3-5 tahun

3-5 TAHUN
28 November 2020

11 Kado untuk Anak 5 Tahun yang Makin Aktif dan Terampil

Lego hingga balancing board bisa menjadi ide kado untuk anak 5 tahun, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika Si Kecil menginjak usia 5 tahun atau anak TK maka Moms atau Dads tentu masih ingin memberikan mainan terbaik untuk kado ulang tahunnya. Menemukan kado untuk anak 5 tahun seperti mainan dan permainan seperti teka-teki silang.

Lantaran, kado untuk anak 5 tahun harus juga mengembangkan keterampilan namun juga membantu Si Kecil mengekspresikan diri. Ditambah, tahun ini, mendapatkan mainan baru tentu membawa kegembiraan yang sangat dibutuhkan bagi hidup anak.

Ada banyak referensi dari permainan konsentrasi dan keterampilan membaca awal hingga peralatan berkemah dan mainan pendidikan, ada sesuatu dalam daftar ini untuk setiap anak berusia 5 tahun yang Moms juga Dads kenal.

Belajar adalah inti dari kehidupan anak berusia 5 tahun, tetapi itu tidak berarti mereka membutuhkan apa yang disebut mainan pendidikan. Anak-anak secara otomatis mendapatkan manfaat pendidikan dari sejumlah mainan yang dirancang dengan baik dan menarik, kata John Tenuto, instruktur sosiologi di College of Lake County, di Grayslake, Illinois, yang telah mempelajari mainan dan barang koleksi (dan merupakan pakar yang ditampilkan di Seri Netflix The Toys That Made Us). Nah, berikut ini ide kado untuk anak 5 tahun:

Menurut studi dari The American Academy Pediatrics (AAP), mainan edukasi anak yang tepat akan membantu tumbuh kembang dan meningkatkan kemampuan dalam belajar hal-hal baru.

Baca Juga: Bingung Memilih Kado Untuk Baby Shower? Lihat Inspirasinya Di Sini!

1. Kado untuk Anak 5 Tahun: Satu Set Alat Berkebun Pertama

Sesuai dengan tren berkebun, nah satu set alat berkebun pertama bisa menjadi ide kado untuk anak 5 tahun, lho. Dengan alat ini, mereka bisa mulai membantu dari menanam, menyiangi dan memanen di kebun.

2. Kado untuk Anak 5 Tahun: Balok

Kado untuk anak 5 tahun, Foto : Orami Photo Stock

Menurut direktur asosiasi Straus Center for Young Children and Families di Bank Street College di New York City, Figueras-Daniel, dirinya kerap membeli kado untuk anak 5 tahun yaitu balok karena seperti karya seni. Bahkan balok juga dinilai alat pendidikan yang ampuh untuk anak mulai dari usia 3 hingga 9 tahun.

“Sifat blok yang terbuka memungkinkan mereka untuk tumbuh bersama anak, mengajarkan sebab dan akibat, kesadaran spasial, dan keterampilan motorik halus, dan mempersiapkan mereka untuk pembelajaran,” terangnya.

3. Kado untuk Anak 5 Tahun: Walkie-Talkie

Para orang tua saat ini cenderung menghargai kemampuan untuk tetap berhubungan dengan anak-anak mereka ketika mereka sedang berada di jalan atau di hutan, dan walkie-talkie bisa menjadi salah satu ide kado anak 5 tahun.

Tentunya hal ini juga bisa mengasah imaginasi Si Kecil ketika melakukan komunikasi lewat walkie talkie. Walki talkie secara tidak langsung mendorong "kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas".

4. Kado untuk Anak 5 Tahun: Mainan Pengeja Kata

Kado untuk anak 5 tahun

Usia 5 tahun yang merupakan usia prasekolah tentu sudah dipersiapkan untuk mengenal dan mengetahui bunyi huruf untuk persiapan membaca. Nah, dengan mainan pengeja kata Si Kecil dapat menguasai huruf dan mengembangkan kosakata membaca-penglihatan dengan cara yang menyenangkan.

Ada banyak huruf dan kata untuk dikerjakan, sehingga anak Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam bermain sambil belajar. Huruf-huruf tersebut juga dapat digunakan sebagai pola untuk membuat permainan pembelajaran lainnya.

5. Kado untuk Anak 5 Tahun: Jas Hujan dan Boots

Sejalan dengan musim penghujan, maka ide kado untuk anak 5 tahun lainnya yaitu jas hujan dan boots sebagai pelengkapnya. Tentunya, jas hujan lebih membuat Si Kecil merasakan rintik air yang turun dari atas awan dibanding payung yang mencegah basah.

6. Kado untuk Anak 5 Tahun: Lego

Kado untuk anak 5 tahun, Foto : Orami Photo Stock

Pembangun kecil mungkin menginginkan perlengkapan Lego dengan Batman, helikopter polisi atau rumah pohon. Nah, penting bahwa anak-anak juga memiliki Lego, sebagai permainan terbuka.

Baca Juga: 5 Ide Kado Ulang Tahun Anak Laki-Laki untuk Sekolah Si Kecil

7. Kado untuk Anak 5 Tahun: Rumah Boneka Pertamaku

Rumah boneka yang benar-benar non-gender yang mendorong permainan pura-pura dan membantu anak-anak belajar untuk bekerja bersama, memecahkan masalah bersama, dan mencari tahu giliran siapa yang kali ini membuang sampah.

8. Kado untuk Anak 5 Tahun: Balancing Board

Kado untuk anak 5 tahun

Mainan paling sederhana sering kali menjadi yang terbaik, karena dapat memicu imajinasi anak-anak. Begitulah papan goyangan 35 inci ini. Tentu, balancing board dapat mengajari Si Kecil tentang keseimbangan. Namun bisa juga menjadi sebuah terowongan atau jembatan atau rumah atau benteng.

9. Kado untuk Anak 5 Tahun: Sepeda Roda Dua

Ide kado untuk anak 5 tahun selanjutnya yang masuk ke kategori klasik adalah sepeda roda dua. Tentunya, disertai terlebih dulu dengan roda kecil untuk membantu Si Kecil belajar hingga terbiasa dengan roda dua.

Baca Juga: 6 Ide Kado Mainan untuk Anak 1 Tahun

10. Kado untuk Anak 5 Tahun: Papan Tulis

Kado untuk anak 5 tahun

Meskipun mengetik di gadget untuk berkomunikasi sekarang ada di mana-mana, tulisan tangan sebenarnya masih merupakan keterampilan yang penting bagi pelajar. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika anak-anak menulis catatan, pemrosesan yang terjadi meningkatkan pembelajaran dan retensi.

Papan tulis sebagai kado untuk anak 5 tahun ini mendorong anak-anak prasekolah untuk belajar dan berlatih menulis huruf besar dan kecil dengan cara yang menyenangkan. Si Kecil juga dapat melatih keterampilan menggambar dengan mengikuti instruksi tentang cara menggambar berbagai garis, bentuk, dan objek. Ini dapat meningkatkan minat anak Anda dalam menggambar dan seni kreatif.

11. Kado untuk Anak 5 Tahun:Interactive Alphabet Wall Chart, Talking ABC dan 123s dan Poster Musik

Poster alfabet yang penuh warna dan menarik yang dipajang di rumah adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan alfabet dan angka kepada Si Kecil. Ini membuatnya mulai mengenal huruf dan angka, yang merupakan langkah pertama untuk membangun keterampilan membaca dan matematika. Poster elektronik ini bahkan lebih baik, karena memiliki fitur interaktif yang akan membuat anak

Moms dna Dads bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempelajarinya menekan tombol pada surat akan memberi tahu Si Kecil huruf apa itu, dan apa yang dimulai dengan surat itu. Ia bahkan memainkan lagu anak-anak.

Baca Juga: 7 Pilihan Mainan yang Aman untuk Kado Bayi Baru Lahir

Para ahli di Asosiasi Nasional untuk Pendidikan Anak Muda memiliki beberapa pedoman untuk memilih hadiah terbaik untuk anak usia 5 tahun. Anak-anak seusia ini memiliki rentang perhatian yang lebih lama daripada balita; mereka mengajukan banyak pertanyaan dan suka bereksperimen dengan mainan.

Dan sekarang mereka terbiasa bermain dengan teman, dan bahkan mungkin tahu cara berbagi. Jadi, Moms dan Dads mau membeli kado untuk Si Kecil yang mana, nih?

Artikel Terkait