K-Wave

3 Desember 2021

Profil Jennie Kim, Rapper BLACKPINK yang Juga Kekasih G-Dragon

Siapa yang tak kenal dengan Jennie Kim yang selalu jadi sorotan dalam Blackpink?
placeholder

Foto: instagram.com/jennierubyjane

placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sempat mengenyam pendidikan di New Zealand, Siapa yang tak kenal dengan Jennie Kim dari Blackpink?

Penyanyi asal Korea yang memiliki nama asli Kim Jennie ini merupakan idola K-Pop yang sudah mendunia. Namanya memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi para penggemarnya yaitu BLINK.

Jennie Kim lahir di Anyang, Korea Selatan pada 16 Januari 1996. Saat menginjak usia 10 tahun, Ia sempat tinggal di Auckland, Selandia Baru. Saat berusia 14 tahun, Ia kembali ke Korea dan mulai masuk ke dunia hiburan.

Pada tahun 2010, Jennie pindah untuk tinggal di Seoul, Korea Selatan dan berhasil mengikuti audisi YG Entertainment di tahun yang sama, menjadi trainee YG selama enam tahun.

Profil Jennie Kim

Jennie Kim

Foto: Instagram.com/Jennierubyjane

Jennie Kim lahir sebagai anak tunggal dari orang tuanya. Ibunya adalah Direktur dan Pemegang Saham CJ & M, sementara ayahnya memiliki rumah sakit.

Selama masa kecilnya, Jennie pindah dari rumahnya untuk tinggal di Auckland, Selandia Baru, di mana dia menghabiskan lima tahun dan menjadi mahasiswa di ACG Parnell College.

Selama berada di luar negeri, dia belajar berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

  • Nama Depan: Jennie
  • Nama Keluarga: Kim
  • Dikenal sebagai: NiNi, Jendeukie, Kim Je Ni
  • Kebangsaan: Korea Selatan
  • Jenis kelamin perempuan
  • Lahir: 16 Januari 1996
  • Usia: 25
  • Instagram: @jennierubyjane

Dalam profil Jennie Kim juga diterangkan bahwa dirinya fasih fasih berbahasa Korea dan bisa berbicara sedikit bahasa Jepang.

Dia baru berusia 14 tahun ketika dia bergabung dengan YG, tetapi dia telah membuktikan kepada banyak orang bahwa dia memiliki banyak potensi dalam dirinya.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Drama Korea tentang Cinta Segitiga, Second Lead-nya Bikin Oleng!

Dia juga telah berkolaborasi dengan sesama artis YG sebelum dia berperan sebagai anggota Blackpink. Jennie dikatakan sebagai calon pemimpin grup, tetapi setelah band debut, tidak ada pemimpin karena usia mereka yang sama.

Main rapper Blackpink ini mulai dari 2012 beberapa kali menjadi model dan berkolaborasi dengan artis yang bergabung bersama YG Entertainment. satunya, menjadi bintang video clip di That XX oleh G-Dragon, dan juga Seungri di lagu berjudul GG Be.

Perjalanan Karir Jennie Kim

Jennie Kim

Foto: Instagram.com/Jennierubyjane

Pada tahun 2016, Perjalanan karir Jennie Kim dimulai saat menjadi rapper utama dan vokalis utama dari girl grup, Blackpink, yang memulai debutnya pada 8 Agustus 2016. Lalu, semenjak itu dirinya pun mulai menggepakkan sayap:

1. Debut Penyanyi Solo

Sebuah gebrakan diberikan oleh YG Entertainment, karena pada Pertengahan Oktober 2018, pengumuman debut solo resmi Jennie dibuat.

Di tengah persiapan untuk debutnya, diputuskan bahwa lagu Solo akan pertama kali terungkap di tur In Your Area Black Pink di Seoul sebelum rilis pada 12 November.

"Solo" menjadi video musik yang paling banyak dilihat oleh artis solo wanita K-pop sepanjang masa dan dalam 24 jam pertama perilisannya.

Potret Jennie Kim mengukir sejarah karena menjadi artis solo wanita Korea Selatan pertama dan satu-satunya yang melampaui 300 juta penayangan YouTube dalam waktu enam bulan.

Di Korea Selatan, "Solo" mengklaim tempat nomor satu di tangga lagu Digital dan Streaming di Gaon Chart selama dua minggu berturut-turut. Kim kemudian menerima kemenangan pertunjukan musik pertamanya sebagai artis solo di SBS 'Inkigayo pada 25 November.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Drama Korea Song Hye Kyo, Dijamin Bikin Baper!

2. Brand Ambassador Channel

Jennie Kim pun terpilih sebagai model baru untuk Chanel Beauty dan melakukan pemotretan pertamanya untuk merek tersebut dengan Harper's Bazaar Korea sebagai inspirasi baru mereka pada Januari 2018.

Jennie menjadi duta Chanel Korea pada bulan Juni dan menghadiri peluncuran wewangian baru Chanel "Les Eaux De Chanel" di Deauville, Prancis. Dia bertemu dan mewawancarai pembuat parfum Chanel's House, Olivier Polge dan melakukan pemotretan untuk koleksi wewangian barunya dengan Cosmopolitan Korea.

Dia menjadi Duta Global Chanel pada bulan Oktober setelah menjalin hubungan dengan Chanel Beauty, dan menghadiri peragaan busana Chanel pertamanya sebagai perwakilan Korea selama Pekan Mode Paris, duduk di barisan depan di sebelah Pharrell Williams dan Pamela Anderson.

Pada Maret 2019, pejabat rumah mode Prancis mengumumkan Kim sebagai Duta Global/Rumah Chanel.

3. Terpilih Sebagai Model Beauty Brand

Hera, merek kecantikan mewah Korea Selatan yang dimiliki oleh Amore Pacific, mengumumkan pada Januari 2019 bahwa mereka telah memilih Jennie sebagai model baru mereka karena "citra elegan dan mewah", dan kepercayaan dirinya.

Dia akan mewakili merek bersama aktris Jun Ji-hyun, karena perusahaan bertujuan untuk memperluas target audiensnya melalui kedua model.

Iklan pertama Kim untuk merek tersebut adalah pada bulan Februari untuk seri bibir Red Vibe, penjualannya lima kali lebih tinggi dari produk bibir Hera sebelumnya dan karena semakin populernya produk mereka disebut sebagai "lipstik Jennie".

Baca Juga: 11 Rekomendasi Drama Korea tentang Jaksa, Banyak Misteri yang Harus Diungkap!

Fakta Menarik dari Jennie Kim

Jennie Kim

Foto: Instagram.com/Jennierubyjane

Setelah mengetahui perjalanan karir, berikut ini beberapa fakta menarik dari Jennie Kim, yaitu:

1. Artis Solo Korea Pertama Tampil di Coachella

Pada April 2019, Jennie Kim menjadi artis solo Korea pertama yang tampil di Coachella. Penampilannya terdaftar di bawah "10 Hal Terbaik yang Kami Lihat di Coachella 2019", dengan Billboard menggambarkannya sebagai "menakjubkan" dan "menakjubkan" untuk penggemar dan pejalan kaki biasa.

2. Miliki Kekuatan Kuat dalam Pemasaran Produk

Fakta menarik dari Jennie Kim selanjutnya yaitu dikenal karena pengakuan merek dan kekuatan pemasarannya, setelah menduduki peringkat teratas "Peringkat Kekuatan Merek Anggota Girl Group" berturut-turut selama berbulan-bulan, data dikumpulkan dan diterbitkan oleh Institut Penelitian Bisnis Korea.

Pada tahun 2018, ia menduduki peringkat kedua dalam survei Most Favorite Idols yang dilakukan setiap tahun oleh Gallup Korea yang melibatkan 1.500 pria dan wanita Korea berusia 13 hingga 29 tahun sebagai responden.

Baca Juga: 11+ Drama Korea Terbaru Desember, Ada Drama Wi Ha Joon dan Lee Dong Wook!

3. Akun Instagram Paling Dicintai

Selain itu, Jennie Kim juga sempat dianugerahi oleh Instagram sebagai "Akun Paling Dicintai tahun 2018" di Korea Selatan, berdasarkan jumlah penayangan dan suka yang diterima oleh cerita dan postingan Instagram yang dibagikan tahun itu.

Forbes mengakui kontribusi Jennie Kim dalam "mendapatkan pijakan baru dalam tren kecantikan Korea", sebagai salah satu alasan mengapa Blackpink menduduki peringkat teratas Forbes Korea Power Celebrity pada tahun 2019.

5. Aktif dalam Kampanye Sosial

Tak hanya dalam dunia tarik suara serta fashion, nama Jennie Kim juga telah menjadi bagian dari kampanye "Lindungi Keluarga Kami" Rumah Sakit Hewan Cheongdam Woori sejak 2017, yang membantu menyelamatkan dan mengembalikan hewan peliharaan yang ditinggalkan.

Pada 8 April 2019, Hope Bridge Association of the National Disaster Relief melaporkan bahwa Kim dan anggota grupnya dari Blackpink masing-masing menyumbangkan 10 juta untuk membantu para korban kebakaran hutan di Provinsi Gangwon, Korea Selatan.

6. Musisi yang Bertalenta

Jennie Kim dilatih sebagai vokalis serbaguna sejak masa mudanya, dari menjadi pemain rap hingga penyanyi balada yang penuh perasaan. Namun bintang ini juga mahir memainkan alat musik seperti gitar dan piano. Jennie dilaporkan memainkan seruling juga.

Itu dia beberapa hal tentang Jennie Kim anggota Blackpink yang multitalenta serta telah memecahkan banyak rekor dalam kehidupan sebagai penyanyi solonya.

  • https://www.instagram.com/jennierubyjane/?hl=id
  • https://black-pink.fandom.com/wiki/Jennie
  • https://www.scmp.com/magazines/style/news-trends/article/3080815/5-things-you-didnt-know-about-k-pops-jennie-blackpink
  • https://www.imdb.com/name/nm8707185/bio?ref_=nm_ov_bio_sm
  • http://www.ygfamily.com/artist/PrivateStage_BLACKPINK.asp?LANGDIV=K&ATYPE=2&ARTIDX=70
  • https://mydramalist.com/people/16338-jennie
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait