Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Anak | Mar 20, 2018

Lakukan Bertahap, Begini 4 Cara Tepat Mengenalkan Uang pada Anak Sesuai Usianya

Bagikan


Lakukan Bertahap, Begini 4 Cara Tepat Mengenalkan Uang pada Anak Sesuai Usianya

Pengenalan akan uang kepada Si Kecil bisa dimulai sejak dini, Moms. Hanya saja, masih banyak orang tua yang tidak melakukannya, karena merasa ini adalah tugas yang sulit, ditambah tidak tahu harus mulai dari mana.

Sebenarnya, mudah saja untuk mengajari anak-anak tentang uang. Cara simpelnya adalah saat melakukan aktivitas sehari-hari bersama mereka. Misalnya dengan membawa mereka berkunjung ke bank untuk melihat aktivitas di sana, saat berbelanja di toko atau supermarket, atau pun melihat mesin ATM.

Baca Juga : Menanamkan Kebiasaan Gemar Menabung pada Anak

Nah, untuk membantu Moms berikut adalah beberapa langkah dan tahapan pengenalan uang yang sesuai dengan usia Si Kecil yang bisa dicoba oleh Moms.

Usia 2 dan 3

Pengenalan uang untuk anak bersuai 2 dan 3 tentunya memang sedikit lebih sulit. Mereka mungkin tidak akan sepenuhnya mengerti nilai uang yang ada, tapi mereka bisa belajar mengenali bentuk fisik uang yang ada di Indonesia.

Salah satu langkah awal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengajak mereka bermain. Permainan ini bertujuan untuk mengenali uang koin.

Moms dan Si Kecil bisa sama-sama melihat bagaimana bentuk ataupun gambar yang ada pada uang koin. Kemudian undang Si Kecil untuk mencocokkan koin dengan gambar sambil menyebutkan nama masing-masing uang.

Balita mungkin akan mencoba menelan koin, jadi Moms perlu melakukan penjagaan ketat untuk permainan yang satu ini, ya!

Cara lain adalah dengan permainan jual beli atau pura-pura berbelanja di toko. Permainan ini cukup menyenangkan dan bisa melatih imajinasi mereka.

Permainan dimulai dengan bertukar uang untuk membeli sebuah barang, secara tidak langsung anak-anak akan belajar dan memahami fungsi uang.

Baca Juga : Tips Mendisiplikan Anak Tanpa Iming-Iming Maupun Hukuman

Usia 4 dan 5

Kebanyakan anak prasekolah akan suka bermain restoran imajiner di rumah. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk usia 4 dan 5 adalah dengan berpura-pura berada di sebuah restoran.

Misalnya Moms bisa menjadi kasir dan Si Kecil yang menjadi pengunjung restoran. Setelah mereka berpura-pura memesan makanan dan selesai memakannya, mintalah mereka membayar dengan uang mainan.

Setelah itu, bisa mengulangnya kembali dengan mengubah peran, Moms yang menjadi pelanggan restoran dan Si Kecil menjadi kasir.

Begitu mengerti, mereka akan senang melakukan permainan ini, yaitu saat berpura-pura membayar ataupun memberikan uang kembalian seperti yang biasa dilakukan kasir.

Baca Juga : Kecil-kecil, 5 Anak Artis Ini Punya Selera Fashion Berharga Fantastis! Siapa Saja Mereka?

Usia 6 sampai 8

Jika anak sudah mulai diberi uang saku, Moms bisa mulai mengajarkan bagaimana pentingnya menabung dan menggunakan uang dengan cermat.

Moms bisa mengajarkan mereka secara bertahap, dimulai dengan mengajak mereka menabung di celengan. Kemudian ajar mereka untuk membeli barang yang lebih dibutuhkan daripada hanya sekadar membeli barang karena merek menginginkannya.

Usia 9 sampai 12 tahun

Di usia ini, kita sudah bisa mengajarkan mereka untuk membandingkan harga belanjaan. Langkah pertama adalah dengan membaca label harga di toko, membandingkan ukuran dan harga satu benda dengan benda lainnya.

Baca Juga : Ketika Anak Diam-Diam Mengambil Uang Orangtua

Nah, itulah 4 tahapan pengenalan akan uang untuk Si Kecil. Semoga membantu, ya, Moms!

(OMI)

Sumber : Parents, Familymint

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.