11 Maret 2022

9+ Macam Eyeliner dan Rekomendasi Productnya, Bikin Mata Terlihat Makin Hidup!

Tiap jenis eyeliner punya kelebihan dan kekurangannya masing-masih, yuk simak!

Ada berbagai macam-macam eyeliner dan semua tergantung pada pilihan Moms. Eyeliner biasanya berfungsi sebagai riasan mata untuk menonjolkan mata serta wajah.

Dilansir dari cosmeticinfo.org, eyeliner digunakan untuk menekankan kelopak mata dan/atau untuk mengubah bentuk mata yang dirasakan. Mereka mengandung bahan-bahan khusus yang menerapkan warna di tempat yang dibutuhkan dengan cara yang tepat dan terkontrol.

Maka tak heran, penggunaannya hampir tak pernah terlewatkan di setiap acara, seperti jalan-jalan, ke kantor, hingga menghadiri acara formal.

Jika awalnya hanya ada satu jenis eyeliner, kini sudah banyak model eyeliner dengan fungsi dan cara penggunaan yang berbeda-beda

Macam-Macam Eyeliner

Pada kenyataannya, menggunakan jenis eyeliner yang tepat akan membantu perubahan besar bagi Moms. Berikut ini macam-macam eyeliner serta kelebihan dan kekurangannya.

1. Eyeliner Pensil

Eyeliner Pensil
Foto: Eyeliner Pensil

Foto: fabbon.com

Eyeliner pensil merupakan salah satu eyleliner yang umum digunakan oleh banyak orang. Eyeliner pensil ini cepat dan mudah digunakan, dikuasai dan sangat ramah bagi pemula.

Jenis eyeliner ini biasanya berwarna krem dan mudah untuk digariskan ke bulu mata dan garis air mata Moms. Kelebihan eyeliner ini memberikan hasil yang natural dan cocok untuk pemula karena mudah digunakan, karena ujungnya yang kecil dan stabil cenderung lebih mudah digunakan dibandingkan eyeliner gel dan eyeliner cair.

Tekstur pensil eyeliner cukup beragam, dari yang lembut hingga yang relatif keras. Satu-satunya kekurangan dari eyeliner pensil ini adalah harus ditajamkan setiap kali digunakan jika Moms ingin mendapatkan garis yang tepat.

2. Eyeliner Cair

Eyeliner cair
Foto: Eyeliner cair (Orami Photo Stock)

Foto: Fabbon.com

Eyeliner cair ini sempurna untuk menciptakan tampilan mata yang berani dan dramatis. Selain itu, eyeliner cair ini memberi Moms presisi palign tinggi dan membantu menciptakan garis tipis yang terdefinisi dengan baik.

Kelebihan eyeliner cair adalah ujung kuas yang sangat bagus untuk menggambar garis ultra-presisi yang akan bertahan lama. Sebagian besar eyeliner cair tersedia dalam efek matte atau glossy, jadi pilihlah yang terbaik untuk melengkapi tampilan riasan wajah Moms.

Sementara itu, kekurangan eyeliner cair ini sulit dikuasai dan Moms membutuhkan tangan yang sangat stabil saat membuat sapuan yang halus. Eyeliner ini juga cenderung cepat kering, jadi hindari menggunakannya untuk tampilan yang lembut dan smokey karena membutuhkan efek eyeliner yang smudge.

Eyeliner cair sering kali menjadi pilihan pertama untuk berbagai jenis eyeliner yang berbeda seperti eyeliner bersayap, eyeliner grafis, mata kucing, dan mata mesir.

Baca Juga: 8 Cara Memadukan Warna Eyeshadow Tanpa Terlihat Medok!

3. Eyeliner Gel

Eyeliner Gel
Foto: Eyeliner Gel

Foto: Fabbon.com

Sementara sebagian besar eyeliner mengandung lilin sebagai bagian dari formulasinya, jenis eyeliner ini cenderung sangat tinggi kandungan lilinnya. Ini berarti sangat bagus untuk tetap diam dan merupakan pilihan tepat di antara eyeliners tahan air.

Gaya eyeliner ini sering diaplikasikan dengan kuas eyeliner, yang membantu menciptakan garis yang lebih presisi. Dan sementara gel liner adalah pilihan yang sangat baik untuk aplikasi ke permukaan air, mencapai teknik ini dengan kuas eyeliner bisa jadi rumit. Solusi alternatif adalah dengan mencelupkan pensil mata ke dalam gel liner kemudian menggunakannya untuk menggambar garis halus dan ini juga merupakan kelebihan eyeliner gel.

Sementara, kekurangannya adalah memerlukan kuas untuk menggunakannya dan perlu membersihkan kuas untuk menghindari infeksi mata. Bahkan, eyeliner gel ini cepat kering sehingga Moms perlu mengaplikasikan dan membaurkan riasan dengan cepat.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Eyeshadow Emas di Bawah 150 Ribu untuk Perayaan Imlek

4. Felt Tip Eyeliner

Felt Tip Eyeliner
Foto: Felt Tip Eyeliner

Foto: Fabbon.com

Meski berbentuk cair, eyeliner felt-tip lebih mudah diaplikasikan. Berbentuk seperti spidol, eyeliner ini memiliki kuas felt-tip yang tipis dan sangat runcing di ujungnya. Bila Moms ingin tampilan mata yang alami maka gunakan felt tip eyeliner karena bisa membuat tampilan mata kucing atau riasan mata yang lebih dramatis.

Kelebihan felt tip eyeliner ini selain mudah digunakan dan dikendalikan, juga tahan lama dan sangat ideal untuk segala jenis tampilan riasan wajah. Kekurangannya adalah harganya biasanya lebih mahal dan butuh waktu untuk menghapusnya dengan benar.

5. Shadow Eyeliner

Shadow Eyeliner
Foto: Shadow Eyeliner

Foto: Fabbon.com

Sebenarnya, ini bukanlah jenis eyeliner melainkan eyeliner hack atau do it yourself eyeliner. Menggunakan eyeshadow sebagai eyeliner adalah cara cepat dan mudah untuk membuat garis halus dan buram yang dapat Moms lapisi untuk membangun intensitas dari eyeliner.

Gunakan eyeshadow warna-warni sebagai eyeliner pada garis bulu mata. Selain itu, kelebihannya adalah eyeliner hack ini murah di kantong tanpa harus membeli yang baru setiap saat. Cukup pilih warna eyeshadow pilihan manapun yang Moms ingin pakai.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Eyeshadow Pink di Bawah 50 Ribu

Rekomendasi Eyeliner

Setelah mengetahui macam-macam eyeliner, berikut ini rekomendasi eyeliner yang bisa Moms coba.

6. Wardah Staylast Liquid Eyeliner

Wardah Staylast Liquid Eyeliner
Foto: Wardah Staylast Liquid Eyeliner

Foto: Femaledaily

Rekomendasi eyeliner pertama yaitu Wardah Staylast Liquid Eyeliner. Sebagai salah satu produk eyeliner cair yang mudah diaplikasikan. Eyeliner ini mempunyai warna hitam yang intense sehingga Moms tidak perlu mengaplikasikan berulang-ulang.

7. Wardah Eyeliner Pencil

Wardah Eyeliner Pencil
Foto: Wardah Eyeliner Pencil

Foto: Femaledaily

Selain eyeliner cair, Wardah juga memiliki eyeliner berbentuk pensil yang sangat praktis, mudah dipakai, dan anti belepotan.

Untuk Moms yang masih setia menggunakan eyeliner berbentuk pensil daripada gel atau cair, produk dari Wardah ini sangat direkomendasikan. Tersedia dua varian warna, putih dan hitam yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Riasan Mata yang Bikin Wajah Jadi Lebih Tua

8. Etude House Oh M’Eye Line

Etude House Oh M’Eye Line
Foto: Etude House Oh M’Eye Line

Foto: Female Daily

Rekomendasi eyeliner selanjutnya datang dari brand Korea Selatan yaitu Etude House. Khusus eyeliner produk yang diberi nama dengan Etude House Oh M’Eye Line ini memiliki kemasan botol mirip seperti tempat pewarna kuku.

Eyeliner satu ini memiliki kemasan botol mirip seperti tempat pewarna kuku. Kuas aplikatornya berbahan lembut dengan tangkai yang panjang memudahkan kamu untuk mengaplikasikannya di kelopak mata.

Untuk warna botol, menyesuaikan dengan warna isi eyeliner-nya. Etude House Oh M’Eye Line menawarkan lima varian warna yaitu Black, Grey, Brown, Purple dan Navy.

Tak perlu khawatir perihal ketahanan eyeliner satu ini, karena sudah teruji make up waterproof. Jadi tidak akan luntur bahkan jika terkena air. Tahan lama, kurang lebih selama 5-6 jam pemakaian.

9. PIXY Eyeliner Pencil

PIXY Eyeliner Pencil
Foto: PIXY Eyeliner Pencil

Foto: Femaledaily

Dari macam-macam eyeliner, kira-kira apa favorit Moms seperti apa? Jika lebih suka eyeliner bentuk pensil maka Pixy jawabannya.

Dikemas cantik dalam nuansa warna pink yang dominan, dari mulai kemasan boks luar hingga bagian dalam yang berbahan kayu. Selaras dengan namanya Pixy Eyeliner Pencil ini tentu memiliki bentuk selayak pensil pada umumnya.

Warna yang ditawarkan adalah warna basic yang cocok digunakan semua undertone kulit, ada dua warna yaitu warna hitam dan warna coklat.

Tekstur pensilnya cenderung buttery seperti mentega, tidak terlalu keras ataupun terlalu lembut, sehingga mudah kamu aplikasikan sesuai dengan keinginan kamu dengan mudah.

Pixy Eyeliner Pencil ini hanya perlu satu kali pulasan, warnanya sudah terlihat jelas lho!

Baca Juga: 3+ Cara Memancungkan Tulang Hidung, Bisa dengan Filler atau Riasan, Pilih Mana?

10. Emina Eye Do Crayon Eyeliner

Emina Eye Do Crayon Eyeliner
Foto: Emina Eye Do Crayon Eyeliner

Ada juga Emina Eye Do Crayon Eyeliner. Eyeliner ini juga hadir dengan warna dasar kemasan hitam dengan tekstur glossy, ditambah tulisan tentang produk dengan warna pink yang cantik. Selaras dengan namanya, sudah pasti eyeliner ini berbentuk seperti krayon.

Tekstur dari isi eyeliner ini cenderung creamy, mirip seperti tekstur eyeliner yang memiliki isi gel. Pigmentasi warnanya pun tidak perlu diragukan lagi, karena hanya dengan sekali pulasan sudah menunjukan warna yang tegas.

Ada tiga varian warna yang ditawarkan oleh Emina Eye Do Crayon Eyeliner, yaitu hitam, coklat, dan ungu. Produk eyeliner dari Emina ini pun sudah dilengkapi oleh rautan, sehingga sudah praktis dalam satu paket lengkap.

Sekarang setelah Moms mengetahui macam-macam eyeliner apa yang sempurna untuk tampilan mata yang Moms inginkan dan keterampilan tanganmu. Selamat mencoba!

  • https://www.cosmeticsinfo.org/products/eyeliner/\
  • https://www.maybelline.co.in/makeup-tips/eye-makeup/types-of-eyeliner
  • https://www.byrdie.com/types-of-eyeliner
  • https://voi.id/en/lifestyle/121294/types-of-eyeliner-and-their-functions-for-eye-makeup
  • https://www.beaut.ie/beauty/eyeliner-five-types-use-them-417380
  • https://makeup.allwomenstalk.com/makeup-101-types-of-eyeliner/
  • https://www.ejollify.com/eyeliner-types/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb