Kesehatan

KESEHATAN
5 Juni 2018

Kapan Waktu yang Tepat Memasukkan Anak ke TK?

Kapan Waktu yang Tepat Memasukkan Anak ke TK?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Anak saya perempuan usia 4 tahun, ia anak yang aktif dan cerewet. Saat ini saya mengalami dilema sebagai working mom.

Saya bingung, apakah sudah waktunya saya memasukkannya untuk TK atau PAUD tahun ini?

Sebenarnya kapan waktu yang tepat memasukkan anak ke TK? Dan kira-kira kegiatan apa yang bermanfaat untuknya sebelum masuk TK? (Hartaty Angzelina)

Jawab:

Ada dua hal yang perlu diperhatikan ketika akan memasukan anak ke sekolah, yaitu kesiapan fisik dan kesiapan emosional.

Kesiapan fisik ini terkait dengan kemampuan motorik anak, apakah sudah berkembang dengan baik atau belum, seperti mampu memegang pensil, mampu memakai baju dan sepatu sendiri dan lain-lain.

Sedangkan kesiapan emosional terkait dengan kemampuan berbahasa anak dan kemampuan anak dalam bersosialisasi.

Jika kemampuan berbahasa anak belum berkembang dengan baik maka ini akan berpengaruh dengan kemandirian dan emosionalnya.

Ia akan mengalami kesulitan untuk menyampaikan keinginannya kepada orang lain dan hal ini bisa menyebabkan ia menjadi sulit untuk bersosialisasi.

Namun selain dua hal tersebut, Moms juga perlu melihat seberapa besar keinginan anak untuk bersekolah. Apakah anak sudah menunjukkan ketertarikan untuk bersekolah atau belum.

Jika belum, sebaiknya jangan memaksa. Namun, Moms tetap harus bersikap aktif untuk membantu anak menumbuhkan ketertarikannya terhadap sekolah.

Banyak sekali kegiatan bermanfaat yang bisa Moms dan Si Kecil lakukan sebelum ia masuk sekolah, seperti mengajaknya untuk bermain peran (dalam kegiatan ini Moms juga bisa mengajarkan anak untuk mengenal berbagai macam profesi seperti minta anak untuk menjadi seorang murid dan mom gurunya, peran ini juga bisa dilakukan secara bergantian).

Melukis atau menggambar, aktivitas ini bisa membantu anak untuk mengembangkan kreativitasnya, berikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja yang menjadi ketertarikannya.

Story telling, Moms bisa mengajak anak untuk story telling (bercerita). Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan melalui aktivitas story telling ini salah satunya adalah menumbuhkan minat baca terhadap anak sejak dini, dan membantu anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya. Selain itu Moms juga bisa mengajarkan kepada anak tentang nilai moral melalui aktivitas story telling.

Dijawab oleh Nidya Dwika Puteri, M. Psi

Sumber: Forum Orami - Ask The Expert

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait