Kesehatan

1 Februari 2016

Jalani Hidup Lebih Baik dengan Cara-Cara Ini

Kebiasaan ini akan membuat hidup Anda jadi lebih baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ninda)
Disunting oleh (ninda)

Sejak zaman dulu, orang-orang selalu mencari cara bagaimana memiliki "hidup yang baik." Untuk mencapai hal ini, Anda bukan hanya harus berusaha memperbaiki apa yang ada di sekitar, tetapi juga bagaimana Anda berhubungan dengan orang lain, diri sendiri, dan pengucapan rasa syukur. Coba, yuk, biasakan hal-hal di bawah ini agar Anda bisa menjalani hidup yang lebih baik.

Hidup Sebaik-Baiknya dengan Orang Lain

  • Tersenyumlah pada orang di sekitar. Banyak riset yang mengatakan bahwa senyum itu menular dan bisa meningkatkan level kebahagiaan. Orang lain juga lebih senang dengan pribadi yang murah senyum dibanding yang tidak.
  • Menolong sesama juga bisa membuat hidup Anda lebih baik. Misalnya, dengan mendengarkan keluh kesah orang lain Anda jadi bisa lebih menghargai arti hidup. Menolong sesama tanpa pamrih juga dianggap bisa membuat kualitas hidup lebih baik, meningkatkan kebahagiaan, harga diri, kesehatan, bahkan umur panjang.
  • Jangan memendam kekecewaan dan kemarahan. Anda tidak perlu kecewa atau marah jika ada yang tidak setuju dengan pemikiran Anda. Ini bukan berarti ada yang benar dan salah. Ini hanya menunjukkan bahwa ada dua pemikiran berbeda mengenai satu topik dan hal ini bukan masalah besar.
  • Hargai persahabatan. Persahabatan punya andil besar dalam kesejahteraan hidup seseorang, lho. Memiliki sahabat akan mencegah Anda dari perbuatan buruk yang akan menurunkan kualitas hidup Anda.
  • Perlakukan orang lain dengan kejujuran, rasa hormat, dan kebaikan. Sebelum melakukan sesuatu, coba tanya pada diri Anda sendiri, "Apakah saya mau diperlakukan oleh orang lain seperti ini?", jika jawabannya tidak, jangan lakukan.

Hidup Sebaik-Baiknya dengan Diri Sendiri

  • Jujur pada diri sendiri. Dengan melatih kejujuran pada diri sendiri, Anda bisa melihat sejauh mana kelebihan dan kekurangan karakter diri. Jangan takut untuk belajar hal baru. Coba bertanggung jawab terhadap kesalahan walaupun itu bukan kesalahan Anda. Dengarkan saran dari teman-teman Anda yang mungkin malah memberikan pandangan baru bagi Anda.
  • Jelajahi passion Anda. Buat daftar apa saja yang Anda inginkan dalam hidup dan apa yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk mencapai tujuan tersebut. Jika Anda belum menemukan tujuan hidup yang besar, buatlah yang lebih kecil. Jangan biarkan mental's block menghalangi Anda untuk mencapai apa yang Anda mau.
  • Buat daftar ketakutan Anda. Dengan daftar ketakutan ini, Anda bisa melihat lebih baik hal-hal yang terjadi dalam hidup Anda. Misalnya, Anda takut dibilang "bodoh", mungkin karena Anda kurang berani untuk berbicara di depan banyak orang. Dengan adanya kesadaran akan ketakutan ini, Anda akan mengontrol perilaku Anda sedemikiran rupa dan memengaruhi keputusan yang Anda ambil.
  • Terimalah diri sendiri. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Semua orang memiliki kekurangannya sendiri dan terkadang melakukan kesalahan yang disesali. Hidup yang sempurna bukanlah hidup dengan pilihan serba aman, tapi bagaimana Anda menerima siapa diri Anda termasuk kekurangan Anda.
  • Practice mindfullness. Agar lebih konsentrasi saat melakukan aktivitas, cobalah rutin melakukan latihan mindfullness. Latihan ini dipercaya bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang, lho. Misalnya, saat sedang dikejar deadline dan Anda merasa kewalahan, coba diam sebentar dan tarik napas dalam-dalam dan mengulanginya selama beberapa kali. Hal-hal kecil seperti ini akan memberikan efek positif bagi hidup Anda.

Mengucap Syukur

  • Berlatih mengucap syukur. Riset dalam bidang psikologi positif sudah membuktikan adanya korelasi antara ucapan terima kasih, rasa bersyukur, dan kebahagiaan. Rasa bersyukur juga punya dampak yang bagus untuk kesehatan fisik. Orang yang selalu merasa bersyukur punya tekanan darah lebih rendah, kekebalan tubuh lebih kuat, dan lebih merasa 'terhubung' dengan orang lain.
  • Berikan note terima kasih. Studi dalam bidang psikologi positif juga membuktikan bahwa tindakan menunjukkan rasa terima kasih untuk orang lain bisa membuat hidup Anda jadi lebih baik.
  • Pasang reminder untuk mengucapkan syukur. Mengucap syuukur adalah keharusan dan harus dipraktikkan setiap hari agar efektif. Coba mulai sekarang pasang alarm di smartphone Anda kapan harus mengucap syukur. Saat alarm berbunyi, tanyakan pada diri sendiri "Apa yang saya syukuri saat ini atau hari ini?"

Sumber foto: drkatharina, listen-hard, ibizaretreats, lovesunbeauty

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait