Kesehatan

KESEHATAN
14 Maret 2019

Lilin Aromaterapi Untuk Meningkatkan Mood

Lilin Aromaterapi Untuk Meningkatkan Mood
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Salah satu cara membuat suasana rumah atau ruangan menjadi lebih nyaman adalah dengan menggunakan lilin aromaterapi. Bukan hanya menciptakan wangi, harumnya aromaterapi ini juga rupanya memiliki manfaat tersendiri untuk membuat suasana hati yang lebih baik.

Inilah beberapa rekomendasi lilin aromaterapi untuk meningkatkan mood:

Aroma Lemon

rm

Foto: elledecor.com

Aromaterapi varian lemon akan membuat Moms merasa sedikit lebih ceria. Sebuah penelitian di Jepang pada orang yang didiagnosis mengalami depresi menemukan bahwa aroma lemon secara nyata menurunkan dosis antidepresan yang dibutuhkan pasien.

Tak hanya itu, aroma ini juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengatur kadar hormon.

Aroma Melati

rm jas

Foto: homesecurity.press

Coba gunanakan lilin aroma melati sebelum tidur, sebuah studi menunjukan bahwa ketika 20 orang tidur di kamar beraroma melati.

Mereka bergerak lebih sedikit saat tidur dan menilai tingkat kecemasan mereka lebih rendah, dibandingkan dengan ketika mereka tidur di kamar yang beraroma lavender atau tidak sama sekali.

Baca Juga: 5 Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Kita Tahu

Aroma Rosemary

rm ros

Foto: victimassist.org

Ahli aromaterapi sering menyarankan rosemary untuk memulai hari Senin pagi yang efektif. Aroma ini memiliki sifat merangsang yang melawan kelelahan mental, kelelahan fisik dan sakit kepala.

Cobalah menyalakan lilin rosemary untuk Moms yang sulit bangun dari tempat tidur.

Aroma Minyak Zaitun

rm olive

Foto: wallflowerkitchen.com

Tampaknya lilin yang satu ini dapat membantu Moms yang sedang dalam program diet. Hanya aroma minyak zaitun yang dapat membantu mengurangi hasrat ingin makan dengan membuat Moms merasa kenyang.

Dalam sebuah studi makanan Jerman, para peneliti menemukan bahwa menghirup aroma minyak zaitun saat makan malam mengurangi banyak kalori yang dikonsumsi dan meningkatkan respons gula darah.

Aroma Pinus

rm pine

Foto: northernlightscandles.com

Di Jepang, efek pelepas stres dari aroma pinus sangat terkenal sehingga terapi berjalan di hutan dikenal sebagai shinrin-yoku, yang berarti "menikmati atmosfer hutan".

Satu penelitian di Jepang terhadap 498 sukarelawan menemukan bahwa jalan kaki 15 menit per hari dapat secara dramatis mengurangi depresi.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Aroma Mawar

rm rose

Foto: oliveandcocoa.com

Ketika satu penelitian di Jerman meneliti efek mawar pada peremuan, hasilnya menunjukkan bahwa aroma ini menbantu kendali emosi dan perilaku otak. Perempuan yang menghirup wangi mawar sebelum tidur memiliki mimpi indah. Nyalakan lilin mawar selama mandi malam untuk mendapatkan mimpi yang indah.

Itulah tadi beberapa lilin aromaterapi yang wanginya dapat membuat hati merasa lebih ceria bahkan mimpi indah. Apa Moms pernah mencoba salah satunya?

(MDP/IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait