Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | May 1, 2018

Lebih Sehat Mana, Makan Kuning Telur Atau Putih Telur?

Bagikan


Telur merupakan sumber makanan yang paling mudah dan cepat didapat. Direbus ataupun digoreng, makanan sehat ini siap dijadikan lauk untuk makan siang Moms. Namun, banyak orang yang bertanya, lebih sehat makan kuning telur atau putih telur sih?

Telur terdiri dari 3 bagian yaitu tempurung, putih telur dan kuning telur. Keberadaan putih dan kuning telur tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Sebenarnya kuning telur merupakan bagian yang akan digunakan sebagai tempat embrio tumbuh dan memperoleh makan, sedangkan putih telur adalah bagian yang melindungi pertumbuhan embrio tersebut.

Embrio yang sudah tumbuh dapat hidup di dalam tempurung sampai waktunya menetas dan sebelum proses pertumbuhan berjalan, telur juga dapat dikonsumsi oleh manusia.

Baca Juga : Bolehkah Anak Makan Telur Setengah Matang?

Secara keseluruhan, telur merupakan makanan sehat dengan nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh manusia. Bagian kuning dan putih telurnya mengandung jumlah nutrisi yang berbeda sehingga memiliki manfaat yang berbeda-beda pula.

Contoh perbedaan jumlah nutrisi pada dua bagian makanan sehat tersebut antara lain: pada putih telur tidak terdapat kandungan lemak, sedangkan pada kuning telur sebanyak 5 gr. Tidak dijumpai kolesterol pada putih telur, sedangkan pada kuning telur sebanyak 211 mg.

Jumlah kalsium pada putih telur sebanyak 2,3 mg, sedangkan pada kuning telur mencapai 21,9 mg, Omega-3 pada kuning telur juga cukup tinggi, yaitu sekitar 38,8 mg, sedangkan pada putih telur tidak dijumpai.

Meskipun demikian, ada kandungan pada putih telur yang memiliki nilai cukup tinggi, misalnya potasium yang mencapai 53 gr, sedangkan pada kuning telur hanya 18,5 gr.

Kandungan protein pada putih telur juga lebih tinggi, 4 dibanding 3 yang sejalan dengan kandungan sodiumnya yang juga lebih tinggi, yaitu 55 mg, sedangkan pada kuning telur hanya 8 mg.

Perbedaan jumlah nutrisi inilah yang memberikan manfaat berbeda. Sebelum menentukan lebih sehat makan kuning telur atau putih telur, ketahui terlebih dulu perbedaan manfaat dari keduanya : 

1. Kuning telur

Karena kuning telur memiliki kandungan vitamin lebih tinggi, bagian tersebut baik dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Kandungan vitamin A, D, E dan K hanya terdapat pada bagian kuningnya saja. Jika buah hati memerlukan banyak asupan vitamin D, kuning telur menjadi pilihan tepat.

Mineral yang terdapat dalam kuning telur juga sangat banyak, di antaranya: kalsium, magnesium, sodium, selenium, zat besi dan potasium. Mineral-mineral tersebut sangat berguna untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Jika sistem tersebut berjalan lancar, pertumbuhan anak-anak pun dapat berlangsung maksimal.

2. Putih telur

Bagian putih telur dari makanan sehat ini tidak mengandung banyak kalori, sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menjaga berat badan yang ideal. Pada bagian tersebut juga tidak terdapat lemak sehingga Moms dapat terhindar dari kolesterol tinggi dan gangguan jantung.

Meskipun rendah kalori dan bebas lemak, putih telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hal ini yang menyebabkan makanan sehat tersebut dapat dikonsumsi oleh mereka yang ingin memenuhi kebutuhan akan protein, namun tidak menyebabkan kelebihan berat badan.

Baik kuning ataupun putih telur memiliki manfaat dan kelebihan masing-masing. Untuk mengetahui bagian mana yang lebih baik, tergantung pada tujuan yang ingin Moms capai.

Sistem metabolisme mana yang ingin Moms perbaiki, dan nutrisi apa yang ingin Moms tingkatkan dalam tubuh, itulah yang menentukan bagian mana dari makanan sehat ini yang lebih baik untuk Moms atau buah hati dan keluarga.

(BILNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.