung roti, bawang merah, telur, susu cair, bawang putih cincang, peterseli cincang, serta lada dan garam.

Campurkan semua bahan hingga rata lalu simpan dalam lemari es selama 30 menit. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.

Simpan dalam loyang lalu panggang selama 25-30 menit. Sajikan! Si Kecil pasti katagihan.

2. Ikan Goreng Tepung

fish fingers 1

Jika Si Kecil suka seafood, menu ini pasti akan jadi favoritnya.

Moms hanya perlu menyiapkan fillet ikan (dori atau kakap), telur, tepung roti, air perasan lemon, parutan kulit lemon, minyak zaitun, oregano, mayonaise, bayam, dan kacang polong.

Cara membuatnya sangat mudah Moms. siapkan telur yang sudah dikocok, lalu sisihkan. Dalam wadah berbeda, campurkan tepung roti dengan parutan kulit lemon, organo, garam, dan lada.

Celupkan potongan fillet ikan pada telur lalu balurkan dengan campuran tepung roti. Lakukan sampai ikan habis. Panggang dalam oven selama 20 menit.

Untuk cocolan, Moms bisa campurkan mayonaise dengan bayam cincang, air perasan lemon, dan kacang polong. Sajikan!

3. Nugget Ayam

chicken nuggets

Bayi mana yang tidak suka nugget ayam. Mereka menyukainya karena cita rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut. Moms bisa kok membuatnya sendiri di rumah.

Moms perlu menyiapkan fillet ayam yang sudah dipotong kecil, keripik kentang, telur, susu cair, dan butter cair.

Pertama-tama, kocok telur lalu sisihkan. Siapkan keripik kentang yang telah dihancurkan lalu simpan dalam wadah terpisah.

Celupkan potongan fillet ayam ke kocokan telur lalu ke keripik kentang yang telah dihancurkan. Lakukan sampai ayam habis.

Setelah tersusun rapi di loyang, oleskan butter cair di atasnya lalu panggang selama 15-18 menit. Sajikan hangat!

Itulah beberapa finger food praktis buatan rumah yang pasti disukai oleh Si Kecil. Selamat mencoba!

(AND)


Foto: Momjunction.com

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait