Program Hamil

6 Februari 2018

Kiat-Kiat Mengatasi Limbung Saat Hamil

Kiat-Kiat Mengatasi Limbung Saat Hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Salah satu tanda kehamilan yang tidak diperhatikan oleh banyak calon Moms adalah ketika mereka mulai kehilangan keseimbangan atau limbung karena makin membesarnya perut dan janin dalam kandungan.

Tanda kehamilan ini bisa juga terjadi karena Moms kerap kali merasa tidak enak badan yang disebabkan oleh perubahan hormon secara drastis bahkan di usia kandungan yang masih muda.

Tanda kehamilan ini akan makin meningkat intensitasnya ketika kandungan berusia lebih dari 6 bulan. Salah satu hormon dalam tubuh yang membuat Moms berjalan sempoyongan adalah hormon perileks tubuh yang biasanya akan muncul pada akhir masa kehamilan.

Hormon ini bekerja dengan melemaskan otot dan juga memperbaiki kondisi sendi tubuh sehingga bisa lebih kuat ketika melahirkan. Lemasnya otot dan sendi inilah yang akhirnya membuat Moms kesulitan menopang tubuh di minggu-minggu terakhir masa kehamilan.

Baca Juga : Hasil Test Pack Samar, Apakah Ini Tanda Kehamilan?

Karena kondisi yang disebabkan oleh tanda kehamilan ini tidak bisa dihindari, Moms bisa menyeimbangkan tubuh dan mengurangi limbung dengan melakukan dua hal sederhana ini :

1. Berolahraga

Siapa bilang wanita hamil tidak boleh berolahraga? Moms malah harus menggerakkan tubuh dengan rutin agar otot tubuh bisa tetap rileks namun kuat. Dari berbagai macam jenis olahraga, ada beberapa yang bisa dipraktikkan dengan mudah dan menyenangkan seperti berenang, berlari kecil, hingga yoga.

Tiga jenis olahraga ini mampu membuat wanita hamil memiliki otot kaki yang kuat dan dapat mendukung aktivitasnya sembari “membawa” janin kemanapun pergi.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Tanda kehamilan seperti ini bisa kita kendalikan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk otot tubuh seperti protein dan asam amino. Kandungan protein dan asam amino bisa Moms dapatkan dengan mudah dari menu ikan, kacang, keju, susu, daging ayam, sapi dan telur.

Dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan ini sebelum dan sesudah berolahraga, Moms pasti bisa mendapatkan tubuh yang lebih fit dan tidak mudah limbung ketika beraktivitas.

Nah, mumpung usia kehamilan masih muda, Moms sebaiknya mulai mempersiapkan tubuh agar lebih sehat dan mampu mengatasi tanda kehamilan ini saat usia kandungan sudah mulai tua.

Jika kandungan sudah menua, rutinitas olahraga bisa dikurangi dan lebih mengoptimalkan makanan sehat tadi. Di samping meningkatkan kesehatan tubuh, makanan sehat juga bisa memberikan manfaat tersendiri untuk perkembangan otak dan kesehatan bayi dalam perut.

Jadi, kondisi tidak seimbang yang dialami oleh Moms hamil tidak hanya disebabkan janin yang sedang tumbuh saja, namun juga aktivitas yang dipilih setiap harinya. Dengan melakukan 2 poin di atas, tanda kehamilan ini bisa diatasi, Moms dan si Kecil pun jadi lebih sehat.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait