31 Mei 2018

Maag Saat Puasa, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Maag tak hanya dipicu dari pola makan tidak teratur saja tetapi juga dari hati dan pikiran

Maag memang menjadi masalah bagi sebagian besar orang, tak hanya saat bulan puasa saja namun juga pada hari-hari biasa. Moms tentunya tak ingin bukan maag menjadi masalah yang menggangu puasa?

Untuk itu, lebih baik simak cara-cara berikut guna mengatasi maag yang mungkin saja akan kambuh di bulan Ramadan.

Mulailah dengan Sahur

diamundialriñon
Foto: diamundialriñon

Kunci mengatasi maag yang akan kambuh saat berpuasa dimulai dengan sahur yang benar. Saat sahur, pastikan Moms tak lupa mengonsumsi air putih serta makanan berat yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin.

Upayakan untuk menghindari makanan siap saji yang mengandung bahan pengawet dan penyedap buatan terutama saat sahur. Sebisa mungkin hindari pula makanan yang berbentuk gorengan.

Tak hanya itu, bagi Moms yang memiliki maag sebaiknya jangan pernah mengkonsumsi susu segar, teh maupun kopi. Karena minuman tersebut akan dengan mudah memancing asam lambung Moms menjadi naik.

Cukupkan diri dengan banyak mengonsumsi air putih, selain dapat menjaga asam lambung air putih juga sangat baik untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Tak hanya saat sahur saja, ada juga yang harus Moms perhatikan setelah makan sahur. Sebaiknya setelah makan sahur Moms tak langsung tidur, lakukanlah senam kecil atau gerakan-gerakan kecil guna melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, hal ini juga ampuh untuk mencegah naiknya asam lambung lho.

Baca juga: 3 Tanda Ibu Hamil Harus Batalkan Puasa

Berbuka Puasa

woman eating fruit salad healthy munchies
Foto: woman eating fruit salad healthy munchies

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan bagi para penderita maag adalah berbuka puasa. Hal utama yang harus dilakukan tentulah dengan berbuka puasa tepat waktu.

Tak peduli seberapa sibuk Moms, berbuka puasa adalah hal yang wajib dan juga dapat mencegah kambuhnya sakit maag. Hal karena berbuka puasa dapat menstabilkan kondisi jumlah asam lambung Moms yang meningkat jumlahnya saat berpuasa.

Meski lapar, tetapi bukan berarti pula Moms dapat makan secara berlebihan saat berbuka ya. Karena makan yang berlebihan atau terlalu banyak malah akan membuat lambung bekerja lebih keras dan berujung dengan timbulnya maag.

Mulailah dengan makan secukupnya untuk sekadar mengisi kekosongan perut. Selain itu, perhatikan pula apa yang Moms makan. Saat berbuka puasa memang wajar saja bila ingin memakan semua hal yang diinginkan saat puasa.

Namun tetap ada beberapa makanan yang harus dihindari seperti sawi, kol, kacang hingga minuman bersoda serta makanan pedas seperti cabai dan merica. Makanan-makanan tadi adalah makanan yang mengandung gas yang dapat memicu timbulnya maag.

Baca juga: Mengantuk saat Puasa, Kenali Penyebab dan Cara Menghindarinya

Menjaga Level Stres

maag puasa
Foto: maag puasa

Tahukah Moms bahwa ternyata maag tak hanya dipicu dari pola makan tidak teratur dan apa yang dimakan saja, lho. Maag dapat dipicu dari hati dan pikiran sendiri, karena kondisi stres, marah bahkan gelisah pada hati dan pikiran dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat.

Untuk itu, saat berpuasa kita memang harus benar-benar menahan diri tak hanya dari rasa haus dan lapar namun juga segala perasaan negatif.

(MDP)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb